Gaji Karyawan Pizza Hut Semua Posisi Terbaru 2024

Eka Septi Abriyanti

Gaji Karyawan Pizza Hut Semua Posisi Terbaru
Ilustrasi Karyawan Pizza Hut, Source Image: Dailyinterlake

Siapa pun pasti sudah merasa familier dengan Pizza Hut, namun seberapa besar gaji karyawan Pizza Hut? Ini merupakan salah satu pertanyaan yang sering kali dimiliki oleh banyak orang ketika mereka mendengar bahwa Pizza Hut membuka lowongan.

Sama halnya dengan perusahaan lain, Pizza Hut telah menyediakan gaji karyawan yang sesuai dengan jabatan dan posisi yang mereka miliki. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai gaji yang diterima oleh karyawan Pizza Hut serta informasi lengkap mengenai perusahaan ini, mari simak uraian berikut!

Gaji Karyawan Pizza Hut

Gaji Karyawan Pizza Hut
Source Image: Merahputih

Pizza Hut membagi kategori gaji untuk karyawan sesuai dengan area pekerjaan mereka. Berikut adalah beberapa daftar gaji yang bisa diketahui untuk karyawan Pizza Hut:

Karyawan Back Office

Back office merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk pada posisi karyawan yang tidak terlibat secara langsung dengan outlet Pizza Hut. Dengan begitu, mereka bisa diartikan sebagai karyawan dengan jabatan yang lebih tinggi dan bekerja di balik layar untuk membantu perkembangan perusahaan.

NAMA POSISIGAJI PER BULAN
Cost Control StaffRp. 6.000.000
SupervisorRp. 4.000.000
Outlet ManagerRp. 6.000.000
Restaurant ManagerRp. 5.000.000
Finance AccountingRp. 4.500.000
Project LeaderRp. 8.500.000
Supervisor ProduksiRp. 4.000.000
CourierRp. 4.000.000
ManagerRp. 10.000.000
Management TraineeRp. 4.000.000
Marketing ResearchRp. 4.000.000
Marketing Research ExecutiveRp. 4.000.000
Purchasing OfficerRp. 4.000.000
AccountingRp. 4.000.000
Area ManagerRp. 28.500.000
Administration StaffRp. 4.000.000
Senior DrafterRp. 4.000.000
Warehouse AdministrationRp. 4.000.000

Store Crew

Jika sebelumnya adalah karyawan yang bekerja di balik layar, maka selanjutnya adalah karyawan yang terlibat secara langsung dengan pelanggan dan bekerja di outlet Pizza Hut. Untuk rata-rata gaji dari posisi store crew, maka Bunda bisa memperhatikan daftar berikut:

NAMA POSISIGAJI PER BULAN
StaffRp. 2.000.000
WaitressRp. 2.400.000
WaiterRp. 2.100.000
KasirRp. 2.000.000
KurirRp. 3.000.000
CookRp. 4.000.000
Part TimeRp. 1.800.000
Black of House StaffRp. 1.800.000
Order ProcessorRp. 300.000

Profil Pizza Hut

Profil Pizza Hut
Source Image: Kulinerhalalmalang

Setelah mengetahui tentang gaji karyawan, maka Bunda perlu untuk mengetahui tentang profil dari restoran ini. Dengan begitu, maka Bunda akan menjadi lebih lancar dan bisa menjawab pertanyaan dari pihak HRD Pizza Hut ketika sedang berada di dalam tahap wawancara.

Sejarah dari Pizza Hut ini dimulai oleh dua bersaudara bernama Frank dan Dan Carney pada tahun 1958 di Kansas, Amerika Serikat. Meskipun pada saat itu mereka masih berusia sangat muda, namun mereka memiliki rencana untuk membuka restoran dengan meminjam modal dari ibunya.

Dengan modal tersebut, kedua bersaudara tersebut pun membuka restoran Pizza. Hal yang membuat sejarah Pizza Hut cukup menarik yaitu proses penamaan restoran ini sebenarnya berawal secara tidak sengaja.  

Dalam proses pembuatan papan nama, papan tersebut hanya bisa diisi dengan delapan huruf saja, dan oleh karena itu Carney bersaudara ini pun memiliki nama Pizza Hut. Prinsip utama dari restoran ini yaitu membuat piza yang lezat dan rasanya familier seperti buatan keluarga yang ada di rumah.

Selama 13 tahun, restoran ini berubah menjadi restoran piza nomor satu yang ada di dunia, dan terkenal dengan logo atap merahnya. Selama bertahun-tahun, Pizza Hut berkembang menjadi restoran yang begitu terkenal di dunia dan popularitasnya pun meroket.

