Resep Cheese Cake Fatmah Bahalwan

Ari Prasetyo

Resep Cheese Cake Fatmah Bahalwan yang enak
Resep Cheese Cake Fatmah Bahalwan, Source image: YouTube/FATMAH BAHALWAN

Resep cheese cake Fatmah Bahalwan merupakan salah satu resep cheese cake yang banyak dicari oleh para Bunda. Dalam artikel ini, kita akan membahas resep dan cara membuat resep cheese cake yang satu ini, yang tidak kalah lezat dan menggugah selera.

Cheesecake sendiri merupakan salah satu hidangan penutup yang sangat disukai atau digemari oleh banyak orang. Termasuk cheese cake Fatmah Bahalwan, yang tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki keunikan tersendiri.

Di balik setiap resep makanan, ada sejarah atau kenangan tersendiri. Cheese cake Fatmah Bahalwan adalah hidangan yang telah lama populer karena namanya yang unik, yaitu adanya nama dari pembuat resep ini.

Fatmah Bahalwan adalah sosok penting dalam dunia kuliner Indonesia. Kecintaan dan keahliannya dalam memasak juga tercermin dalam berbagai hidangan, termasuk cheesecake.

Resep Cheese Cake Fatmah Bahalwan yang Populer

Resep Cheese Cake Fatmah Bahalwan
Source image: Cookpad

Cheesecake merupakan hidangan yang masuk dalam kategori makanan penutup atau yang juga biasa disebut dengan dessert. Hidangan yang satu ini cocok disajikan untuk berbagai acara, mulai dari pertemuan keluarga hingga perayaan tertentu, seperti ulang tahun, pernikahan, dan acara lainnya.

Rasa gurih dari keju yang khas membuat makanan ini menjadi salah satu makanan yang banyak digemari oleh banyak orang, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Dengan mencoba membuat cheese cake Fatmah Bahalwan yang satu ini, Bunda bisa menciptakan tradisi kuliner tersendiri yang unik serta menghormati pencipta dari resep ini.

Dalam panduan ini, kita akan membahas lengkap resep cheesecake khas yang satu ini. Mulai dari bahan-bahan sampai langkah untuk membuat ini di dapur Bunda yang ada di rumah.

Waktu Persiapan, Waktu Penyajian, dan Jumlah Penyajian

Untuk membuat resep cheesecake yang satu ini, Bunda memerlukan waktu kurang lebih selama 20 menit untuk menyiapkan bahan-bahan. Untuk waktu penyajian atau memasaknya, Bunda akan membutuhkan waktu kurang lebih selama 30-40 menit.

Resep yang akan kita buat ini, cukup untuk satu loyang berukuran sedang. Bunda bisa memotongnya sesuai selera setelah cheesecake matang.

Bunda juga bisa menyesuaikan bahannya dengan kebutuhan. Baik itu menambahkannya, atau menguranginya sesuai dengan preferensi dan kebutuhan.

Bahan-bahan Resep Cheesecake

Untuk membuat cheesecake buatan Ibu Fatmah Bahalwan, Bunda memerlukan beberapa bahan. Bahannya memiliki sedikit perbedaan dengan bahan cheesecake pada umumnya.

Akan tetapi, Bunda tidak perlu khawatir karena bahan yang dibutuhkan mudah untuk didapatkan. Berikut ini bahan-bahan cheesecake sesuai dengan resep Fatmah Bahalwan.

  • 250 gram tepung terigu
  • 200 gram keju cheddar yang diparut
  • 300 gram mentega atau margarin
  • 200 gram gula pasir
  • 7 butir kuning telur
  • 5 butir putih telur
  • 1 sendok teh cream of tartar

Cara Membuat Cheesecake Ala Fatmah Bahalwan

Setelah mengetahui bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep cheesecake yang khas dan populer ini, selanjutnya kita akan membahas tentang bagaimana mengolah bahan tersebut menjadi cheesecake yang lezat dan menggugah selera.

Adapun langkah-langkah yang bisa Bunda ikuti untuk membuat cheese cake Fatmah Bahalwan adalah sebagai berikut.

  1. Masukkan kuning telur dan gula dalam satu wadah, lalu kocok sampai kental, pucat, dan mengembang. Bunda bisa menggunakan mixer dengan kecepatan sedang.
  2. Masukkan mentega atau margarin dan cream of tartar ke dalam adonan, lalu kocok kembali secara merata. Kocok adonan sampai lembut dan berwarna putih pucat.
  3. Turunkan atau kecilkan kecepatan mixer, lalu masukkan tepung terigu dan keju parut ke dalam adonan secara perlahan dan terus kocok atau aduk sampai rata.
  4. Pada wadah terpisah, kocok putih telur hingga kaku, pucat, dan mengembang.
  5. Masukkan adonan putih telur ke dalam adonan sebelumnya, lalu campur hingga rata.
  6. Panas oven terlebih dahulu pada suhu 160-170oC selama beberapa saat.
  7. Siapkan loyang dan jangan lupa olesi terlebih dahulu dengan mentega atau margarin agar tidak lengket.
  8. Tuang adonan ke loyang, lalu panggang adonan di dalam oven hingga matang. Adonan akan terlihat kuning kecokelatan dan tampak kering saat sudah matang.
  9. Tunggu cheesecake agak dingin, lalu Bunda bisa memotongnya sesuai selera.

Kesimpulan

Dengan menggunakan resep cheese cake Fatmah Bahalwan yang satu ini, Bunda akan mampu menghadirkan kelezatan cheesecake yang gurih dan disukai banyak orang di rumah. Bunda juga bisa menyajikannya pada saat-saat tertentu sebagai hidangan penutup yang unik.

Bagikan:

Ari Prasetyo

Blogger dan pecinta kuliner yang suka berkunjung ke berbagai restoran serta cafe yang nantinya akan di review serta di publikasikan di website dapurawit.

Tinggalkan komentar