Resep Babi Guling Khas Manado

Halimah Nurul

Resep Babi Guling Khas Manado
Resep Babi Guling Khas Manado, Source Image: Youtube/Astrid Berbagi

Resep babi guling atau disebut babi putar khas Manado, belakang ini menjadi topik perbincangan banyak orang. Karena, masakan tersebut sangat jarang ditemukan di warung makan maupun restoran.

Berbeda dengan babi guling bumbu Bali, resep khas Manado memiliki keunikan dari segi bahan dan cara memasaknya. Hanya membutuhkan sedikit rempah saja untuk dapat membuat masakan ini.

Cara memasak babi guling khas Manado cukup sederhana, hanya saja membutuhkan waktu untuk memanggang dagingnya. Meskipun begitu, Bunda juga dapat membuatnya di rumah asal mengetahui resep seperti yang akan Dapurawit bagikan.

Resep babi guling khas Manado menjadi salah satu masakan yang sangat jarang ditemukan di warung maupun restoran. Apabila Bunda tertarik untuk membuatnya, simak lebih lanjut bahan dan cara membuat babi guling khas Manado di bawah ini.

Resep Babi Guling Khas Manado

Resep Babi Guling Khas Manado Enak
Source Image: Youtube/Astrid Berbagi

Hidangan babi guling khas Manado menjadi topik perbincangan pecinta kuliner, karena sangat jarang ditemukan sebagai resep umum. Bahan yang digunakan sangat sederhana, terkecuali untuk daging babi guling atau panggangnya.

Memiliki banyak cita rasa di setiap gigitannya, membuat masakan ini sangat dicari pecinta kuliner khususnya masakan non halal. Mungkin Bunda ingin mencoba membuat babi guling khas Manado di rumah, berikut resepnya:

JenisKeterangan
Nama ResepResep Babi Guling Khas Manado
KategoriMakanan Khas
Waktu Persiapan20 menit
Waktu Penyajian45 menit
Jumlah Penyajian10 porsi

Bahan

  • Wortel 6 buah ukuran kecil
  • Kentang 6 buah ukuran sedang
  • 700 gram Daging babi panggang
  • Lemak babi
  • Daging mentah dibumbui saus tiram
  • 6 batang daun bawang kecil
  • 4 batang seledri
  • 1 sdt cengkeh
  • 1 sdt pala
  • Garam
  • Bumbu Kering
  • Bawang putih secukupnya
  • 500 ml air

Cara Membuat

  1. Langkah pertama panaskan sedikit minyak dengan lemak babi sampai keluar minyak.
  2. Kemudian tambahkan 1 sendok makan bawang putih cincang dan masukkan daging mentah. Tunggu setengah matang lalu masukkan pala, cengkeh dan merica.
  3. Setelah itu, masukkan kentang dan wortel yang sudah dipotong dadu dan direbus.
  4. Tambahkan 500 ml dan biarkan sampai mendidih.
  5. Selanjutnya panaskan sedikit mentega di atas teflon lalu tambahkan bawang putih cincang 1 sendok teh.
  6. Setelah sedikit matang masukkan daging babi panggang, tunggu beberapa saat dan tambahkan sedikit air.
  7. Jangan lupa untuk mencicipi sayuran babi guling, lalu tambahkan garam dan kaldu jamur secukupnya.
  8. Apabila sudah sedikit mengental, masukkan daun bawang dan seledri.
  9. Jika air dalam sayuran babi guling sedikit kering, angkat dan sajikan di piring.
  10. Cek kembali sudah empuk atau belum daging babi guling, jika sudah silakan sajikan di atas piring.
  11. Selesai, Bunda bisa melengkapi babi guling khas Manado dengan sambal dabu-dabu.

Manfaat Babi Guling Khas Manado

Manfaat Babi Guling Khas Manado
Source Image: Youtube/Astrid Berbagi

Masakan babi guling khas Manado dicari tidak hanya sekadar untuk mencicipinya, tetapi berbagai didapatkan apabila mengkonsumsinya. Banyak manfaat yang didapatkan jika menyantap masakan ini.

Tak hanya untuk kesehatan tubuh, masakan khas Manado ini juga dapat menjaga kecantikan kulit baik wajah, tangan dan lainnya. Berbagai manfaat didapatkan ketika mengkonsumsi babi guling khas Manado di antaranya:

  • Mengatasi masalah pernapasan, apabila mengkonsumsi babi guling Khas Manado ini. Karena adanya cengkeh sebagai bumbu, di mana memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba sehingga membantu meredakan pilek, batik serta sakit tenggorokan.
  • Menjaga kesehatan mata, karena cengkeh mengandung senyawa aktif yang dipercaya dapat mencegah beberapa masalah mata dan menjaga kesehatan mata.
  • Mengatasi masalah pencernaan, karena dalam resep babi guling ini tercatat bahan masakan yaitu pala. Di mana, pala mempunyai sifat antipasmodik dan antiinflamasi yang membantu meredakan gangguan pencernaan seperti diare atau perut kembung.
  • Mengurangi efek gigitan serangga, minyak di dalam pala mempunyai sifat insektisida, antibakteri dan fungisida. Sehingga, minyaknya dapat dimanfaatkan untuk kesehatan kulit manusia.
  • Menguatkan tulang. Kandungan cengkeh berperan juga dalam meningkatkan kesehatan tulang serta mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.

Kesimpulan

Resep babi guling khas Manado menjadi salah satu masakan yang jarang dijumpai baik di warung makan maupun restoran. Dengan adanya pembahasan di atas, semoga Bunda dapat membuat masakan khas Manado tersebut di rumah.

Bagikan:

Halimah Nurul

Alumni dari STMIK Amikom Yogyakarta, yang sekarang menjadi kontributor di website dapurawit.com.

Tinggalkan komentar