Gaji Karyawan Lawson Semua Posisi Terbaru 2024

Gaji Karyawan Lawson Semua Posisi Terbaru
Ilustrasi karyawan restoran, Source Image: Pixabay/StockSnap

Salah satu informasi yang kini sedang dicari oleh banyak orang adalah tentang gaji karyawan Lawson. Lawson sendiri adalah suatu perusahaan yang sering kali membuka lowongan pekerjaan untuk beberapa posisi tertentu.

Sebelum memutuskan untuk melamar ke Lawson, mengetahui tentang gaji karyawan pada perusahaan ini adalah hal yang penting. Dengan begitu, maka Bunda akan memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai seberapa besar gaji yang akan diterima.

Gaji Karyawan Lawson

Gaji Karyawan Lawson
Source Image: VOI

Lawson adalah perusahaan dalam bidang retail yang namanya sudah cukup melambung di kalangan masyarakat Indonesia sejak beberapa tahun lalu. Untuk mengetahui tentang gaji yang diterima oleh karyawan Lawson, perhatikan uraian berikut:

JABATAN/POSISIESTIMASI GAJI PER BULAN
SurveyorRp. 4.800.000
Crew MagangRp. 3.800.000
Store CrewRp. 4.700.000
Internal AuditRp. 5.800.000
Product DevelopmentRp. 5.600.000
Learning Design DevelopmentRp. 5.500.000
TrainerRp. 5.500.000
Leader Development ProgramRp. 6.900.000
Supply ChainRp. 5.700.000
ProcurementRp. 5.800.000
IT Android DeveloperRp. 6.100.000
Personalia StaffRp. 5.900.000
Civil & ME EstimatorRp. 5.900.000
Quality ControlRp. 6.100.000
Maintenance StoreRp. 4.900.000
Career Development & Assessment SpecialistRp. 7.100.000
Asisten PemasaranRp. 7.500.000
Asisten Manager KeuanganRp. 8.500.000
Koordinator LogistikRp. 10.000.000
Kepala TokoRp. 15.000.000
Manager KeuanganRp. 20.000.000
Supervisor GudangRp. 8.000.000
KasirRp. 4.000.000
Asisten Manager HRDRp. 7.500.000
Manager PemasaranRp. 18.000.000

Sejarah Lawson

Sejarah Lawson
Source Image: Bloomberg

Tidak lengkap rasanya apabila membahas tentang gaji Lawson tanpa turut serta mengupas mengenai profil dari perusahaan ini. Banyak orang yang mengira bahwa Lawson adalah perusahaan lokal, namun ternyata perusahaan Lawson adalah perusahaan yang berasal dari luar negeri.

Asal usul dari Lawson sendiri berasal dari Ohio, Amerika Serikat, yang didirikan pertama kali pada tahun 1939. Pada awalnya, Lawson adalah minimarket yang dikelola oleh seseorang bernama J. J. Lawson.

Minimarket tersebut berperan sebagai penyuplai susu yang perlahan-lahan menjadi begitu populer di masyarakat. Susu yang dijual oleh Lawson terkenal di kalangan publik karena rasanya yang begitu lezat dan segar, sehingga minimarket ini tidak pernah sepi dari kunjungan pembeli setiap pagi.

Seiring perkembangan dari minimarket tersebut, J. J. Lawson pun mendirikan suatu perusahaan baru bernama Lawson Milk Co. Perusahaan tersebut pun menghasilkan performa yang begitu positif, sehingga J. J. Lawson mengembangkannya menjadi toko yang turut serta menjual berbagai macam komoditas untuk kebutuhan sehari-hari.

Tahun 1959, Lawson Milk Co. berubah menjadi perusahaan yang melakukan kerja sama dengan perusahaan food & beverages raksasa sehingga namanya semakin terkenal. Tidak hanya di Amerika Serikat saja, namun Lawson juga mengembangkan jaringan tokonya hingga mencapai 11.174 gerai yang tersebar di luar negeri hingga saat ini.

Profil Lawson Indonesia

Profil Lawson Indonesia
Source Image: Harian Jogja

Sejarah Lawson memang sangat menarik, karena toko yang semula kecil ini bisa berubah menjadi toko yang tersebar di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, Lawson dinaungi oleh perusahaan lokal yakni PT Lancar Wiguna Sejahtera yang memiliki kantor pusat di Tangerang, yakni Gedung Alfa Tower.

PT Lancar Wiguna Sejahtera memiliki visi yaitu untuk menjadi perusahaan retail nomor satu yang di Indonesia dengan cara memberikan pelayanan terbaik dan memuaskan untuk seluruh pelanggan yang datang. Sementara itu, misi dari perusahaan ini adalah untuk memberikan pengalaman berbelanja yang nyaman serta menyenangkan bagi pelanggan.

