Resep Donat Kentang Empuk Sampai 3 Hari

Damara

Resep Donat Kentang Empuk Sampai 3 Hari
Resep Donat Kentang Empuk Sampai 3 Hari, Source Image: Youtube/Resep Papa

Artikel ini akan mengajak bunda menjelajahi tentang resep donat kentang empuk sampai 3 hari. Donat kentang merupakan varian donat yang menghadirkan kelembutan istimewa, yang bisa dinikmati tidak hanya pada hari pertama pembuatan, tetapi selama beberapa hari ke depan.

Kentang, yang menjadi bahan utama dari donat ini, merupakan bahan yang mampu membuat donat kentang memiliki kelembutan tersebut. Kelezatan dan kelembutan donat kentang tidak hanya sekadar sebuah varian, tetapi juga menjadi favorit bagi para pecinta kuliner, khususnya para penikmat kue.

Kunci utama bagaimana donat kentang bisa tetap empuk atau lembut setelah beberapa hari terletak pada proporsi bahan yang tepat, pengulenan adonan yang cermat, termasuk tahap penggorengan yang tepat. Dengan menyelaraskan teknik-teknik tersebut, Bunda akan mampu menciptakan donat kentang yang tidak hanya lembu, tetapi juga mempertahankan kelezatannya dari hari ke hari.

Untuk Bunda yang ingin mencoba membuat donat kentang yang tahan hingga 3 hari, bunda bisa mengikuti panduan lengkap berikut ini. Dengan begitu, Bunda bisa menikmati kelezatan donat kentang istimewa yang satu ini.

Resep Donat Kentang Empuk Sampai 3 Hari

Resep Donat Kentang Empuk Sampai 3 Hari Enak

Donat kentang masuk ke dalam kategori kue yang lezat dan bisa dibilang tahan lama. Hidangan ini juga masuk dalam kategori jajanan dan juga camilan atau makanan ringan.

Donat kentang yang empuk ini cocok dinikmati atau disajikan pada saat acara tertentu sebagai makanan penutup, atau bahkan hanya sekadar menjadi camilan. Bunda juga bisa menyantapnya sebagai menu sarapan sebagai pengganti karbohidrat pada nasi.

Waktu Persiapan, Waktu Penyajian, dan Jumlah Penyajian

Untuk membuat donat kentang empuk ini, Bunda membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mempersiapkan alat dan bahan. Sedangkan waktu pembuatan resep kali ini membutuhkan waktu kurang lebih selama 2 jam.

Jumlah penyajian resep yang akan kita bahas ini kurang lebih untuk 15-20 buah donat, tergantung ukuran donat yang Bunda buat. Bunda bisa menyesuaikan banyaknya bahan sesuai dengan berapa banyak donat yang ingin dibuat.

Bahan Donat Kentang Empuk Sampai 3 Hari

Untuk membuat resep donat kentang empuk yang satu ini, Bunda akan membutuhkan bahan0bahan sebagai berikut.

  • 300 gram kentang, kukus dan haluskan
  • 500 gram tepung terigu berprotein tinggi
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 1 sendok teh baking powder atau baking soda atau soda kue
  • 250 ml susu cair hangat
  • 2 butir telur
  • 50 gram butter atau mentega, lelehkan
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya
  • Gula halus sebagai topping

Cara Membuat Donat Kentang Empuk Sampai 3 Hari

Sedangkan untuk langkah-langkah pembuatan donat kentang empuk, Bunda bisa mengikuti panduan berikut ini.

  1. Masukkan tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan baking soda ke dalam wadah. Campurkan bahan-bahan tersebut terlebih dahulu.
  2. Tambahkan kentang, telur, mentega cair, dan susu cair hangat. Masukkan susu cair hangat perlahan sambil terus aduk dan campur (uleni) adonan sampai kalis, elastis, dan tidak lengket.
  3. Langkah selanjutnya adalah fermentasi adonan. Diamkan adonan selama 45 hingga 70 menit hingga adonan mengembang.
  4. Bunda bisa menggunakan plastik wrap atau kain bersih. Tempatkan wadah berisi adonan di tempat yang hangat sampai adonan mengembang.
  5. Setelah adonan mengembang, kempiskan adonan dan uleni kembali selama beberapa saat.
  6. Bunda bisa memotong dan membagi adonan menjadi bagian-bagian kecil sesuai dengan selera.
  7. Bulatkan adonan yang telah dibagi menjadi bagian kecil tersebut lalu letakkan di atas loyang yang telah diolesi minyak atau ditaburi tepung. Diamkan kembali adonan selama 15-30 menit.
  8. Setelah itu, pipihkan dan lubangi adonan seperti donat yang biasa Bunda jumpai. Lakukan proses ini hingga adonan habis.
  9. Panaskan minyak dalam wajan, lalu goreng adonan donat menggunakan minyak panas menggunakan api kecil. Goreng hingga kecokelatan di kedua sisinya.
  10. Angkat dan tiriskan beberapa saat hingga agak dingin. Selanjutnya, Bunda bisa memberi gula halus di atasnya sebagai topping.
  11. Donat kentang empuk siap untuk disajikan.

Kesimpulan

Resep donat kentang empuk sampai 3 hari adalah solusi bagi pecinta donat yang ingin menikmati kelembutan donat dengan membuatnya sendiri. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang sederhana, siapapun dapat mencoba membuat donat kentang yang lembut dan empuk ini di rumah, termasuk Bunda.

Bagikan:

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar