Resep Mie Panjang Umur Imlek

Halimah Nurul

Resep Mie Panjang Umur Imlek
Resep Mie Panjang Umur Imlek, Source Image: Canva/Geanina Vlasceanu's Images

Resep Mie Panjang Umur Imlek – Mulai ramai diperbincangkan etnis Tionghoa di Indonesia. Lantaran hidangan tersebut menjadi ciri khas Imlek yang mempunyai sejarah cukup mendalam.

Mie panjang umur dilambangkan sebagai pengharapan umur panjang bagi masyarakat Cina. Bahan yang dipakai antara lain mie basah, bawang putih, saus tiram, kecap hitam dan masih banyak lagi.

Cara Memasaknya hampir sama dengan mie goreng pada umumnya yakni, ditumis dengan diberi sedikit minyak agar tidak menggumpal. Uniknya, cara menghidangkannya tidak boleh terputus karena dipercaya dapat mengurangi usia.

Apakah Bunda makin penasaran ingin membuatnya sendiri di rumah? Jika iya, silakan simak lebih lanjut resep Mie Panjang Umur Imlek dari Dapurawit Di bawah ini.

Resep Mie Panjang Umur Imlek

Resep Mie Panjang Umur Imlek Enak
Source Image: Canva/7gatre17

Hidangan mie panjang umur tak pernah tertinggal setiap perayaan Tahun Baru Imlek. Karena sajian tersebut menyimbolkan umur yang panjang, dan diharapkan mengonsumsinya bersama keluarga di Hari Raya Imlek.

Bahan untuk membuat mie panjang umur Imlek terbilang sederhana serta mudah ditemukan. Lantas bagaimana cara membuatnya? Daripada Bunda makin penasaran, berikut resep lengkap mie panjang umur Imlek.

JenisKeterangan
Nama ResepResep Mie Panjang Umur Imlek
KategoriMie
Waktu Persiapan5 menit
Waktu Penyajian15 menit
Jumlah Penyajian2 porsi

Bahan:

  • 500 gr mie basah
  • 120 gr udang
  • 120 gr baso ikan
  • 100 gr dada ayam
  • 100 gr kol
  • 80 gr wortel
  • 80 gr sawi hijau
  • 70 gr tauge
  • 15 gr cabai merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdm kaldu jamur
  • 1 sdt angciu(optional)
  • 3 sdm kecap asin
  • 3 sdm kecap manis
  • 3 sdm saus tiram
  • 2 sdm minyak wijen

Cara Membuat:

  1. Pertama, rebus mie sampai setengah matang. Bisa juga rendam dengan air panas hingga empuk.
  2. Setelah itu, panaskan minyak secukupnya tumis bumbu halus terdiri dari bawang putih, bawang merah serta merica. Tumis sampai harum dan matang.
  3. Selanjutnya masukkan udang, bakso serta daging ayam.
  4. Apabila sudah sedikit matang, tambahkan sayuran dan masak hingga layu.
  5. Campurkan semua bumbu pelengkap ke dalam wadah. Lalu tuangkan ke tumisan. Aduk hingga rata serta tambahkan air secukupnya.
  6. Masak sampai air mengental, masukkan mie lalu masak hingga matang. Koreksi rasa, jika sudah pas lalu angkat.
  7. Selesai, Mie Panjang Umur Imlek sudah siap dinikmati bersama keluarga sebagai menu perayaan Tahun Baru Imlek. Bunda juga bisa menghidangkannya dengan potongan cabai rawit atau saus cabai.

Sejarah Mie Panjang Umur Imlek

Sejarah Mie Panjang Umur Imlek
Source Image: Canva/Suriani

Baca Juga: Resep Mie Telur Cap 3 Ayam

Sejarah mie panjang umur awal mulainya dari Kaisar Wu dari Dinasti Han (87-141 SM). Di mana ia mengatakan kepada mentrinya telah mendengar rumor jika seseorang berwajah panjang, maka akan memiliki umur panjang.

Karena Kaisar Wu tidak bisa mengubah panjang wajahnya, akhirnya ia memutuskan untuk memakan mie panjang. Hal tersebut dilakukan karena kata “Mie” terdengar mirip “Wajah” dalam bahasa Cina.

Menurut Zhao Rongguan, ahli sejarah dan budaya makan Cina menyebutkan bahwa Dinasti Han merupakan masa berkembangnya budaya mie di Cina. Di mana menurutnya makanan tersebut meletakkan dasar serta teknik modern.

Sementara dari Profesor Universitas Nasional Dong Hwa, Chen Yuanpeng mengatakan, “Dalam Bianwen, pembahasan mengenai panjang wajah antara Kaisar Wu dan menterinya tidak menyebut mie sama sekali.

Artinya menurut Yuanpeng, koreleasi mie dan umur panjang mungkin dibuat-buat setelahnya. Ia mengatakan bahwa meskipun hanya mitos, hal tersebut sudah menjadi bagian dari sejarah serta budaya mie panjang umur Imlek dari seribu tahun lalu.

Menariknya lagi, cara memakan mie panjang umur mempunyai aturan tersendiri. Di mana Bunda harus menyantapnya utuh tanpa putus, baik digigit maupun dipotong. Apabila putus, maka keberuntungan serta makna yang dibawa oleh mie panjang umur akan berkurang.

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai resep dan sejarah mie panjang umur Imlek, di mana menjadi salah satu sajian wajib pelengkap perayaan. Selain enak dan mudah dibuat, hidangan tersebut memiliki sejarah unik. Di mana kaisar berwajah pendek, memakan mie panjang agar umurnya menjadi panjang umur.

Bagikan:

Tags

Halimah Nurul

Alumni dari STMIK Amikom Yogyakarta, yang sekarang menjadi kontributor di website dapurawit.com.

Tinggalkan komentar