Di Indonesia sendiri, Pizza Hut datang pertama kali di Djakarta Theater pada tahun 1984 dan tercatat sebagai restoran piza pertama yang ada di negara ini. Pemegang waralaba ini yaitu PT Sari Melati Kencana telah menghadirkan berbagai macam menu Pizza Hut khas dari Italia dan Amerika seperti pasta, piza, lauk pauk, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara Menjadi Karyawan Pizza Hut

Cara Menjadi Karyawan Pizza Hut
Source Image: Kanalsatu

Untuk menjadi salah satu bagian dari Pizza Hut, maka tentunya perlu berbagai tahapan yang harus dihadapi oleh calon karyawan. Jika Bunda ingin melamar ke salah satu posisi yang tersedia di Pizza Hut, maka perhatikan beberapa persyaratan dan kriteria yang ada di bawah ini:

Kriteria Karyawan Pizza Hut

  1. Tubuh bersih dari tindik atau pun tato.
  2. Tidak diperbolehkan untuk merokok ketika sedang bekerja di restoran.
  3. Tidak pernah memiliki catatan tindak pidana sebelumnya.
  4. Bersedia untuk ditempatkan di outlet yang sesuai dengan kehendak dari Pizza Hut.
  5. Mempunyai kepribadian yang cerah dan menjalani performa pekerjaan yang maksimal.
  6. Memiliki kesehatan yang sehat, baik itu rohani atau pun kesehatan jasmani.
  7. Untuk karyawan yang ingin melamar sebagai Part Time namun masih menjadi mahasiswa, maka harus bisa menyesuaikan sendiri dengan jadwal kuliah.
  8. Memiliki ilmu dasar yang berhubungan manajemen restoran.
  9. Mempunyai penampilan yang bersih, energik, dan juga menarik.
  10. Bisa bekerja secara individu atau pun secara tim dengan baik.

Dalam menjadi karyawan Pizza Hut, memang tersedia beberapa larangan dan peraturan tertentu yang mau tidak mau harus dipatuhi dengan baik oleh setiap karyawan. Apabila calon karyawan terbukti tidak memenuhi salah satu dari kriteria tersebut, maka hal itu kemungkinan besar akan menutup kemungkinan bagi calon karyawan untuk lolos ke tahapan selanjutnya.

Syarat dan Dokumen yang Dipersiapkan

Jika Bunda merasa bahwa sudah memenuhi kriteria yang ada di atas, maka hal lain yang perlu dipersiapkan adalah dokumen-dokumen yang perlu dikirimkan kepada pihak HRD Pizza Hut. Inilah beberapa syarat dan dokumen yang perlu Bunda ketahui untuk melamar di lowongan pekerjaan Pizza Hut:

  1. Sertifikat vaksin Covid-19.
  2. Tinggi badan untuk calon karyawan laki-laki adalah 160 cm, sementara karyawan perempuan adalah 158 cm.
  3. Menyediakan ijazah yang terbaru, minimal pendidikan SMA/sederajat atau S1 (jurusan yang selinier dengan manajemen, perhotelan, dan tata boga).
  4. Riwayat hidup yang terbaru.
  5. Pas foto terbaru sebanyak 2 buah berukuran 4×6 cm.
  6. Surat lamaran dengan bahasa yang sopan.

Ketika dokumen tersebut sudah dipenuhi, maka Bunda bisa mulai mendaftar ke Pizza Hut. Namun, sebelum itu pastikan untuk mencari tahu mengenai informasi apakah Pizza Hut sedang membuka lowongan posisi tertentu atau tidak.

Agar tidak terjebak pada informasi yang tidak berdasar dan penipuan, Bunda bisa menghubungi secara langsung ke kontak Pizza Hut yang asli. Jika informasinya sudah benar, maka Bunda bisa segera mengirim berkas-berkas tersebut dengan mengirimnya melalui internet atau bisa pula dengan datang secara langsung ke kantor Pizza Hut yang terdekat.

Tunjangan dan Fasilitas Karyawan Pizza Hut

Tunjangan dan Fasilitas Karyawan Pizza Hut
Source Image: Jatimpedia

Apabila karyawan Pizza Hut menghasilkan kinerja yang bagus dan berprestasi, maka perusahaan akan memberikan hadiah yang menarik. Tidak hanya itu saja, namun ada pula beberapa fasilitas dan tunjangan lainnya yang tidak kalah menjanjikan, seperti:

1. Mobil Operasional

Fasilitas pertama yang diberikan kepada karyawan Pizza Hut adalah mobil operasional. Mobil ini berguna untuk membantu mereka dalam menyelesaikan pekerjaan terutama ketika ada beberapa agenda yang mengharuskan mereka untuk mengunjungi tempat-tempat tertentu.

