15 Menu Nasi Box Untuk Acara 4 Bulanan dan Budget

Cindy Pramistasari

Menu Nasi Box Untuk Acara 4 Bulanan dan Budget
Menu Nasi Box Untuk Acara 4 Bulanan dan Budget, Source Image: Dapurawit.com

Menu Nasi Box Untuk Acara 4 Bulanan – Menu nasi box untuk acara 4 bulanan sangat penting bunda pertimbangkan sebelum menggelar acara ini. Terlebih setiap menunya memiliki filosofi tersendiri saat dihidangkan sehingga momen tersebut benar-benar bermakna sesuai hidangannya.

Bunda dapat menggelar acaranya ketika usia kehamilan telah menginjak sekitar 20 pekan. Kemudian dapat diawali dengan pembacaan doa bersama dari para tamu serta menyantap hidangan sehingga peran nasi box sangat penting.

Terutama sebagai wujud rasa syukur karena diyakini bahwa si kecil di dalam perut telah mempunyai kelengkapan anggota tubuhnya. Terlebih pada waktu ini diyakini pula terjadinya peniupan ruh ke janin bayi.

Tidak heran jika acara tersebut benar-benar sakral sehingga perlu disiapkan lebih awal. Termasuk dengan memilih hidangan nasi kotak paling tepat untuk dibagi-bagikan ke para tamu yang berdatangan.

Daftar Menu Nasi Box Untuk Acara 4 Bulanan

Bunda perlu mempertimbangkan berbagai menu ketika hendak memperingati 4 bulanan kehamilan di rumah. Pasalnya, setiap menu akan memberikan makna tersendiri sehingga pastikan memilihnya berdasarkan beberapa rekomendasi di bawah ini:

1. Sego Megono

1. Sego Megono, Menu Nasi Box Untuk Acara 4 Bulanan

Masyarakat Pekalongan tentu sudah tidak asing lagi dengan menu nasi megono. Tentu bunda wajib menjadikannya pilihan ketika ingin menyajikan masakan terbaik dengan kandungan makna sangat berarti bagi kehamilan.

Menu tersebut umumnya dapat bunda buat dari nasi putih, kemudian disediakan pula lauknya berupa nangka muda yang telah dicincang lalu ditaburi menggunakan kelapa parut. Adapun filosofi yang terkandung di dalamnya yakni sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan  atas kandungan yang sudah dimiliki.

2. Nasi Kuning

2. Nasi Kuning, Menu Nasi Box Untuk Acara 4 Bulanan

Tercatat sebagai menu yang sudah sangat legendaris dalam berbagai perayaan momen penting. Salah satunya yakni 4 bulanan kehamilan karena memang sudah seperti warisan turun-temurun yang dilakukan sejak dahulu.

Nasi tersebut dimasak dengan tambahan bumbu kunyit sehingga memiliki warna kekuningan. Bunda bisa membuatnya berbentuk seperti tumpeng mini kemudian tambahkan beberapa lauk di sekelilingnya seperti tempe, tahu, mie goreng, hingga perkedel.

3. Nasi Ayam Bakar

3. Nasi Ayam Bakar, Menu Nasi Box Untuk Acara 4 Bulanan

Masyarakat Jawa tentu sudah tidak asing dengan acara kenduri yang selalu diadakan untuk memperingati momen-momen penting. Pada acara tersebut, umumnya akan disajikan menu ayam bakar dengan beberapa tambahan lauk.

Apabila bunda ingin mengadakan acara ini, maka menu khas nusantara tersebut bisa jadi salah satu andalan yang sangat direkomendasikan. Tentu sudah melambangkan kenduri yang sering dilakukan sebelumnya.

4. Nasi Kebuli

4. Nasi Kebuli, Menu Nasi Box Untuk Acara 4 Bulanan

Bunda bisa mencoba menu lainnya yang tidak kalah menggugah selera apabila dinikmati. Tepatnya yakni nasi kebuli dengan aroma sangat khas sehingga cocok disajikan sebagai referensi menu nasi kotak selanjutnya.

Cita rasa nasi kebuli pun begitu gurih serta nikmat di lidah sehingga bisa jadi rekomendasi selain beberapa menu sebelumnya. Bunda bahkan dapat memadukannya dengan beberapa tambahan lauk agar semakin lengkap saat dinikmati oleh para tamu undangan nantinya.

5. Sate Lilit

5. Sate Lilit, Menu Nasi Box Untuk Acara 4 Bulanan

Merupakan makanan khas dari Bali yang cocok juga untuk bunda pilih. Sate lilit ini umumnya terbuat dari ikan tuna yang telah dicincang kemudian diberi bumbu pilihan lalu ditaburi dengan kelapa parut yang masih muda.

