Resep Kue Apem Kukus Tepung Terigu Empuk & Lembut

Resep kue apem kukus tepung terigu merupakan sebuah olahan kue atau cemilan yang rasanya lembut serta empuk di lidah. Resep kue apem kukus ini sangat mudah dibuat untuk hidangan keluarga bahkan untuk jualan.

Bahan utama atau resep kue apem kukus kali ini yaitu tepung terigu dan bahan pelengkap lainnya. Dimana bahan atau resep kue apem kukus kali ini sangat mudah ditemukan atau dibeli di warung atau toko roti.

Bagi bunda yang sering memasak kue kukus tentunya sudah pernah mencoba resep lainnya, seperti resep kue putu ayu. Cara membuat resep kue apem kukus hampir mirip dengan cara membuat kue kukus lainnya. Dimana hanya membutuhkan bahan utama serta tidak memerlukan alat yang ribet.

Nah pada artikel kali ini, Dapurawit.com akan membagikan resep kue apem kukus tepung terigu. Untuk pembahasan atau penjelasan resep kue apem kukus tersebut, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Resep Kue Apem Kukus Tepung Terigu

Resep Kue Apem Kukus Tepung Terigu Empuk Lembut

Resep atau bahan membuat kue apem kukus dapat bunda beli di warung rumahan maupun pada toko khusus roti. Alat-alat yang dibutuhkan cukup sedikit, yaitu panci kukus, loyang maupun baskom serta beberapa alat lainnya. Resep kue apem tepung terigu adalah sebagai berikut :

Bahan Apem Tepung Terigu

  • Gula merah
  • Air (bisa dengan air kelapa)
  • Daun pandan
  • Tepung beras
  • Tepung terigu
  • Kelapa parut
  • Ragi instan
  • Santan
  • Garam
  • Bumbu spekuk
  • Baking powder
  • Minyak Goreng

Cara Membuat Kue Apem Kukus Tepung Terigu

  1. Potong daun pandan lalu haluskan dengan air hangat sampai halus merata
  2. Siapkan kelapa yang sudah di parut, lalu silahkan kukus terlebih dahulu selama beberapa menit
  3. Masukkan terigu, tapioka, gula dan ragi, lalu aduk sampai merata di wadah
  4. Masukkan air pandan yang tadi sudah diaduk
  5. Tambahkan perasa pandan, ragi, santan, bumbu spekuk dan garam, lalu aduk sampai merata
  6. Setelah adonan merata serta halus, silahkan tutup wadah dan diamkan selama beberapa menit
  7. Setelah ragi bekerja, silahkan tambahkan baking powder dan aduk lagi hingga merata seluruhnya
  8. Lalu tuangkan adonan kedalam cetakan kue apem
  9. Kemudian silahkan masukkan adonan yang sudah dimasukkan ke cetakan kedalam panci kukus
  10. Tunggu sampai adonan matang di atas api yang panas
  11. Kemudian silahkan angkat kue apem kukus setelah matang, dan silahkan sajikan dengan ditambahkan parutan kelapa yang sudah dikukus sebelumnya

Itulah resep dan cara membuat kue apem kukus tepung terigu dengan topping taburan kelapa. Selain dengan menaburkan kelapa di atasnya, anda juga bisa menambahkan topping lain sesuai dengan selera.

Buat bunda yang ingin mencoba resep kue kukus lainnya, Dapurawit.com juga sudah pernah membagikan resep kue bolu kukus nutrisari, resep brownies kukus maupun resep kue bakpao kukus.

Resep kue apem tepung terigu di atas bisa menjadi sajian atau cemilan untuk keluarga atau bisa juga buat bunda jualan di rumah. Kue apem kukus ini sangat enak dan cocok dimakan pada saat musim hujan dengan ditemani teh.

Sekian artikel kali ini dari Dapurawit.com tentang resep kue apem kukus. Terima kasih telah bersedia mengunjungi Dapurawit.com dan semoga resep kue apem kukus di atas dapat bermanfaat buat bunda semuanya.

Tinggalkan komentar