Gaji Karyawan Starbucks Semua Posisi Terbaru 2024

Damara

Gaji Karyawan Starbucks Semua Posisi Terbaru
Gaji Karyawan Starbucks Semua Posisi Terbaru, Source Image: Dapurawit.com

Gaji Karyawan Starbucks – Besaran gaji karyawan Starbucks untuk berbagai posisi mempermudah Anda yang tertarik bekerja di coffee shop ternama di seluruh dunia ini. Kopi kekinian menjadi salah satu minuman favorit anak muda yang bukan hanya dicari karena fungsi utamanya.

Kandungan kafein pada kopi dipercaya mampu menahan kantuk dan membuat fokus bekerja lebih tajam. Tidak heran jika banyak pekerja korporat kerap jajan kopi saat waktu istirahat agar mampu menghadapi segala macam rutinitas kesibukannya dengan baik di kantor.

Selain berguna untuk menahan kantuk, kopi yang saat ini sudah banyak divariasikan dengan bahan lain juga kerap jadi minuman saat waktu santai. Tidak sedikit anak muda yang masuk ke coffee shop untuk sekedar ngobrol dan tidak bermaksud menahan kantuk.

Penikmat kopi juga sudah datang dari berbagai kalangan seiring semakin banyaknya varian kopi yang dijual secara langsung maupun daring. Informasi mengenai besaran gaji dan bonus serta lainnya akan kami bahas dalam uraian berikut!

Daftar Gaji Karyawan Starbucks Semua Posisi

Daftar Gaji Karyawan Starbucks Semua Posisi

Sebagai salah satu coffee shop besar di berbagai negara, Starbucks memiliki besaran gaji yang berbeda-beda untuk tiap posisi. Sebagai gambaran umum, kami coba urutkan besaran gaji dari angka terendah sampai tertinggi sebagai berikut:

  1. Kru Rp2,4 juta per bulan.
  2. Waitress, SPG, dan Cook Helper Rp2,5 juta per bulan.
  3. Staff Keamanan, CS, Supir, dan Penjaga Toko Rp2,7 juta per bulan.
  4. Staff Writer Rp2,8 juta per bulan.
  5. Pelaksana Gudang, Barista, dan Kasir Rp3 juta per bulan.
  6. Staff Officer Rp3.050.000 per bulan.
  7. Admin, Teknisi Cold Room, Staff Controlling, Tax Officer, dan Sales Rp3,2 juta per bulan.
  8. Staf Iklan Rp3,3 juta per bulan.
  9. Gudang, Front Desk,Project Maintenance, Finance, Marketing Rp3,4 juta per bulan.
  10. HR Insurance, HR Officer, Project Coordinator Rp3,5 juta per bulan.
  11. Akunting, Management Trainee, Recruitment Selection Officer Rp3,7 juta per bulan.
  12. Financial Controller, Inventory Controller Rp3,8 juta per bulan.
  13. Auditor dan Spesialis Perangkat Keras Rp4,2 juta per bulan.
  14. Grafik Desainer Rp4,4 juta per bulan.
  15. Dukungan Aplikasi Rp4,7 juta per bulan.
  16. IT Rp4,8 juta per bulan.
  17. Kepala Toko Rp5,2 juta per bulan.
  18. Kepala Cabang Rp6,2 juta per bulan.
  19. Supervisor Legal Rp7,2 juta per bulan.
  20. Manajer Area Rp15,2 juta per bulan.

Jika dilihat dari besaran gaji terkecil, kebanyakan nominalnya belum menyentuh angka UMR Jakarta. Namun, tentu di beberapa daerah sudah lebih dari UMR, seperti contohnya di Yogyakarta.

Cara Melamar Karyawan Starbucks

Cara Melamar Karyawan Starbucks

Ada banyak cara untuk mengajukan lamaran kerja di Starbucks, salah satunya melalui platform Indeed. Anda cukup mengakses platformnya dari PC atau laptop kemudian buat akun Indeed terlebih dahulu dengan mengisi formulir dan penambahan portofolio jika ada.

Saat Starbucks membuka lowongan kerja tinggal klik Apply dan ikuti semua petunjuk yang diberikan. Sisanya tinggal menunggu waktu proses lamaran, seperti wawancara atau tes dari pihak HRD Starbucksnya melalui email atau panggilan telepon.

Bisa juga masuk ke situs resmi Career Center Starbucks untuk melihat lowongan yang sedang tersedia. Syarat dan ketentuannya dijabarkan secara jelas dan Anda bisa langsung klik Apply Application pada tombol berwarna hijau di bagian bawah persyaratan.

Syarat Melamar Karyawan Starbucks

Syarat Melamar Karyawan Starbucks

Setiap posisi memiliki syarat dan ketentuan berbeda-beda bagi para pelamar. Salah satu posisi paling populer dan selalu berhubungan dengan konsumen adalah barista, dimana syarat dan ketentuan untuk menempati posisi ini adalah:

  1. Memiliki antusiasme dan passion yang tinggi sebagai barista.
  2. Memiliki kepribadian yang menyenangkan dan mampu menjalin hubungan baik dengan konsumen.
  3. Dapat bekerja secara tim.
  4. Mampu bekerja bergiliran, lembur, dan bisa bekerja di hari libur maupun hari raya.
  5. Mampu berbahasa Inggris menjadi nilai tambah.

Itu beberapa syarat yang ditetapkan Starbucks pada saat merekrut barista baru di setiap outlet. Sementara untuk posisi lainnya tentu ada aturan tersendiri, namun kebanyakan untuk pekerja di garda depan harus ramah dan bisa berkomunikasi dengan baik.

Jam Kerja Karyawan Starbucks

Jam Kerja Karyawan Starbucks

Jam kerja orang-orang di belakang layar atau yang tidak berhubungan dengan konsumen langsung umumnya sama seperti pekerja kantoran pada umumnya. Lima hari per minggu dengan lama waktu sekitar 8 sampai 10 jam per harinya.

Sementara untuk profesi yang berhubungan langsung dengan karyawan tentu berbeda. Barista terbagi menjadi dua jenis, penuh waktu dan paruh waktu dengan jam kerja yang berbeda.

Pekerja penuh waktu tentu dikenakan shift dan jadwal kerja lebih jelas, berkisar antara 8 sampai 10 jam per hari. Sementara pekerja paruh waktu hanya bekerja selama 4 hari per minggu dimana satu hari kerja sama dengan waktu kantor reguler.

Kesempatan bekerja sebagai barista paruh waktu di Starbucks terbuka lebar bagi pelajar yang usianya sudah memadai, maupun bagi WNA. Pekerja paruh waktu tidak terikat kontrak dan tidak mendapatkan kelebihan seperti halnya pekerja penuh waktu.

Tunjangan dan Bonus Karyawan Starbucks

Tunjangan dan Bonus Karyawan Starbucks

Melihat besaran gaji yang masih kurang di bawah UMR Jakarta untuk beberapa posisi, ternyata ada tunjangan serta bonus sebagai tambahannya. Jangan sedih setelah melihat gaji pokoknya karena Anda berkesempatan mendapatkan tunjangan dan bonus berikut:

  1. Jaminan kesehatan.
  2. Tetap dibayar sekalipun sedang beristirahat dari pekerjaan.
  3. Kesempatan mendapatkan saham dan kesejahteraan secara finansial.
  4. Cuti melahirkan untuk pekerja wanita.
  5. Tersedia dana pinjaman untuk pendidikan.
  6. Keuntungan transportasi.
  7. Memperoleh bantuan mitra.

Berbagai tunjangan serta bonus di atas diberikan kepada masing-masing pekerja sesuai kinerjanya masing-masing. Ada yang besar bonusnya lebih besar, ada yang lebih kecil atau tidak mendapatkannya sama sekali.

Namun, untuk beberapa hal, seperti jaminan kesehatan dan paid off tentu akan didapatkan semua pekerja. Sekalipun besaran gajinya tidak tinggi, namun bisa ditutupi dengan adanya pemberian bonus serta tunjangan di atas.

Kesimpulan

Starbucks adalah coffee shop asal Amerika Serikat yang sudah tersebar luas hampir di seluruh negara, termasuk salah satunya di Indonesia. Besar dan banyaknya outlet Starbucks membuat lapangan pekerjaan tercipta sangat luas untuk berbagai posisi.

Namun, sayangnya untuk besaran gaji pokok tidak terlalu besar karena masih banyak yang di angka 2 sampai 4 jutaan per bulan. Untuk mengakali hal tersebut, Starbucks memberikan jaminan kesehatan dan berbagai tunjangan serta manfaat lainnya di luar gaji pokok.

Karyawan Golden LamianKaryawan KFC
Karyawan Arunika Eatery KuninganKaryawan McDonald
Karyawan Rocket ChickenKaryawan Mie Gacoan
Karyawan SolariaKaryawan Marugame Udon
Karyawan Geprek BensuKaryawan Lawson
Karyawan Pizza HutKaryawan Richeese Factory

Tidak sulit melamar kerja di Starbucks, Anda bisa langsung masuk ke situs resminya dan mencari lowongan tersedia. Lengkapi syarat dari setiap posisi yang ditawarkan kemudian lamar dan tunggu sampai ada informasi lebih lanjut dari pihak Starbucks.

Informasi terkait upah pekerja di coffee shop ternama ini akan berubah seiring waktu. Adapun informasi gaji karyawan Starbucks dari berbagai posisi yang kami berikan dapat menjadi gambaran untuk Anda yang berminat melamar sebagai barista maupun posisi lainnya.

Bagikan:

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar