Resep Fruit Pie NCC

Damara

Resep Fruit Pie NCC yang gurih
Resep Fruit Pie NCC, Source image: Youtube/Devina Hermawan

Dalam artikel ini akan dibahas resep fruit pie NCC yang dapat membantu Bunda-Bunda untuk membuat kue ini di rumah. Apalagi dengan perpaduan tekstur renyah dari kulit pie, lembutnya pastry cream, dan buah-buahan segar yang memanjakan lidah para Bunda.

Fruit pie adalah salah satu jenis kue yang terbuat dari adonan kulit yang diisi dengan buah-buahan segar dan bahan lainnya seperti gula, tepung, dan pastry cream. Kue ini sangat populer di seluruh dunia dan sering dihidangkan sebagai hidangan penutup atau makanan ringan.

Fruit Pie NCC dapat disajikan pada berbagai acara dan kesempatan, baik sebagai hidangan penutup maupun makanan ringan. Berikut adalah beberapa momen atau acara yang cocok untuk menyajikan fruit pie NCC ini pada acara pesta, kumpul keluarga atau camilan di rumah.

Resep pie buah NCC (Natural Cooking Club) adalah salah satu resep kue buatan rumah yang sangat populer di Indonesia. Resep ini terkenal karena rasanya yang lezat dan mudah dibuat di rumah, yuk simak bagaimana cara membuatnya secara lengkap pada artikel berikut!

Resep Fruit Pie NCC yang Lezat dan Sehat

Resep Fruit Pie NCC
Source image: Youtube/Devina Hermawan
JenisKeterangan
Nama resepFruit Pie NCC
KategoriDessert, camilan
Waktu Persiapan20 menit
Waktu Penyajian200 menit
Jumlah Penyajian25 – 28 Pcs

Bahan-Bahan Kulit Pie

  • 260 gram tepung terigu protein sedang / rendah
  • 80 gram gula halus
  • 125 gram mentega dingin, potong kotak-kotak
  • 2 butir kuning telur
  • ¾ sdt garam

Bahan-Bahan Pastry Cream

  • 450 ml susu full cream
  • 80 gram gula pasir
  • 4 butir kuning telur
  • 25 gram tepung terigu protein sedang
  • 20 gram tepung maizena
  • 35 gram mentega
  • 1-2 sdt ekstrak vanila
  • ½ sdt garam

Bahan-bahan Lainnya

  • Kiwi potong
  • Stroberi potong
  • Anggur potong
  • Jeruk kaleng potong
  • Jelly plain untuk olesan

Cara Membuat Fruit Pie NCC

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat Fruit Pie NCC:

  1. Untuk membuat cream, panaskan susu dalam panci hingga mendidih.
  2. Pada wadah yang terpisah, campurkan 4 butir kuning telur, gula pasir, ekstrak vanila, tepung maizena, tepung terigu, serta garam. Aduk rata.
  3. Tuang susu ke dalam campuran tepung sambil diaduk, kemudian masak kembali di atas api sedang kecil hingga mengental.
  4. Masukkan 35 gram mentega, kemudian aduk rata. Lalu, pindahkan ke dalam mangkuk. Tutup dengan plastik wrap dan diamkan hingga dingin di dalam kulkas minimal dua jam.
  5. Setelah pastry cream mendingin, mixer pastry cream tersebut lalu masukkan ke dalam piping bag.
  6. Untuk membuat kulit pie yang renyah, campurkan tepung terigu, gula halus, dan juga sejumput garam yang telah dicampur lalu disaring. Kemudian, aduk hingga merata.
  7. Masukkan 125 gram mentega dingin yang telah dipotong kotak-kotak. Kemudian aduk hingga tercampur lalu tambahkan kuning telur, aduk kembali hingga rata dan tidak ada gumpalan yang tersisa.
  8. Oleskan sedikit minyak pada cetakan pie agar tidak lengket. Setelahnya isi cetakan dengan adonan kulit pie, ratakan, lalu tusuk-tusuk dasar pie dengan garpu.
  9. Panggang kulit pie pada suhu 170 derajat selama kurang lebih 20 menit.
  10. Keluarkan kulit pie setelah matang dan agak mendingin dari cetakan. Lalu, isilah dengan pastry cream yang sudah mendingin dan berikan topping potongan buah di atasnya.
  11. Oleskan jelly plain di atas potongan buah agar mengkilap. Setelah itu, masukkan sebentar di kulkas agar mengeras.
  12. Jika jelly sudah mengeras, pie buah Bunda sudah siap disajikan.

Tips Agar Fruit Pie NCC Renyah

Tips Agar Fruit Pie NCC Renyah
Source image: Youtube/Devina Hermawan

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat Fruit Pie NCC yang renyah:

  1. Pastikan kulit pie matang sempurna dan renyah. Panggang kulit pie pada suhu yang tepat dan jangan terlalu lama atau terlalu singkat. Jika terlalu lama, kulit pie akan gosong dan jika terlalu singkat, kulit pie akan lembek.
  2. Gunakan mentega dingin saat membuat kulit pie. Mentega dingin akan membantu kulit pie menjadi renyah dan tidak mudah hancur.
  3. Jangan terlalu banyak mengaduk adonan kulit pie. Adonan yang terlalu banyak diaduk akan membuat kulit pie menjadi keras dan tidak renyah.
  4. Gunakan buah-buahan yang segar dan matang. Buah-buahan yang segar dan matang akan memberikan rasa yang lebih enak dan tekstur yang lebih baik pada pie.
  5. Jangan terlalu banyak mengisi pie dengan cream atau fla. Jika terlalu banyak diisi, pie akan menjadi lembek dan tidak renyah.
  6. Oleskan jelly plain pada permukaan pie setelah diisi dengan buah-buahan. Jelly plain akan memberikan kilau pada pie dan membuatnya terlihat lebih menarik.

Kesimpulan

Resep fruit pie NCC ini tentunya sangat menggoda dengan kulit pie yang renyah, pastry cream lembut, dan aneka buah segar yang menyegarkan, benar begitu Bunda? Dengan teknik tepat dan bahan-bahan segar, Bunda dapat menciptakan hidangan penutup yang mengkilat dan memikat lidah setiap kali disajikan.

Bagikan:

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar