Resep Ayam Budu Budu Khas Makassar

Yovita Nessa

Resep Ayam Budu Budu Khas Makassar
Resep Ayam Budu Budu Khas Makassar, Source Image: wowkeren.com

Resep ayam budu budu khas Makassar seringkali dicari oleh beberapa orang pada saat menjelang hari besar seperti Natal. Pasalnya makanan tersebut kerap dipilih menjadi hidangan karena memiliki cita rasa yang lezat dan enak.

Sama seperti resep ikan kuah kuning sederhana, ayam budu budu khas Makassar juga menggunakan jeruk nipis sebagai bumbu pewanginya. Hal itu pun dapat membuat rasa dari hidangan tersebut terasa lebih gurih.

Namun di dalam resep ayam budu budu khas Makassar ini terdapat bahan-bahan cukup banyak. Meskipun begitu Bunda tak perlu khawatir, karena untuk mendapatkan bahannya bisa membelinya di pasar ataupun warung terdekat.

Kami telah merangkum terkait resep ayam budu budu khas Makassar beserta dengan langkah-langkah cara membuatnya. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai hidangan masakan tersebut, silakan simak ulasan di bawah ini.

Resep Ayam Budu Budu Khas Makassar

Bahan Ayam Budu Budu Khas Makassar
Source Image: YouTube/Tastemade Indonesia

Selain kerap dicari pada saat hari Natal, beberapa orang pun ingin mengetahui resep ayam budu budu Makassar karena ingin digunakan untuk jualan. Sebenarnya untuk bahan-bahan hidangan tersebut terbilang cukup sederhana. Sama seperti toppa lada Makassar, ayam budu budu khas Makassar pun tidak menggunakan santan.

Selain itu juga cara membuat ayam budu budu khas Makassar cukup mudah dilakukan di rumah. Bunda hanya perlu menyiapkan sejumlah peralatan masak seperti pisau guna memotong bahan serta wajan atau panci untuk merebus. Adapun ayam budu-budu Makassar resepnya meliputi:

JenisKeterangan
Nama ResepAyam Budu Budu Khas Makassar
KategoriMasakan Ayam
Waktu Persiapan20 Menit
Waktu Penyajian60 Menit
Jumlah Penyajian1 Porsi

Bahan

  • Ayam kampung 1 ekor (potong 8 bagian)
  • 2 buah jeruk nipis sudah dipotong-potong
  • 750 ml air untuk merebus
  • 2 ruas jari jahe sudah digeprek
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 1 sendok makan air asam jawa
  • Lada secukupnya

Cara Membuat

  1. Langkah pertama silakan masukkan ayam yang sudah dipotong ke dalam sebuah wadah.
  2. Setelah itu peras jeruk nipis dan campurkan ke dalam wadah tersebut. Ini berguna untuk aroma wangi pada ayam. Bunda bisa menambahkan perasan jeruk nipis jika ingin aromanya lebih terasa.
  3. Kemudian aduk-aduk ayam yang sudah dicampurkan dengan jeruk nipis. Bunda dapat mengaduknya menggunakan tangan atau alat. Pastikan agar diaduk hingga jeruk nipis tercampur semua ke bagian ayam.
  4. Diamkan selama 15 menit.
  5. Jika sudah, silakan tuangkan air secukupnya ke dalam panci atau wajan di atas kompor. Lalu nyalakan kompornya dengan api kecil.
  6. Lanjutkan dengan memasukkan ayam ke dalam panci.
  7. Kemudian campurkan air asam jawa sebanyak 1 sendok makan ke wajan tersebut.
  8. Masukkan 2 ruas jahe yang sudah digeprek.
  9. Selanjutnya memasukkan lada dengan cara menaburnya secara perlahan.
  10. Masukkan garam, sesuaikan dengan selera. Lalu aduk-aduk hingga bumbu tercampur merata.
  11. Tunggu beberapa saat sampai rebusan mendidih.
  12. Sambil menunggu, Bunda bisa menyiapkan daun bawang guna dipotong-potong sesuai keinginan.
  13. Apabila sudah, masukkan daun bawang ke dalam panci. Lalu aduk kembali sampai merata.
  14. Selesai, ayam budu khas Makassar siap dihidangkan.

Manfaat Ayam Budu Budu Khas Makassar

Manfaat Ayam Budu Budu Khas Makassar
Source Image: YouTube/Tastemade Indonesia

Tak hanya memiliki rasa enak serta lezat, tetapi ayam budu budu khas Makassar ternyata terdapat beberapa kandungan manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal itu akan dirasakan setelah Bunda mengkonsumsi masakan tersebut. Adapun beberapa manfaat menyantap ayam budu budu khas Makassar, di antaranya:

  • Mengkonsumsi ayam budu budu khas Makassar mampu mengontrol tekanan darah. Hal itu terjadi karena di dalamnya daging tersebut mengandung vitamin B3 atau niacin di mana terbukti untuk menurunkan kadar kolesterol.
  • Ayam budu budu khas Makassar juga dapat dijadikan sebagai sumber vitamin serta mineral bagi tubuh. Mengingat di dalam makanan tersebut terdapat kandungan vitamin B di mana memiliki peran penting guna membentuk sel darah merah.
  • Masakan khas Makassar ini pun memberikan sumber protein cukup baik untuk otot.
  • Manfaat berikutnya adalah guna meningkatkan metabolisme tubuh. Mengingat di dalam daging ayam memiliki kandungan vitamin B6 di mana efektif dalam mendorong enzim guna menguatkan metabolisme tubuh.
  • Ketika Bunda mengkonsumsi ayam budu budu khas Makassar, maka akan membantu menghilangkan rasa stres. Hal itu dikarenakan pada daging ayam terkandung vitamin B5 serta tryptophan.

Kesimpulan

Mungkin itu saja pembahasan mengenai resep ayam budu budu khas Makassar yang dilengkapi dengan cara membuatnya. Demikianlah ulasan singkat ini, semoga dapat bermanfaat bagi Bunda di mana hendak memasak hidangan makanan tersebut.

Bagikan:

Yovita Nessa

Penulis dan freelance di beberapa website termasuk di website dapurawit.com. Yang sudah memiliki pengalaman menulis seputar resep selama 2 tahun.

Tinggalkan komentar