Resep Roti Manis Coklat Keju Tanpa Mixer

Resep Roti Manis Coklat Keju Tanpa Mixer – Hampir semua orang tau tentang roti manis yang memiliki ciri khas mulai dari rasanya hingga varian topping yang sangat beragam.

Salah satu varian roti manis yang banyak digemari oleh masyarakat adalah roti manis dengan isian coklat dan juga keju. Seperti kita tau coklat dan keju merupakan perpaduan pas di dalam roti.

Roti manis cocok dijadikan untuk teman ngeteh ataupun ngopi,  bahkan roti manis dengan aneka isi dan topping cocok dijadikan untuk oleh-oleh bagi keluarga ataupun orang-orang terdekat.

Untuk lebih menghemat biaya, bunda juga bisa membuat roti manis dengan isian keju dan coklat dirumah loh. Kali ini kami akan memberikan resep roti manis tanpa mixer.

Resep Roti Manis Coklat Keju Tanpa Mixer

Bahan Roti Manis Coklat Keju Tanpa Mixer

  • Tepung protein tinggi 400 gr (pakai merk cakra)
  • Gula pasir 1/2 gelas (pakai takaran gelas belimbing)
  • Fermipan 1 sdm munjung
  • 1 sdm munjung whipe cream bubuk merk pondan/ bisa pakai susu bubuk
  • Kuning telur 2 butir
  • Butter 100gr (pakai butter palmia)
  • Susu cair uht full cream 150ml (pakai greenfield)
  • 1/4 sdt garam

Cara Membuat Roti Manis Coklat Keju Tanpa Mixer

1. Campur semua bahan kering kedalam wadah (tepung, gula pasir,fermipan, whipe cream) aduk2 sampai tercampur rata, lalu sisihkan. Mengaduknya boleh dengan spatula/sendok

2. Setelah itu ambil wadah lain utuk kuning telur dan susu, aduk2 sampai tercampur rata.

3. Cuci tangan terlebih dahulu karena kita akan mengaduk dengan tangan. Tambahkan sedikit demi sedikit adonan kuning telur dan susu kedalam tepung sambil di aduk2 dg tangan sampai tercampur rata. Setelah semua tercampur rata lalu bulatkan adonan jadi satu dan setelah itu diamkan agar adonan mengembang gula dan ragi nya juga tercampur kurang lebih 2 jam tutup dengan plastik wrap atau kain bersih (kalau adonan masih lengket tidak apa2 karena ini masih tahap awal)

4. Setelah 2 jam buka adonan yang sudah mengembang lalu tambahkan butter dan garam dan uleni lagi sampai tercampur rata, setelah itu diamkan lagi adonan tutup lagi dengan plastik wrap sampai adonan mengembang 2x lipat kurang lebih setengah jam.

5. Setelah itu uleni sebentar dan bagi adonan menjadi 15 bagian sebesar kepalan tangan. Lalu isi adonan dg pasta coklat dan keju chedar.. setelah itu masukan ke dalam loyang jangan lupa loyangnya olesi mentega tepung ya biar ga lengket, olesi adonan dengan susu cair lalu beri topping keju dan meses, diamkan roti sebentar sambil menunggu oven panas.. lalu panggang dg suhu 200’c selama kurang lebih 30 menit. Setelah matang angkat loyang olesi roti yang masih panas tadi dg mentega dan siap untuk di makan.

Contoh Hasil Resep Roti Manis Coklat Keju Tanpa Mixer

Resep Roti Manis Coklat Keju Tanpa Mixer 01

Resep Roti Manis Coklat Keju Tanpa Mixer 02

Resep Roti Manis Coklat Keju Tanpa Mixer 03

Resep Roti Manis Coklat Keju Tanpa Mixer 04

Resep Roti Manis Coklat Keju Tanpa Mixer 05

Saran Tambahan

  • Untuk membuat roti manis yang empuk dan cepat kalis, bunda bisa menggunakan tepung protein tinggi (tepung cakra).
  • Selain topping coklat dan keju, bunda bisa kreasikan topping dengan menambah kismis, coklat leleh, dan lain sebagainya sesuai selera bunda.

Roti ataupun makanan yang ditambah dengan coklat ataupun keju memang sangat menarik dan digemari banyak kalangan karena rasanya yang enak.

Cara pembuatan roti manis coklat keju memang hamir sama dengan resep roti sobek coklat keju tanpa menggunakan mixer, hanya saja berbeda pada toppingnya.

Resep diatas menggunakan bahan-bahan sederhana yang bisa bunda dapatkan dengan mudah, selalu pastikan bahan yang digunakan aman dan selalu cek tanggal kadaluwarsanya ya bun.

Demikian resep roti manis coklat keju tanpa mixer dari dapurawit.com dan resep anti gagal tentunya yang bisa langsung bunda praktekan dirumah.

Tinggalkan komentar