Akan tetapi, mobil operasional ini hanya akan diberikan kepada karyawan yang berada di posisi-posisi tertentu. Untuk karyawan yang bekerja di bagian outlet, maka kemungkinan besar mereka tidak diberikan fasilitas ini.

2. Tunjangan Hari Raya

Ketika hari raya besar seperti Idul Fitri, Idul Adha, Nyepi, Natal, atau hari raya lainnya maka tentunya karyawan akan merayakannya bersama keluarga masing-masing. Sebagai perusahaan besar, maka Pizza Hut secara otomatis akan turut serta memberikan tunjangan hari raya kepada masing-masing karyawan dalam jumlah tertentu.

Tunjangan tersebut akan sangat membantu karyawan untuk mendapatkan uang tambahan selain dari gaji pokok yang mereka terima setiap bulan. Dengan begitu, maka mereka dapat menikmati liburan hari raya dengan lebih menyenangkan lagi.

3. Bonus Akhir Tahun

Salah satu hal yang paling disukai oleh setiap karyawan adalah keberadaan bonus akhir tahun. Secara umum, bonus ini akan diberikan ketika waktu menjelang akhir tahun dan tahun yang baru sudah ada di depan mata.

Meskipun begitu, bonus akhir tahun ini hanya akan diberikan sesuai dengan ketetapan perusahaan. Terkadang, ada beberapa karyawan yang menerima bonus akhir tahun karena mereka memberikan performa yang paling baik daripada karyawan lain, namun ada pula yang menerimanya karena ketentuan lainnya.

4. BPJS Ketenagakerjaan

Sama halnya seperti perusahaan-perusahaan besar yang lain, Pizza Hut juga turut serta memberikan fasilitas BPJS Ketenagakerjaan kepada karyawan. Seperti yang sudah diketahui, BPJS Ketenagakerjaan merupakan suatu program yang memberikan jaminan dan perlindungan sosial terhadap pekerja.

Dengan memiliki BPJS Ketenagakerjaan, maka karyawan akan mendapatkan perlindungan terhadap beberapa hal. Salah satunya yaitu risiko kecelakaan yang terjadi saat kerja, sehingga karyawan dan keluarga mereka pun akan merasa lebih aman ketika mereka sedang bekerja.

5. Fasilitas Kantin/Makan Gratis

Fasilitas lain yang begitu penting untuk kesejahteraan karyawan Pizza Hut adalah kantin. Kantin ini memiliki fungsi utama yaitu sebagai tempat bagi karyawan untuk makan makanan gratis yang sudah disediakan oleh perusahaan.

Dengan adanya makan gratis yang bergizi dan lezat ini, maka karyawan bisa menghemat pengeluaran mereka. Tidak hanya itu, namun karyawan Pizza Hut pun bisa mengisi kembali energi mereka yang terkuras karena sudah bekerja.

6. Fasilitas Untuk Karyawan Perempuan

Karyawan perempuan memiliki keistimewaan tersendiri karena mereka diberikan hak untuk cuti hamil, haid, dan juga melahirkan. Aturan ini mengikuti peraturan yang sudah tertulis di UU No. 13 tahun 2003, sehingga karyawan perempuan tidak akan mengalami kesulitan saat mereka sedang berhalangan untuk hadir di kantor.

7. Tunjangan Transportasi

Tidak semua karyawan memiliki kendaraan yang mereka bisa bawa untuk bekerja di Pizza Hut. Sehingga, terkadang mereka harus menggunakan transportasi umum untuk sampai di perusahaan secara tepat waktu.

Untuk meringankan beban tersebut, maka Pizza Hut turut menyediakan tunjangan transportasi untuk karyawan. Meskipun begitu, tunjangan ini hanya untuk posisi tertentu dan diberikan pada karyawan yang memenuhi kebijakan perusahaan.

Kesimpulan

Demikian artikel tentang gaji karyawan Pizza Hut dan informasi tambahan lain yang bisa menambah pengetahuan Bunda mengenai lingkungan pekerjaan di restoran ini. Apabila Bunda memang tergiur untuk bekerja di Pizza Hut karena fasilitas dan tunjangan yang menjanjikan, maka tidak ada salahnya untuk mempersiapkan diri dan dokumen yang sudah ada di atas.

Bagikan:

Eka Septi Abriyanti

Alumni Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang sangat suka dengan traveling serta kini aktif menulis di website dapurawit.com untuk konten profesi dan pekerjaan yang berkaitan dengan dunia kuliner. Memiliki pengalaman kerja sebagai karyawan di salah satu restoran ternama di Bandung.

Tinggalkan komentar