Resep Sate Telur

Damara

Resep Sate Telur ala angkringan
Resep Sate Telur, Source Image: YouTube/Ika Mardatillah

Belakangan ini, banyak sekali orang atau bahkan mungkin Bunda sendiri di rumah yang sedang berburu informasi mengenai resep sate telur puyuh ala angkringan. Ini merupakan hal yang wajar, dikarenakan sajian menu sate telur puyuh umumnya menjadi salah satu makanan yang banyak diburu oleh orang-orang ketika sedang makan di angkringan.

Yang mana, sajian menu sate telur puyuh satu ini hadir dengan menawarkan cita rasa yang manis dan gurih, sehingga menjadikan siapa saja selalu merasa ketagihan untuk terus mencicipinya. Bukan hanya itu saja, sajian sate telur puyuh juga memiliki kandungan protein, lemak, karbohidrat dan kalori yang baik bagi kesehatan tubuh.

Mengenai resep pembuatan sate telur puyuh ala angkringan sendiri, umumnya sangat mudah untuk dipraktikkan sendiri di rumah. Yang terpenting disini adalah, Bunda tahu resepnya dari mulai bahan apa saja yang diperlukan sampai dengan langkah-langkah dalam proses pembuatan sate telur puyuh tersebut.

Sebab tanpa adanya resep, dipastikan pembuatan sate telur puyuh ala angkringan akan sia-sia dan tidak sesuai dengan harapan. Maka dari itulah, di pembahasan kali ini akan kita bahas secara lengkap mengenai resep pembuatan sate telur puyuh ala angkringan.   

Resep Sate Telur Puyuh

Resep Sate Telur Puyuh
Source Image : YouTube/Arngu Chanel

Seperti yang sudah diulas sebelumnya, bahwa membuat sate telur puyuh ala angkringan terbilang sangat mudah untuk dilakukan. Bunda yang ingin membuat sajian menu lauk pauk pendamping aneka menu makanan tersebut, maka bisa menyimak resep selengkapnya di bawah ini.

JenisKeterangan
Nama ResepSate Telur Puyuh Ala Angkringan
KategoriLauk pauk, jajanan
Waktu Persiapan20 menit
Waktu Penyajian35 menit
Jumlah Penyajian5 porsi

Bahan

  • 25 butir telur puyuh yang sudah direbus dan dikupas kulitnya
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh garam
  • 1/8 sendok teh gula merah
  • 1/8 sendok teh merica bubuk
  • 300 ml air
  • 1 sendok makan minyak goreng yang digunakan untuk menumis
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok teh ketumbar

Cara Membuat Sate Telur Puyuh Ala Angkringan

  1. Langkah pertama dalam membuat sate telur puyuh ala angkringan, yakni silahkan Bunda tumis semua bumbu halus berupa bawang merah, bawang putih dan ketumbar hingga tercium bau harum. Jangan lupa tambahkan kecap dan aduk hingga benar-benar merata sempurna.
  2. Setelah itu, Bunda masukkan telur puyuh yang sebelumnya sudah direbus dan dikupas kulitnya ke dalam tumisan.
  3. Aduk telur puyuh tersebut sampai benar-benar terbalut sempurna dengan bumbu tumisan.
  4. Selanjutnya, Bunda tambahkan garam, gula merah dan merica bubuk, lalu aduk kembali hingga benar-benar merata.
  5. Jika sudah, tuangkan air sedikit demi sedikit sembari sesekali diaduk sampai bumbu benar-benar meresap dengan sempurna. Bunda juga jangan lupa untuk mengoreksi masakan telur puyuh tersebut.
  6. Apabila telur puyuh sudah matang dan bumbunya meresap dengan sempurna, maka angkat dan sajikan di wadah yang sudah disediakan.
  7. Kemudian, Bunda bisa tusuk dan susun telur puyuh tersebut pada tusuk sate yang sudah disediakan. Untuk setiap tusuk sate, Bunda bisa mengisi 5 butir telur puyuh.
  8. Setelah semuanya selesai dilakukan, maka Bunda bisa menyusun sate telur puyuh tersebut ke piring dan siap untuk dinikmati bersama dengan menu hidangan lain.   

Menu Pendamping Sate Telur Puyuh

sate telur cocok dengan apa
Source Image: YouTube/Ika Mardatillah

Meskipun banyak digemari oleh hampir semua kalangan, dari anak-anak sampai dengan orang dewasa sekalipun, akan tetapi tidak banyak orang yang tahu bahwa menu sate telur puyuh sendiri umumnya sering kali disajikan sebagai menu pendamping beberapa makanan tertentu. Adapun beberapa menu makanan yang sering disajikan bersama dengan sate telur puyuh bercita rasa manis dan gurih tersebut, di antaranya yakni sebagai berikut.

  • Bubur Ayam
  • Soto Ayam
  • Nasi Kucing
  • Rawon
  • Gudeg dan berbagai menu makanan lezat lainnya.

Kesimpulan

Demikianlah tadi ulasan menarik yang bisa Bunda ketahui dan pahami seputar resep sate telur puyuh ala angkringan. Jika Bunda ingin mencoba membuat menu sate telur puyuh satu ini, maka bisa langsung mempraktikkan sendiri di rumah.

Bagikan:

Tags

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar