Resep Babi Kecap Manado

Yovita Nessa

Resep Babi Kecap Manado
Resep Babi Kecap Manado, Source Image: YouTube/Wind's Cooking

Resep Babi Kecap Manado – Salah satu masakan khas Manado yang dapat dibuat di rumah adalah babi kecap. Cara membuat hidangan sederhana tersebut terbilang cukup simpel serta praktis.

Di dalam resep babi kecap Manado, Bunda hanya perlu menyiapkan bumbu-bumbu rempah seperti lada, jahe, bawang merah serta bawang putih sebagai bahan utama. Hal itu juga digunakan oleh sejumlah restoran.

Bahan-bahan di dalam resep babi kecap Manado bisa dengan mudah Bunda dapatkan di pasar atau warung terdekat. Namun agar hidangan tersebut rasanya enak serta teksturnya empuk, tentunya ada langkah-langkah yang perlu diketahui.

Kami telah merangkum rekomendasi resep beserta cara membuat babi kecap Manado yang dapat diterapkan dengan mudah. Apabila Bunda ingin mengetahui langkah-langkah memasak serta resepnya, silakan simak ulasan di bawah ini.

Resep Babi Kecap Manado

Babi Kecap Manado
Source Image: YouTube/ Masak Bareng Saya

Beberapa ibu rumah tangga memang kerap penasaran terhadap resep babi kecap Manado ala restoran ataupun yang simpel. Pasalnya formula masakan tersebut membutuhkan jenis-jenis bumbu di mana berbeda dari masakan daging babi pada umumnya. Namun sebenarnya sebagian bumbunya berasal dari rempah-rempah.

Bumbu rempah pada babi kecap Manado mampu membuat seseorang ketagihan ketika mencicipi hidangan ini. Pasalnya rasa makanan tersebut ada manis-manisnya tetapi juga gurih. Oleh karena itu babi kecap Manado cocok disajikan pada saat perayaan hari raya seperti Natal.

JenisKeterangan
Nama ResepBabi Kecap Manado
KategoriMakanan Sederhana
Waktu Persiapan20 Menit
Waktu Penyajian55 Menit
Jumlah Penyajian2 Porsi

Bahan

  • 250 gr daging babi (potong sesuai selera)
  • 3 butir kentang (potong sesuai keinginan)
  • 9 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya
  • 1 ruas jahe
  • 1 buah jeruk nipis (ambil airnya saja)
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 2 atau 3 gelas air
  • 2 sendok makan kecap manis (bisa menyesuaikan selera)
  • 5 cabai rawit (sesuai selera)

Cara Membuat

  1. Langkah pertama, cuci bersih daging babi. Lalu sisihkan.
  2. Blender atau uleg bawang merah serta bawang putih.
  3. Kemudian panaskan wajan, lalu goreng daging babi yang sudah dipotong-potong. Masak hingga daing berubah warna.
  4. Tumis bumbu yang telah dihaluskan bersama jahe, aduk-aduk hingga beraroma harum.
  5. Jika sudah beraroma harum, masukkan daging babi sambil diaduk-aduk. Masukkan kecap asin beserta 3 gelar air (sesuai selera).
  6. Kemudian wajan ditutup menggunakan penutup agar daging bisa matang lebih merata. Tunggu beberapa saat sampai airnya menyusut.
  7. Apabila daging teksturnya sudah empuk serta air di dalamnya menyusut, tambahkan lada, garam, air perasan jeruk, gula merah, kecap manis dan cabai rawit sesuai keinginan.
  8. Aduk kembali sampai bumbu-bumbunya tercampur merata. Tunggu beberapa menit.
  9. Kemudian koreksi rasa, jika kurang pas maka Bunda dapat menambahkan bumbu penyedap rasa.
  10. Setelah itu masukkan kentang goreng, aduk kembali agar tercampur.
  11. Selesai, babi kecap khas Manado siap dihidangkan bersama nasi.
  12. Bunda dapat menambahkan bawang goreng dengan cara ditaburi di atas.

Baca Juga: Resep Babi Guling Pak Malen

Manfaat Babi Kecap Manado

Manfaat Babi Kecap Manado
Source Image: Manado Tourism

Walaupun termasuk ke dalam kategori makanan non halal, tetapi babi kecap Manado mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaatnya akan Bunda rasakan ketika mengkonsumsi hidangan tersebut secara rutin. Oleh karena itu babi kecap Manado bisa dijadikan sebagai lauk makanan di rumah.

Namun perlu diketahui bahwa mengkonsumsi babi kecap Manado secara berlebihan bisa saja menimbulkan efek samping terhadap kesehatan. Alangkah baiknya Bunda mengkonsuminya dalam batas normal saja. Adapun manfaat memakan babi kecap Manado meliputi:

  • Daging babi terdapat kandungan protein cukup tinggi. Hal tersebut dibutuhkan tubuh guna membentuk massa otot, meluruhkan lemak, menjaga kesehatan serta imun tubuh.
  • Konsumsi daging babi memberikan kalsium guna menjaga kesehatan tulang, mencegah osteoporosis hingga membantu pertumbuhan di usia pertumbuhan.
  • Di dalam daging babi, terdapat kandungan fosfor. Kandungan tersebut berperan penting dalam menjaga kesehatan serta memperkuat tulang.
  • Sama halnya daging merah, daging babi juga bermanfaat dalam menyembuhkan anemia. Pasalnya terdapat kandungan selenium yang digunakan untuk mencegah anemia.
  • Daging babi mempunyai tingkat kolagen tinggi di mana berguna untuk menjaga kesehatan kulit, wajah beserta tubuh.

Kesimpulan

Mungkin itu saja pembahasan mengenai resep babi kecap Manado yang dilengkapi dengan cara membuat. Berbagai bahan atau bumbu dalam formula hidangan tersebut, bisa dengan mudah dijumpai di pasar atau warung. Demikianlah ulasan singkat ini, semoga dapat bermanfaat bagi Bunda di mana ingin membuat babi kecap Manado.

Bagikan:

Yovita Nessa

Penulis dan freelance di beberapa website termasuk di website dapurawit.com. Yang sudah memiliki pengalaman menulis seputar resep selama 2 tahun.

Tinggalkan komentar