Resep Kue Nastar Taiwan Khas Imlek

Damara

Resep Kue Nastar Taiwan
Resep Kue Nastar Taiwan, Source Image: Freepik/Topntp26

Resep Kue Nastar Taiwan – Mendekati Tahun Baru Imlek, belakangan ini banyak orang mencari resep kue salah satunya nastar Taiwan. Kudapan tersebut, juga diisi dengan sealai nanas di bagian tengahnya.

Bedanya, kue nastar Taiwan tidak menggunakan bahan tambahan cengkeh sebelum dipanggang seperti di Indonesia. Rasanya memang sama, tetapi untuk teksturnya terbilang lebih lembut.

Untuk mendapatkan tekstur lembut dari kue nastar Taiwan, Bunda memerlukan sedikit tips membuatnya. Di samping itu, takaran bahan adonan maupun selai juga harus pas sesuai dengan resep yang diberikan.

Oleh karena itu, Bunda harus mengetahui bahan adonan, isian, oles sesuai takaran resep serta tips membuatnya. Agar nantinya tekstur dan rasa kue nastar Taiwan sesuai dengan harapan, lebih jelasnya simak pembahasan Dapurawit di bawah ini.

Resep Kue Nastar Taiwan

Resep Kue Nastar Taiwan Khas Imlek
Source Image: Freepik/Topntp26

Untuk resep kue nastar Taiwan, sebenarnya mirip dengan buatan Indonesia perihal isi dan bahan. Akan tetapi, kue nastar taiwan tidak diberikan tambahan cengkeh sebelum dipanggang.

Namun, soal rasa dan tekstur cenderung lebih enak dan lembut kue nastar asal Taiwan sendiri. Agar Bunda dapat membuat kue nastar Taiwan untuk perayaan Imlek di rumah, berikut resep lengkapnya:

JenisKeterangan
Nama ResepResep Kue Nastar Taiwan
KategoriKue
Waktu Persiapan20 menit
Waktu Penyajian120 menit
Jumlah Penyajian25 porsi

Bahan Adonan

  • 100 gr Margarin
  • 80 gr Mentega
  • 100 gr Gula Halus
  • 1 sdt Vanilla Extract
  • 2 butir Kuning Telur
  • 20 gr Keju Edam
  • 280 gr Tepung Terigu Sedang, Sangrai
  • 25 gr Maizena
  • 30 gr Susu Bubuk Vanilla
  • 1/4 sdt Garam
  • 1 Tetes Pewarna Hijau

Bahan Isian

  • 1 kg Nanas, potong
  • 180 gr Gula
  • 80 gr Sirup Maltose
  • 30 gr Mentega
  • 1/2 sdt Garam

Bahan Olesan

  • 1 butir Kuning Telur
  • 1 sdt Salad Oil

Cara Membuat

  1. Langkah pertama buat bahan isian, blender nanas tanpa menggunakan air sampai halus. Angkat tuangkan ke wajan.
  2. Nyalakan kompor, lalu tambahkan garam tunggu hingga airnya berkurang.
  3. Kemudian tambahkan gula dan sirup maltose tunggu hingga menyusup lagi, lalu tambahkan mentega.
  4. Sembari menunggu selai jadi, buatlah adonannya terlebih dahulu terdiri dari margarin, mentega, gula halus, garam. Kocok sebentar agar adonan tidak pecah.
  5. Jika sudah, tambahkan kuning telur lalu aduk kembali dan tambahkan vanilla extract.
  6. Masukkan bahan lainnya meliputi maizena, susu bubuk, keju serta tepung terigu yang sudah disangrai. Aduk sebentar hingga merata dan bersatu.
  7. Berikutnya buat adonan warna hijau sebagai hiasan kue nastar taiwan, pisahkan 100 gram adonan yang sudah jadi lalu tetes dengan perwarna.
  8. Sesudah itu, bentuk adonan hijau berbentuk bulat kemudian sisihkan terlebih dahulu.
  9. Takar adonan warna putih kurang lebih 30 gr, lalu bulatkan agar rapih.
  10. Kembali ke selai, jika sudah menyusup airnya tambahkan mentega kemudian aduk sebentar dan dinginkan terlebih dahulu.
  11. Apabila sudah dingin, silakan bentuk bulat kurang lebih beratnya 10 gr lalu masukkan ke dalam adonan putih. Cetak dan lakukan hingga adonan habis.
  12. Buat olesan dari kuning telur dan salad oil, lalu oleskan agar nastar terlihat mengkilat dan tidak mudah terbakar.
  13. Panaskan dengan oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu kurang lebih 150 derajat celcius. Panggang kurang lebih 15 sampai 20 menit saja dengan api bawah.
  14. Selesai, silakan sajikan Kue Nastar Taiwan khas Imlek di atas piring saji atau dimasukkan ke dalam wadah kue.

Tips Membuat Kue Nastar Taiwan Agar Tidak Keras

Tips Membuat Kue Nastar Taiwan Agar Tidak Keras
Source Image: Freepik/Topntp26

Tak jarang orang yang sudah bisa membuat kue nastar Taiwan, tetapi hasilnya kurang memuaskan seperti bertekstur keras. Lantas apa penyebab kue nastar taiwan keras?

Baca Juga: Resep Nastar

Beberapa faktor menyebabkan tekstur kue menjadi keras antara lain kurang telur, kelebihan tepung terigu dan lain-lain. Agar kue nastar Taiwan tidak keras, ada beberapa tipsnya seperti:

  • Pastikan jumlah penggunaan bahan sudah sesuai dengan kebutuhan porsi, jangan terlalu banyak memberikan tepung terigu. Perbandingan tepung dan lemak tepatnya 2:1.
  • Perhatikan komposisi kuning telur, di mana berfungsi sebagai pelembut kue kering. Artinya jika kekurangan telur pada adonan, maka kue nastar Taiwan akan menjadi keras.
  • Semua adonan kue nastar Taiwan harus diaduk dengan cara layaknya mencincang dengan spatula. Apabila menggunakan mixer, aduk hingga adonan merata dan bersatu saja cukup.

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai resep dan tips membuat kue nastar Taiwan yang enak dan lembut. Kesimpulannya, kudapan ini memiliki perbedaan dari segi bahan contohnya cengkeh di mana biasanya diberikan sebelum adonan dipanggang. Dengan adanya resep dan tips di atas, nantinya Bunda dapat membuat kue nastar Taiwan di rumah sebagai pelengkap perayaan Imlek.

Bagikan:

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar