15 Menu Untuk Acara Kumpul Teman, Reuni dan Bukber

Cindy Pramistasari

Menu Untuk Acara Kumpul Teman, Reuni dan Bukber
Menu Untuk Acara Kumpul Teman, Reuni dan Bukber, Source Image: Dapurawit.com

Menu Untuk Acara Kumpul Teman – Berbagai ide menu untuk acara kumpul teman mulai dari makanan berat, ringan, sampai dengan minuman bisa menambah hangat suasana. Lingkungan pertemanan akan semakin bertambah seiring bertambahnya pula usia dan semakin banyak lingkungan yang didapatkan.

Terkadang, tanpa disadari saat masuk ke lingkungan baru, secara tidak langsung interaksi dengan teman-teman dari lingkungan lama jadi berkurang. Bisa karena faktor sudah tidak ada kepentingan bersama, seperti sudah lulus sekolah atau sudah pindah rumah.

Bisa juga karena faktor kesibukan yang membuat jadwal kosong tidak sinkron. Terlebih ketika sudah berumah tangga, terlalu sulit menemukan jadwal yang cocok untuk bisa pergi keluar bersama.

Saat ada kesempatan kumpul bersama teman, ini momen yang tepat untuk Bunda menyambut semuanya dengan hangat. Salah satu yang paling bisa menghangatkan suasana adalah hidangan makanan serta minuman untuk seluruh tamu undangan.

Rekomendasi Menu untuk Acara Kumpul Teman

Kumpul bersama teman setelah sekian lama tidak bertemu akan menjadi momen berharga dan tidak terlupakan. Biasanya acara buka puasa bersama menjadi sarana kumpul paling tepat karena pada akhir Ramadhan, orang sudah mulai longgar jadwalnya.

Reuni mungkin saja dilakukan pada hari selain Ramadhan, seperti saat hari libur nasional atau akhir tahun. Kapan saja waktu yang cocok untuk berkumpul kembali, sajian makanan serta minuman harus dipertimbangkan dengan tepat.

Jika Bunda menjadi tuan rumah atau menjadi panitia pelaksana bersama beberapa teman lainnya, bisa sediakan beberapa menu di bawah sebagai pelengkap suasana. Semuanya lengkap, mulai dari makanan ringan, makanan berat, dan minuman sudah kami berikan:

1. Ayam Bakar Taliwang

1. Ayam Bakar Taliwang

Ayam bakar taliwang menjadi menu andalan pertama untuk kumpul saat reuni maupun buka puasa. Eksekusi ayam dari mulai memotong, memarinasi, sampai dengan membakar bisa bersama-sama sehingga tercipta interaksi hangat antara satu sama lain.

Ayam bakar taliwang termasuk sajian lauk-pauk yang lebih nikmat dimakan dengan nasi hangat serta sambal. Namun, biasanya saat kumpul bersama teman, ada lebih dari satu menu yang dihidangkan sehingga ayam taliwang bisa dinikmati tanpa nasi juga.

Terpenting adalah ada piring untuk menyediakan ayamnya secara lebih rapi dan disediakan tisu untuk membersihkan tangan. Tidak lupa juga minuman agar tenggorokan tidak kering saat menyantap satu potong ayam bakar taliwang buatan sendiri.

Menikmati ayam bakar taliwang dengan atau tanpa nasi akan semakin nikmat saat bersama teman. Jangan lupa untuk mempersiapkan aneka sayurannya juga supaya seimbang antara lemak dengan serat.

2. Martabak Manis dan Telur

2. Martabak Manis dan Telur

Sajian martabak manis dan telur bisa jadi ide berikutnya yang dapat menghangatkan suasana saat bersama. Bunda bisa menyediakan keduanya, baik martabak manis dan martabak telur sekaligus agar teman-teman undangan memiliki banyak pilihan.

Beberapa orang mungkin suka martabak manis dengan aneka toping, mulai dari kacang, coklat, juga keju. Beberapa lainnya mungkin lebih suka sajian martabak telur lengkap dengan acar dan saus sebagai pelengkap suasana ketika nostalgia bersama.

Berikut beberapa ide menu makanan dan minuman lainnya:

Menu Diet Defisit KaloriMenu Diet Seminggu Turun 10 Kg
Menu Kue Untuk Arisan KekinianMenu Arisan RT Sore Hari Ini
Menu Prasmanan JawaMenu Arisan Murah
Menu Arisan Malam Hari IniMenu Prasmanan Sunda
Menu Arisan SimpleMenu Lontong Untuk Arisan
Menu Arisan BerkuahMenu Arisan 200 Ribu

Pilihan martabak ini seharusnya tidak merepotkan Bunda maupun yang lainnya untuk membuat sendiri. Penjual martabak sudah bisa ditemukan banyak di berbagai tempat, namun biasanya penjual martabak baru beroperasi saat malam hari.

3. Es Buah

3. Es Buah

Es buah menjadi menu andalan berikutnya yang menyegarkan dan sangat cocok dikonsumsi ketika siang hari. Sajian potongan buah segar berpadu dengan susu kental manis, sirup, dan es batu membuat suasana kumpul bersama jadi lebih hangat dan menyenangkan.

Es buah biasanya menjadi menu pembuka wajib ketika bulan puasa tiba. Saat berkesempatan menjadi tuan rumah, Bunda bisa menyediakan sajian es buah ini sebelum teman-teman memasuki waktu makan besar.

Seharian menahan lapar dan haus membuat waktu menikmati es buah menjadi momen berharga yang mampu melepaskan dahaga seharian penuh. Pahala besar bagi Bunda yang menyediakan sajian es buah untuk para teman setelah mereka seharian bekerja.

4. Pizza Besar

4. Pizza Besar

Pizza berukuran besar bisa menjadi menu andalan berikutnya yang dapat dinikmati setelah makan berat. Memiliki waktu luang bersama menjadi momen berharga bagi orang-orang dewasa yang sudah mulai sibuk dengan rutinitas kantor setiap harinya.

Salah satu resto pizza terkenal di Indonesia menyediakan paket pizza berukuran besar dengan total potongan sebanyak 36 pizza kecil. Bunda bisa membeli satu paket atau dua paket jika jumlah teman-teman yang berkumpul lebih dari 36 orang.

Bunda bisa menawarkan diri menjadi tuan rumah agar suasana kumpul jadi lebih bebas dan tidak terikat waktu. Namun, berkumpul langsung di restonya juga tidak masalah karena meringankan kewajiban Bunda untuk membersihkan rumah setelah acara.

5. Kentang Goreng

5. Kentang Goreng

Makan pizza kurang lengkap tanpa adanya kentang goreng, Bunda bisa memesan menu ini juga bersamaan dengan waktu memesan pizza. Selain bisa memesan kentang goreng, Bunda juga bisa membuatnya sendiri dengan membeli kentangnya dari toko frozen food.

Butuh kuali besar untuk memasak kentang goreng dalam porsi besar, namun kelelahan tidak akan terasa apabila mempersiapkannya bersama teman. Setelah berumah tangga, kesibukan teman-teman akan berbeda.

Selain mempersiapkan kentang goreng sendiri, sajian sederhana dan praktis ini bisa dibeli dari berbagai resto siap saji di Indonesia. Sementara para bunda di rumah mempersiapkan menu lain, sajian kentang goreng bisa dibeli dan dibawa oleh para teman yang bekerja.

Kentang goreng menjadi cemilan tepat untuk berbagai situasi, baik saat quality time sendiri atau bersama teman. Taburan bumbu di atas kentang atau cocolan saus sambal dan tomat akan semakin melengkapi enaknya kentang goreng.

6. Sate Ayam

6. Sate Ayam

Sate ayam menjadi menu terbaik berikutnya yang tidak kalah lezat dibandingkan menu olahan ayam lainnya. Memilih sate ayam dibandingkan sate kambing karena lebih umum dan harganya lebih murah.

Jika memiliki waktu banyak, Bunda bisa mempersiapkan sajian satenya sendiri. Tapi, membeli sate ayam dari pedagang kaki lima juga bisa menjadi solusi karena sisa waktunya dapat Bunda manfaatkan untuk melakukan kegiatan lain.

Hal menarik ketika menyiapkan sate sendiri adalah Bunda dan teman-teman bisa mempersiapkannya bersama. Sesederhana membakar sate bersama saja sudah menjadi sarana untuk saling berbagi cerita dan membuat suasana hangat semakin kental terasa.

7. Olahan Sayap Ayam

7. Olahan Sayap Ayam

Menu sayap ayam bisa diolah dengan dipanggang, ini juga menjadi kesempatan baik untuk menjalin silaturahmi dengan memanggangnya bersama. Selain mempersiapkan diri dengan memanggang mandiri, bisa juga memesan saja dari resto cepat saji terdekat.

Layanan pesan antar makanan memudahkan Bunda mempersiapkan aneka menu reunian bersama teman. Tidak perlu menghabiskan waktu untuk mengolahnya sendiri, sajian lezat sudah tersedia di meja siap menyambut para teman-teman.

Jangan lupa untuk menyediakan minuman air mineral juga demi menjaga tubuh tetap terhidrasi setelah seharian beraktivitas. Bunda bisa menyajikan sayap ayam dalam satu piring besar dan beberapa piring kecil untuk mempermudah orang memakannya.

Siapkan juga tisu untuk membersihkan tangan dari bumbu yang menempel. Bisa juga menggunakan alat makan, seperti sumpit atau garpu agar proses makan lebih bersih dan nyaman.

8. Aneka Gorengan

8. Aneka Gorengan

Gorengan menjadi andalan cemilan khas Indonesia yang nyaris tidak pernah ketinggalan saat momen buka puasa bersama. Bunda bisa membuatnya sendiri untuk memastikan sajian gorengannya lebih sehat dan porsinya lebih banyak.

Tapi, membeli langsung dari para pedagang juga tidak masalah karena bisa lebih menghemat waktu. Jelang Ramadhan biasanya ada banyak pedagang dadakan yang menyediakan sajian menu gorengan, kue basah, kolak, dan aneka pelengkap buka puasa lainnya.

Beberapa lingkaran pertemanan terkadang tidak memiliki teman yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga sehingga sulit mempersiapkan sajian makanannya sendiri. Solusinya, bisa membeli aneka makanan dari para pedagang dimana masing-masing orang membawa sendiri.

9. Daging Barbekyu

9. Daging Barbekyu

Sajian daging barbekyu identik dengan kumpul dan makan bersama di restoran, baik di dalam mall maupun bangunan yang berdiri sendiri. Tapi, belakangan banyak juga toko yang menjual daging mentah khusus untuk barbekyu yang sudah dipotong tipis.

Makan bersama di restoran bisa menghemat tenaga dan waktu untuk melakukan semua persiapan sendiri. Namun, Bunda dan teman-teman tidak bisa menghabiskan waktu lebih lama dibandingkan buka puasa bersama di rumah.

Lain hal ketika mempersiapkan makanan sendiri di rumah, tenaga dan waktu mungkin saja lebih banyak terpakai. Akan tetapi, fleksibilitas bersama dan berbicara dengan teman bisa lebih bebas dan lama karena tidak terikat waktu.

10. Keripik Bayam

10. Keripik Bayam

Keripik menjadi menu andalan yang tidak pernah lekang oleh waktu karena sangat cocok untuk segala suasana. Sambil menunggu menu utama jadi, sementara waktu teman-teman bisa memakan keripik bayam agar perut tidak kelaparan.

Sajian keripik bayam juga bisa dinikmati sambil mengobrol santai ditemani oleh es buah. Sambil nostalgia cerita masa lalu dan berbagi cerita kehidupan di masa sekarang rasanya semakin lengkap dengan menu cemilan kriuk seperti keripik.

Selain bayam, Bunda bisa membeli atau membuat olahan keripik sayur lainnya, seperti keripik wortel, bahkan bawang merah. Selain bisa mengolah sayur menjadi keripik, buah juga bisa diolah menjadi keripik tanpa gula dan tanpa minyak.

Olahan keripik sayur dan buah yang dibeli dari beberapa toko biasanya tidak digoreng menggunakan minyak. Proses pembuatan yang panjang menjadi alasan harga keripik sayur maupun buah menjadi lebih mahal.

11. Jagung Bakar

11. Jagung Bakar

Jagung bakar menjadi menu terbaik yang sangat lezat dinikmati saat malam hari. Setelah menikmati aneka menu makan malam utama, Bunda bisa mempersiapkan jagung bakar sebagai cemilan supaya waktu berkumpul bisa lebih lama.

Momen kumpul yang jarang dan hanya terjadi satu tahun sekali menjadi sarana untuk berbagi cerita bersama teman. Momen langka dan sulit ditemukan ini harus didukung oleh sajian makanan yang menghangatkan suasana, salah satunya jagung bakar.

Selain bisa dinikmati sebagai menu tambahan setelah makan berat di buka puasa bareng, bisa juga melengkapi momen pergantian tahun. Momen reunian paling tepat biasanya saat bulan Ramadhan, bisa juga ketika akhir tahun karena saat itu ada tanggal merah panjang.

12. Donat

12. Donat

Donat merupakan cemilan lainnya yang bisa menjadi pilihan saat kumpul bersama teman di momen akhir tahun maupun buka puasa bersama. Sekarang sudah bisa ditemukan banyak penjual donat, baik dari pedagang lokal maupun donat dari merk-merk terkenal.

Bunda bisa memesan beberapa kotak donat yang jumlahnya disesuaikan dengan jumlah teman yang akan datang. Mulai dari donat kampung sampai donat aneka toping bisa melengkapi suasana kumpul bersama.

Bunda bisa memesannya agar lebih praktis, bisa juga membuat donat sendiri dengan ukuran dan porsi yang disesuaikan. Donat bisa menjadi menu makanan santai saat mengobrol santai bersama teman.

13. Es Cincau

13. Es Cincau

Es cincau dapat menjadi menu minuman pelepas dahaga lainnya yang membuka momen buka puasa bersama teman. Selain es buah, cincau juga bisa membuat suasana lebih segar setelah seharian beraktivitas dan menghadapi macet-macetan.

Cincau memiliki kandungan baik yang bisa mencegah panas dalam sehingga terbilang minuman sehat bagi tubuh. Es cincau menjadi menu andalan buka puasa bersama, bisa juga menjadi menu andalan di luar buka puasa.

Jika membuat es cincaunya sendiri, Bunda bisa menggunakan wadah besar agar para tamu bisa mengambil sendiri esnya. Siapkan juga gelas kecil dan sendok supaya mempermudah cara makan cincau.

14. Minuman Literan

14. Minuman Literan

Minuman literan semakin banyak dan mudah didapatkan, mulai dari jus, teh, kopi, juga minuman manis seperti coklat. Minuman literan menjadi pelengkap kumpul bersama yang lebih praktis karena bisa memesannya secara online saja.

Bunda bisa menyiapkan beberapa botol minuman literan aneka rasa dilengkapi dengan gelas plastik agar mempermudah cara minumnya. Memilih minuman literan lebih praktis karena tinggal memesannya secara online atau membeli langsung ke toko konvensional.

Minuman literan belakangan menjadi pilihan terbaik karena menyajikan minuman instan dalam ukuran besar. Bunda tidak perlu menambahkan air lagi karena minumannya sudah tinggal siap untuk dinikmati.

15. Tahu Sumedang

15. Tahu Sumedang

Menu untuk acara kumpul teman terakhir, tahu sumedang lengkap dengan cabai dan lontong menjadi pilihan makanan ringan berikutnya yang melengkapi suasana santai bersama. Tahu sumedang menjadi menu makanan khas daerah yang sejak dulu ada dan cocok untuk melengkapi berbagai suasana.

Meskipun namanya tahu sumedang, namun Bunda bisa mendapatkan sajian makanan ringan ini di mana saja. Terkadang ada penjual tahu keliling juga yang bisa lebih mudah ditemukan untuk melengkapi suasana kumpul bersama teman.

Bunda bisa menyiapkan sajian tahu sumedang yang langsung matang dari penjualnya, bisa juga memasak sendiri dan membeli olahan mentahnya. Hal terpenting dari menikmati tahu sumedang adalah potongan cabai rawit atau sambal kecap sebagai cocolan.

Menikmati tahu sumedang sambil mengobrol bersama teman akan menghangatkan suasana. Mengunyah tahu sumedang sebanyak apapun tidak membuat perut begah sehingga masih ada banyak ruang untuk menikmati makanan lainnya.

Kesimpulan

Ide menu untuk acara kumpul teman reuni atau bukber di atas bisa menjadi pilihan terbaik saat melengkapi waktu kumpul bersama teman. Mempererat tali silaturahmi setelah sekian lama tidak bertemu akan semakin lengkap dengan menu makanan berat, makanan ringan, dan aneka minuman dingin.

Bunda bisa memilih beberapa diantara menu di atas, bisa juga mempersiapkan semuanya jika memungkinkan. Terpenting adalah siapkan makanan berat, makanan ringan, juga aneka minumannya agar sajian makanannya lengkap.

Reuni satu tahun sekali, bahkan lebih dari itu menjadi momen tepat untuk mengenang masa lalu dan menceritakan kehidupan sekarang, Waktu luang yang jarang ditemukan ini bisa lebih berharga jika waktunya fleksibel. Banyak hal bisa diceritakan setelah sekian lama tidak bertemu. Sambil mengobrol santai, lima belas menu untuk acara kumpul teman akan melengkapi suasana hangat dalam beberapa jam saja.

Bagikan:

Cindy Pramistasari

Seorang wanita yang selalu ingin mandiri dan tidak ingin merepotkan orang lain.

Tinggalkan komentar