Hidangan ini bahkan sudah sering disajikan dalam berbagai upacara adat di Bali. Tentu bunda bisa membuatnya dalam versi yang diinginkan agar bisa dihidangkan di tengah-tengah momen sakral tersebut.

6. Nasi Rendang

6. Nasi Rendang, Menu Nasi Box Untuk Acara 4 Bulanan

Rendang teracatat sebagai menu khas nusantara yakni berupa daging sapi. Daging tersebut dimasak memakai rempah-rempah pilihan dalam waktu lama sehingga cita rasa bumbu benar-benar meresap ke dalamnya.

Daging sapi sendiri dapat melambangkan ibu yang memberi kemakmuran kepada anak, kemudian tambahan santan dari kelapa melambangkan kepandaian. Lalu cita rasa pedas dari cabai dapat melambangkan ulama yang memiliki sifat tegas dalam hal agama.

7. Bubur Merah Putih

7. Bubur Merah Putih, Menu Nasi Box Untuk Acara 4 Bulanan

Menu yang satu ini juga tidak boleh terlewatkan karena tergolong tidak boleh dilewatkan untuk bunda sajikan dengan berbagai menu lainnya. Beberapa orang biasanya menyebutnya dengan bubur abang putih dalam bahasa Jawa.

Aneka resep bubur bisa dilihat dibawah ini:

Resep Bubur Sumsum 200 GrResep Bubur Kacang Hijau
Resep Bubur Ayam KomplitResep Bubur Candil

Merah atau abang ini berasal dari gula merah sedangkan putihnya berasal dari campuran santan. Masyarakat keturunan Jawa umumnya meyakini dengan hidangan tersebut maka dapat menghindari seseorang dari hal-hal yang membawa sial.

8. Ketupat Sumpil

8. Ketupat Sumpil, Menu Nasi Box Untuk Acara 4 Bulanan

Rekomendasi menu lainnya yang wajib bunda hidangkan yaitu kupat sumpil. Menu ini termasuk paling legendaris dibandingkan lainnya yang terbuat dari bahan utama beras.

Bedanya makanan tersebut dalam penyajiannya akan dikemas menggunakan daun bambu. Maknanya yakni sebagai wujud terjalinnya hubungan antara yang mengadakan acaranya kepada Tuhan serta sesama manusia.

9. Arem-Arem

9. Arem Arem

Merupakan makanan yang sangat identik dengan lemper karena terbuat dari bahan beras yang dibungkus menggunakan daun pisang. Tidak hanya itu, di dalamnya juga ada isian berupa daging cincang yang rasanya sangat lezat jika disantap.

Ketika sudah matang, arem-arem memiliki tekstur yang cukup lengket serta pastinya sangat mengenyangkan di perut. Terlebih menu yang satu ini juga sudah tidak asing di lidah masyarakat sehingga tentu sangat disukai.

10. Mendut

10. Mendut

Kue mendut merupakan salah satu jajanan tradisional yang mudah dijumpai di pasar. Kue ini kebanyakan memiliki warna hijau terang dengan cita rasa manis sehingga sangat cocok dijadikan pilihan untuk acara ini.

Bunda akan merasakan tekstur kenyal dan lengket yang khas saat mencicipinya karena makanan ini terbuat dari campuran tepung ketan dengan santan. Kue mendut disajikan dengan cara dibungkus memakai daun pisang.

11. Lemper

11. Lemper

Pilihan menu yang satu ini sangat cocok bunda pilih karena sudah sering disajikan dalam berbagai acara penting. Makanan tradisional ini terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian di dalamnya terdapat isian ayam cincang.

Jika dibandingkan dengan arem-arem, ukuran lemper cenderung lebih kecil porsinya. Meski begitu, kedua makanan ini akan tetap mengenyangkan saat disantap dengan cita rasa yang pas di lidah semua orang.

12. Wajik

12. Wajik

Termasuk salah satu jajanan tradisional Jawa yang sudah sangat populer di tengah-tengah masyarakat. Makanan ini dapat bunda sajikan untuk mengisi menu nasi box agar semakin lengkap dan bermakna.

Wajik memiliki tekstur yang sedikit lengket dengan cita rasa manis dan lezat. Makanan tradisional ini juga sudah sangat sering disajikan di berbagai acara-acara penting lainnya khususnya bagi masyarakat Jawa.

13. Lumpia

13. Lumpia

Makanan tradisional khas Semarang ini dapat bunda pilih untuk mengisi menu nasi box. Lumpia basah sendiri umumnya memiliki isian berupa berbagai macam sayuran segar dengan tambahan daging ayam yang sudah dicincang.

Cita rasanya pun sangat gurih dan nikmat serta dapat disajikan dalam dua versi berbeda sesuai dengan kesukaan masing-masing. Bunda bisa memilih apakah ingin menyajikan menu lumpia versi basah atau versi yang sudah digoreng kering.

14. Klepon

14. Klepon

Bunda juga bisa menambahkan rekomendasi menu berikutnya yaitu klepon. Tentu jajanan tradisional ini sudah sering dibeli di pasaran sehingga siapa pun yang menyantapnya akan merasa senang karena cita rasanya sangat legendaris.

Klepon berbentuk seperti bola-bola kecil yang berwarna hijau dan dibalut oleh parutan kelapa segar. Selain itu, di dalamnya juga telah ada gula merah cair sehingga ketika digigit dan dikunyah akan terasa manis.

15. Cenil

15. Cenil

Pilihan menu lainnya yang tidak kalah cocok untuk acara 4 bulanan kehamilan yaitu cenil. Merupakan kue tradisional yang terbuat dari tepung kanji dengan tambahan gula pasir sehingga cita rasanya benar-benar kenyal dan manis.

Daftar rekomendasi menu untuk acara arisan:

Menu Arisan Keluarga Siang HariMenu Arisan Untuk 50 Orang
Menu Arisan BerkuahMenu Arisan 200 Ribu
Menu Arisan SimpleOlahan Menu Lontong Untuk Arisan

Tidak hanya itu, kue cenil juga dapat disajikan dengan berbagai pilihan warna sehingga akan menambah daya tarik tersendiri saat mencicipinya. Kue ini dibalut dengan parutan kelapa sehingga terasa gurih di setiap gigitannya.

Budget Nasi Box Acara 4 Bulanan

Ketika bunda ingin mengadakan acara syukuran 4 bulanan kehamilan, maka penting juga mempertimbangkan budget. Terlebih apabila ingin mengundang banyak tamu sehingga biaya yang dikeluarkan pun juga semakin banyak.

Untuk budget nasi box sendiri umumnya mulai Rp20.000 sampai dengan Rp30.000 per box. Tentu Bunda bisa menyesuaikannya dengan hidangan menu yang diinginkan sehingga harga ini bisa saja lebih terjangkau.

Apabila ingin menghitung budget nasi box secara keseluruhan maka bunda dapat langsung mengalikannya dengan jumlah yang ingin di pesan. Oleh sebab itu, pastikan menentukan terlebih dahulu jumlah tamu undangannya agar budget dapat dihitung secara menyeluruh.

Tips Memilih Menu Nasi Box yang Perlu Diperhatikan

Tahukah Bunda, bahwa nasi kotak memiliki hubungan yang sangat erat sekali dengan acara-acara penting tidak terkecuali 4 bulanan. Akan tetapi, pertimbangkan juga beberapa tips memilih menunya seperti berikut agar lebih tepat dalam menyajikannya:

  • Pertimbangkan Lauknya

Saat ingin menyajikan nasi box, maka bunda perlu mempertimbangkan lauknya. Pastikan untuk memperhatikan lauk yang disajikan apakah porsinya sudah sesuai atau belum.

Untuk acara-acara yang sakral seperti 4 bulanan ini tentu sangat penting menyajikan nasi box dengan variasi lauk bermacam-macam. Hal ini bisa menjadi ungkapan rasa syukur atas hadirnya buah hati.

  • Cek Hidangan Pendamping

Selain mempertimbangkan menu utama dengan lauknya, maka bunda juga perlu memperhatikan soal hidangan pendampingnya. Untuk hidangan pendamping ini tidak berupa nasi dengan lauk akan tetapi cenderung seperti kue dan jajanan tradisional.

Tentu sangat penting juga menyajikan hidangan pendamping yang bervariasi akan tetapi tetap hemat di kantong. Pilih kudapan-kudapan yang mudah dibuat sehingga semakin praktis saat ingin menyajikannya sendiri.

  • Ketahui Filosofinya

Acara 4 bulanan merupakan salah satu acara yang sangat penting untuk diadakan. Terlebih kebanyakan masyarakat juga mewajibkan untuk menggelar acara ini sebagai rasa syukur tersendiri atas kehamilan yang telah Tuhan berikan.

Oleh karena itu, dalam memilih menu 4 bulanan ada baiknya bunda memahami juga filosofinya. Dengan begitu, sajikan menu makanan bisa menjadi wujud atas filosofi yang terkandung di dalamnya.

  • Jangan Lupa Sediakan Minuman

Ketika memilih menu nasi box, bunda jangan lupa untuk tetap menyediakan minumannya. Terlebih jika memang sajian tersebut ingin dimakan di tempat tentu tidak mungkin membiarkan para tamu undangan merasa kehausan.

Pilih saja minuman-minuman kemasan seperti air mineral sehingga sangat cocok mendampingi menu utama maupun menu pendamping. Cukup beri satu varian minuman kemasan karena hal ini hanya berlaku sebagai pelengkap saja.