Selama beberapa tahun terakhir, PT Lancar Wiguna Sejahtera telah mendapatkan apresiasi yang positif dari berbagai khalayak, bahkan perusahaan ini juga memperoleh penghargaan yang bergengsi. Salah satunya yaitu penghargaan “100 Top Foreign Company in Indonesia” pada tahun 2020, serta penghargaan “Best Company to Work for in Asia” pada 2019.

Berdasarkan dari penghargaan tersebut, bisa dikatakan bahwa Lawson merupakan perusahaan yang memiliki lingkungan baik untuk para karyawan. Hal itu tidak mengherankan, sebab PT Lancar Wiguna Sejahtera memang berusaha untuk menempatkan karyawan sebagai salah satu aset yang paling penting dalam perusahaan.

Syarat dan Kualifikasi Menjadi Karyawan Lawson

Syarat dan Kualifikasi Menjadi Karyawan Lawson
Source Image: Lombok Insider

Apabila Bunda merasa tertarik untuk menjadi karyawan Lawson, tentunya tidak boleh mengabaikan mengenai persyaratan serta kualifikasi yang harus dipatuhi. Berikut adalah beberapa syarat dan kualifikasi yang perlu diketahui untuk menjadi salah satu anggota karyawan Lawson Indonesia:

Syarat

  1. Fotokopi Kartu Keluarga, Ijazah, serta Kartu Tanda Penduduk.
  2. Foto diri yang terbaru.
  3. Sertifikasi Vaksin Covid-19.
  4. CV dan Surat Lamaran yang dibuat dengan rapi.
  5. SKCK yang masa berlakunya masih berlangsung.

Seluruh persyaratan tersebut bisa Bunda satukan ke dalam satu file dalam format PDF agar lebih mudah diakses dan dibaca oleh pihak HRD. Seluruh proses untuk seleksi kerja di Lawson bersifat gratis sepenuhnya sehingga tidak dipungut biaya sepeser pun.

Kualifikasi

  1. Minimal berusia 20 tahun.
  2. Tidak sedang berkuliah.
  3. Tinggi badan untuk calon karyawan wanita adalah 155 cm, sementara itu untuk laki-laki yaitu 165 cm.
  4. Tidak buta warna, bertindik, atau pun memiliki tato di tubuh.
  5. Berpenampilan rapi dan menarik.
  6. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.
  7. Pendidikan minimal SMA, SMK, atau pun sederajat.
  8. Berusia 18 sampai 25 tahun.
  9. Pria atau wanita yang masih lajang.

Hanya kandidat yang sudah memenuhi persyaratan dan kualifikasi saja yang nantinya dipanggil oleh pihak Lawson untuk mengikuti tahapan seleksi yang berikutnya. Apabila dokumen sudah terpenuhi dengan tepat dan Bunda memenuhi seluruh kualifikasi yang ditentukan, maka kemungkinan lolos pun akan tinggi.

Namun, perlu diketahui pula bahwa lowongan pekerjaan yang disediakan oleh Lawson bersifat sementara yang berarti bahwa lowongan itu bisa ditutup sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan dari pihak HRD. Oleh karena itu, bagi Bunda yang berminat maka usahakan untuk senantiasa mengikuti perkembangan informasi dari Lawson dan langsung lamar jika melihat ada lowongan yang sedang dibuka sehingga tidak ketinggalan.

Fasilitas dan Tunjangan Karyawan Lawson Indonesia

Fasilitas dan Tunjangan Karyawan Lawson Indonesia
Source Image: Lombok Insider

Tidak hanya gaji bulanan saja, namun menjadi karyawan Lawson Indonesia juga akan membuka kesempatan bagi Bunda untuk memperoleh banyak keuntungan lainnya. Sebab, Lawson telah menyediakan tunjangan dan fasilitas yang begitu mumpuni untuk membantu karyawan agar merasa puas ketika bekerja di perusahaan ini.

Seluruh fasilitas serta tunjangan tersebut terkadang diberikan kepada karyawan yang aktif dan mencapai target yang paling baik. Berikut adalah beberapa contoh fasilitas dan tunjangan dari Lawson yang bisa Bunda ketahui:

1. Asuransi Kesehatan dan Jiwa

Pertama, karyawan akan diberikan jaminan asuransi kesehatan dan jiwa yang bisa membantu keamanan seluruh karyawan ketika bekerja. Sebab, terkadang akan ada situasi yang sebelumnya tidak direncanakan atau diperkirakan dan membuat karyawan mengalami kecelakaan ketika sedang jam kerja.

Agar terhindar dari hal tersebut, maka perusahaan pun menyediakan asuransi yang bisa menjamin keselamatan dan keamanan dari karyawan. Dengan begitu, ketika terjadi kecelakaan tertentu karyawan tersebut tidak perlu merasa khawatir mengenai biaya kesehatan yang terlalu besar.

2. Fasilitas Parkir

Tentunya, setiap karyawan akan datang ke kantor perusahaan menggunakan kendaraan, baik itu kendaraan pribadi atau pun transportasi publik. Hal tersebut untuk membantu karyawan dalam melakukan aktivitas tertentu, oleh karena itu tersedianya fasilitas parkir adalah hal yang begitu penting.

Seluruh karyawan yang membawa kendaraan pribadi tidak perlu harus memarkirkan kendaraan mereka di tempat luar karena perusahaan telah menyediakan tempat yang bisa melindungi kendaraan itu. Risiko terjadinya pencurian atau pun kerusakan kendaraan pun juga menjadi lebih terminimalisir.

3. Bonus Kinerja

Untuk memberikan motivasi kepada seluruh karyawan Lawson agar mereka mempertahankan kinerja yang baik, maka perusahaan pun akan memberikan bonus kinerja pada karyawan yang pantas mendapatkannya. Bonus kinerja tersebut berupa uang tambahan yang bisa diterima oleh karyawan terbaik.

4. Cuti Tahunan

Setiap karyawan memerlukan waktu istirahat tertentu, baik itu untuk menyegarkan otak mereka atau pun karena memang ada kondisi tertentu yang membuat mereka tidak bisa datang kerja. Untuk itu, maka perusahaan memberikan cuti tahunan kepada setiap karyawan yang bekerja di perusahaan Lawson.

Cuti tahunan tersebut bisa diambil sewaktu-waktu selama beberapa hari tanpa ada pemotongan gaji. Akan tetapi, apabila terdapat karyawan yang menggunakan cuti tersebut sambil menyalahi aturan yang sudah tersedia, maka mereka akan mendapatkan sanksi tertentu dari perusahaan.

5. Makan Siang Gratis

Kebutuhan utama yang harus diterima oleh setiap karyawan yang bekerja di perusahaan adalah kebutuhan konsumsi mereka. Sebab, karyawan bekerja selama berjam-jam dan harus mengisi kembali energi yang mereka gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.

Dengan adanya makan siang gratis, maka karyawan Lawson tidak perlu memesan makanan dari luar atau harus keluar menuju restoran yang ada di luar kantor. Konsumsi gratis tersebut pun terdiri atas menu makanan yang lezat serta bergizi, sehingga karyawan akan merasa puas dengan makanan yang mereka konsumsi.

6. Pelatihan dan Pengembangan Karier

Meskipun karyawan Lawson sudah terbukti memiliki pengalaman yang banyak, akan tetapi terkadang perusahaan akan menyediakan pelatihan tertentu untuk membantu mereka dalam mengembangkan kariernya. Fasilitas yang satu ini disediakan oleh Lawson terhadap karyawan tertentu, khususnya yang masih baru.

Pelatihan tersebut tentunya bukan pelatihan yang bisa diremehkan begitu saja, sebab materi dan instruktur yang didatangkan terbukti memiliki kualitas tinggi. Dengan begitu, maka karyawan Lawson bisa berubah menjadi sosok yang lebih berkualitas lagi dan membantu perkembangan perusahaan menuju ke sisi yang lebih positif.

7. Fasilitas Tempat Ibadah

Lawson juga turut serta membangun tempat ibadah yang bisa digunakan dengan bebas oleh para karyawan mereka. Hal ini termasuk ke dalam hal yang penting, karena Lawson terbukti menjadi suatu perusahaan yang sangat menghargai kepercayaan yang dimiliki oleh setiap karyawan mereka.

Kontrak Kerja Lawson Indonesia

Kontrak Kerja Lawson Indonesia
Source Image: Fakta IDN

Setelah mengetahui rincian gaji, tunjangan dan persyaratan menjadi karyawan di Lawson Indonesia. Maka Bunda juga wajib tahu soal masa kontrak kerja di perusahaan ini.

Masa kontrak untuk bekerja di perusahaan Lawson Indonesia adalah selama 1 tahun. Setelah itu, maka karyawan memiliki kesempatan yang terbuka untuk menjadi karyawan tetap Lawson dan merasakan seluruh tunjangan yang dijanjikan.

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi lengkap mengenai gaji karyawan Lawson yang bisa Bunda perhatikan dan jadikan sebagai panduan sebelum melamar di perusahaan ini. Seperti yang sudah bisa Bunda ketahui, perusahaan ini menyediakan berbagai macam kelebihan dan keuntungan yang begitu menjanjikan, sehingga Bunda bisa melamar dengan memperhatikan persyaratan yang ada di atas.

Bagikan:

Eka Septi Abriyanti

Alumni Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang sangat suka dengan traveling serta kini aktif menulis di website dapurawit.com untuk konten profesi dan pekerjaan yang berkaitan dengan dunia kuliner. Memiliki pengalaman kerja sebagai karyawan di salah satu restoran ternama di Bandung.

Tinggalkan komentar