Resep Teh Poci

Halimah Nurul

Resep Teh Poci
Resep Teh Poci, Source Image: Freepik/Azerbaijan_Stockers

Resep Teh Poci – Umumnya menjadi salah satu sajian minuman yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia, dan sering kali menjadi teman waktu santai sehari-hari. Dalam hal ini dikatakan, bahwa penyajian minuman teh Poci satu ini sering disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin, yang mana bisa disesuaikan dengan selera masing-masing penikmatnya.

Sajian teh Poci satu ini, biasanya sering diseduh menggunakan poci tanah liat dan disajikan dengan menggunakan gula batu. Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan dilakukan, agar cita rasa yang dihasilkan dari teh Poci tersebut lebih alami dan terasa nikmat.

Berbicara lebih lanjut mengenai teh Poci, umumnya minuman ini memiliki keunikan tersendiri yang tidak banyak orang ketahui. Yang mana, keunikan dari teh Poci satu ini terletak pada penyajiannya di dalam sebuah poci tanah liat yang mampu memberikan aroma khas dan cita rasa alami teh di dalamnya.

Dalam pembuatan teh Poci sendiri, umumnya terbilang sangat mudah untuk Bunda coba di rumah. Penasaran mengenai langkah-langkah dalam membuat sajian minuman teh Poci tersebut, simak ulasannya di artikel berikut ini.

Resep Teh Poci

Resep Teh Poci Enak
Source Image: Freepik/jcomp

Sekarang ini, banyak sekali penjual teh poci yang ditemukan di jalanan dengan harga yang bervariasi. Akan tetapi agar lebih hemat biaya, ada baiknya bagi Bunda untuk membuat sendiri teh Poci di rumah dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah ditemukan, dimana untuk proses pembuatannya bisa Bunda lihat pada penjelasan di bawah ini.

JenisKeterangan
Nama ResepTeh Poci
KategoriMinuman hangat / dingin
Waktu Persiapan10 menit
Waktu Penyajian15 menit
Jumlah Penyajian4 porsi

Bahan Teh Poci

  • 750 ml air
  • 3 sendok makan teh Poci hitam
  • 3 – 4 batu gula batu / bisa disesuaikan dengan selera

Cara Membuat

  1. Langkah pertama membuat teh Poci, yakni rebus terlebih dahulu 750 ml air sampai benar-benar mendidih sempurna.
  2. Setelah itu, masukkan teh Poci hitam ke dalam wadah poci yang digunakan.
  3. Selanjutnya, tuangkan air mendidih ke dalam wadah poci yang digunakan.
  4. Langkah berikutnya, Bunda tambahkan gula batu sesuai selera. Disini, Bunda bisa mencicipi cita rasa teh Poci untuk mendapatkan rasa manis teh yang diinginkan.
  5. Jika rasa manis pada teh Poci sudah dirasa pas, maka tinggal diamkan teh tersebut selama beberapa menit agar warna kopi lebih pekat dan menarik.
  6. Terakhir, tuang teh Poci tersebut ke dalam gelas dan sajikan ke gelas yang sudah disiapkan.
  7. Sebagai catatan, Bunda bisa menyajikan teh Poci dalam keadaan hangat atau dingin. Jika ingin membuat teh Poci dingin, maka Bunda bisa menambahkan es batu di dalam teh Poci tersebut.

Tips Membuat Teh Poci Agar Menghasilkan Cita Rasa Optimal

Tips Membuat Teh Poci Agar Menghasilkan Cita Rasa Optimal
Source Image: Freepik/Azerbaijan_Stockers

Terlepas dari pembuatan teh Poci yang terbilang cukup mudah dipraktikkan sendiri di rumah, akan tetapi terkadang masih ada sebagian orang yang merasa kurang puas dengan cita rasa dari penyajian minuman teh tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut, Bunda disini perlu tahu bahwa kurang optimalnya cita rasa teh Poci yang disajikan satu ini, umumnya disebabkan karena teknik penyajian teh yang salah.

Baca Juga: Resep Es Buah Sirup Marjan Melon Segar Dan Menyehatkan

Oleh karena itulah, penting bagi Bunda di rumah untuk mengetahui beberapa tips membuat teh Poci bercita rasa optimal, yakni dengan beberapa teknik penyajian berikut ini.

  • Pastikan membuat teh Poci dengan menggunakan air dengan suhu yang benar-benar mendidih.
  • Mendiamkan teh Poci selama beberapa saat, sehingga warna dan rasa teh yang disajikan lebih optimal.
  • Menggunakan gula batu secukupnya, yang mana cita rasa teh Poci yang dibuat tidak terlalu manis dan tidak terlalu tawar.
  • Menggunakan wadah poci dari bahan tanah liat, yang mana sebelumnya sudah dipanaskan terlebih dahulu untuk memberikan cita rasa unik dan alami di dalamnya.
  • Menyajikan minuman teh Poci dalam kondisi yang masih hangat.

Kesimpulan

Setelah melihat informasi mengenai resep teh Poci di atas, tentunya Bunda lebih gampang untuk mempraktikkannya sendiri di rumah, bukan? Agar mendapatkan cita rasa teh Poci yang optimal, maka Bunda perlu memperhatikan beberapa tips dan teknik penyajian minuman teh tersebut di dalamnya.

Bagikan:

Tags

Halimah Nurul

Alumni dari STMIK Amikom Yogyakarta, yang sekarang menjadi kontributor di website dapurawit.com.

Tinggalkan komentar