  • Sesuaikan dengan Budget

Terakhir, sangat penting bagi bunda untuk tetap menyesuaikan pemilihan menunya berdasarkan budget masing-masing. Oleh sebab itu, tidak perlu memaksakan diri untuk menyajikan menu-menu yang terlalu mewah dan mahal.

Terlebih jika budget yang bunda miliki tidak terlalu banyak sehingga penting untuk mempertimbangkan hal ini. Sebagai solusinya, pilih menu-menu makanan tradisional yang tidak kalah lezat tetapi harganya lebih hemat sehingga semakin puas dalam menyajikannya.

Keuntungan Memilih Nasi Box untuk Acara Kehamilan 4 Bulan

Bunda juga perlu mengetahui apa saja keuntungan jika memilih menyajikan hidangan 4 bulanan dalam bentuk nasi box. Terlebih kebanyakan acara penting sekarang ini memakai nasi box sebagai pilihan sajian makanannya, berikut kelebihannya:

  • Kemasan yang Praktis

Nasi box termasuk salah satu hidangan yang sangat menguntungkan saat dipilih. Pasalnya, kemasan makanan tersebut benar-benar praktis dan mudah ditata dengan rapi saat disiapkan untuk para tamu.

Tidak hanya itu, bunda juga bisa lebih mudah dalam menyajikan makanan dengan baik. Hal ini karena makanan tersebut dikemas dengan tepat kemudian dapat diletakkan di tempat tertentu dengan aman.

  • Bisa untuk Banyak Menu

Tahukah bunda, bahwa nasi kotak atau nasi box umumnya dilengkapi dengan plastik pelengkap untuk menyajikan banyak varian menu dalam beberapa tempat. Tidak heran jika semakin mudah menyajikan beberapa hidangan makanan di dalamnya.

Tentu semakin mudah dalam menyajikan berbagai pilihan menu makanan tanpa perlu khawatir sehingga menu nasi box sangat memuaskan para tamu nantinya. Dengan variasi menu lengkap tentu mereka yang menyantapnya tidak akan mudah bosan.

  • Siap Santap

Keuntungan lainnya yakni setiap menu yang tersedia di dalam nasi box tentu sudah siap untuk disantap. Tidak heran jika sajian ini benar-benar praktis dan cocok dijadikan pilihan dalam acara syukuran kehamilan yang ke-4 bulan.

Nasi box dapat menjadi pilihan karena dalam satu paketnya terdiri dari beberapa varian menu yang sudah siap untuk dinikmati para tamu nantinya. Mereka juga bisa memilih sendiri menu makanan mana yang ingin dimakan terlebih dahulu secara bebas.

  • Menu yang Menyehatkan

Setiap nasi kotak umumnya terdiri dari beberapa varian menu yang sangat lengkap dan menggugah selera. Tidak heran jika makanan-makanan tersebut tentu memiliki berbagai kandungan gizi dan nutrisi bagi siapa saja yang menyantapnya.

Menu-menu ini benar-benar menyehatkan sehingga menjadi pilihan yang paling tepat untuk memeriahkan acara 4 bulanan di rumah. Terlebih kebanyakan makanannya merupakan hidangan tradisional sehingga terhindar dari bahan-bahan kimia maupun pengawet.

  • Lebih Higienis

Bunda juga perlu memahami bahwa kemasan nasi box umumnya didesain secara tertutup. Tidak heran jika membuat makanan di dalamnya jauh lebih bersih dan higienis sebelum disantap.

Pasalnya, makanan-makanan yang disajikan tersebut akan terbebas dari kotoran maupun debu-debu di udara. Tidak heran jika semakin mudah bagi bunda untuk menghindari kontaminasi bakteri daripada menghidangkan makanan secara prasmanan.

Kesimpulan

Sekarang Bunda tidak perlu pusing lagi jika ingin memilih berbagai menu nasi box dalam acara 4 bulanan yang akan diselenggarakan di rumah. Setiap menu umumnya memiliki cita rasa khasnya tersendiri serta sudah tidak asing di lidah masyarakat.

Tentu menu-menu tersebut bisa menjadi wujud rasa syukur atas kehadiran buah hati yang telah diberikan oleh Tuhan. Bunda bisa memilih menu-menu terbaik yang memang memiliki makna dan filosofi bagus.

Pilih saja beberapa menu nasi box untuk acara 4 bulanan di atas sesuai selera. Jangan lupa untuk menyiapkan budget dengan jumlah yang sedikit lebih banyak dari estimasinya agar tidak kerepotan saat sewaktu-waktu ingin menambah menunya.

Bagikan:

Cindy Pramistasari

Seorang wanita yang selalu ingin mandiri dan tidak ingin merepotkan orang lain.

Tinggalkan komentar