Gaji Karyawan Chatime Semua Posisi Terbaru 2024

Gaji Karyawan Chatime Semua Posisi Terbaru
Ilustrasi karyawan restoran minuman, Source Image: Canva/Streetwindy

Banyak sekali orang yang penasaran mengenai jumlah dari gaji karyawan Chatime yang diterima setiap bulannya. Hal ini sangat wajar, terutama jika orang tersebut memiliki rencana untuk melamar pekerjaan di Chatime.

Karena dengan mengetahui jumlah gaji yang diterima ketika bekerja di Chatime bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk melanjutkan melamar pekerjaan tersebut atau tidak. Untuk itulah, jika Bunda penasaran mengenai jumlah dari gaji dari karyawan Chatime bisa menyimak informasinya pada artikel di bawah ini.

Gaji Karyawan Chatime

Gaji Karyawan Chatime
Source Image: Portal Yogya

Perlu Bunda ketahui, jumlah gaji yang diterima oleh setiap karyawan Chatime bisa berbeda antara satu dengan yang lainnya. Setidaknya ada beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa jumlah gaji dari karyawan Chatime bisa berbeda.

Salah satu penyebab utama perbedaan jumlah gaji yang diterima oleh karyawan Chatime adalah jabatan dari karyawan tersebut. Nah, adapun jumlah gaji yang diterima oleh karyawan Chatime berdasarkan jabatannya adalah sebagai berikut:

JabatanGaji
BaristaRp.3.500.000-Rp.5.000.000
Area ManagerRp.8.000.000-Rp.10.000.000
Store LeaderRp.5.000.000-Rp.5.000.000
StaffRp.4.000.000-Rp.6.000.000
TeknisiRp.3.500.000-Rp.5.000.000
Karyawan Part TimeRp.2.500.000-Rp.3.000.000

Perlu Bunda ingat, jumlah gaji yang kami sajikan pada tabel di atas tersebut bukanlah jumlah pasti. Sebab, seringkali gaji yang diterima oleh karyawan Chatime berbeda dari data yang kami sajikan karena gaji tersebut seringkali menyesuaikan beberapa hal seperti UMR dari daerah Chatime didirikan.

Syarat Kerja Di Chatime

Syarat Kerja Di Chatime
Source Image: Jabarekspres

Jika Bunda ingin bekerja di Chatime, ada beberapa persyaratan dan kualifikasi yang harus dipenuhi. Sebab, jika tidak memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Chatime maka sudah pasti Bunda tidak akan diterima bekerja di sana.

Karena itu, sebelum melamar kerja di Chatime Bunda harus mengetahui persyaratannya terlebih dahulu. Nah, adapun persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin melamar kerja di Chatime adalah seperti di bawah ini:

1. Pendidikan Minimal SMA/SMK

Syarat pertama jika ingin diterima bekerja di Chatime minimal harus lulus SMA ataupun SMK. Untuk bagian karyawan dan barista di utamakan lulusan dari SMK tata boga, pariwisata, ataupun perhotelan.

Sedangkan untuk posisi yang lebih tinggi seperti manajer minimal memiliki pendidikan strata 1. Lebih baik lagi jika calon tersebut merupakan lulusan dari fakultas ekonomi bisnis, maka akan menjadi nilai tambah bagi kandidat tersebut.

2. Pengalam Minimal 2 Tahun

Sebenarnya syarat memiliki pengalaman setidaknya 2 tahun dibidang yang sama bukanlah merupakan syarat mutlak untuk bisa bekerja di Chatime. Namun, kandidat yang memiliki pengalaman kerja 2 tahun dibidang yang sedang dilamar sudah tentu akan diutamakan dibandingkan dengan kandidat lain yang masih belum berpengalaman.

Tetapi bagi yang kandidat yang belum memiliki pengalaman tidak perlu berkecil hati, sebab bukan tidak mungkin tetap bisa diterima meskipun belum memiliki pengalaman. Karena itu, bagi orang yang belum memiliki pengalaman namun ingin melamar pekerjaan di Chatime jangan ragu untuk tetap mencoba melamar kerja.

3. Maksimal 28 Tahun

Syarat berikutnya yang harus dipenuhi jika ingin bekerja di Chatime adalah usia pelamar maksimal 28 tahun. Untuk usia minimal pelamar harus sudah 18 tahun tidak boleh kurang, sebab jika kurang akan dianggap masih anak di bawah umur sehingga tidak akan diterima.

Untuk usia karyawan ini, juga tidak mutlak sebab beberapa posisi seperti manajer dan store leader boleh lebih dari 28 tahun. Hanya saja untuk staf, terutama barista memang harus di bawah 28 sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan  pemerintah.

4. Tinggi Badan Minimal

Bagi orang yang ingin melamar bekerja di Chatime, utamanya pada posisi barista harus memenuhi tinggi badan minimal yang ditetapkan perusahaan. Ada beberapa hal mengapa barista harus memenuhi tinggi badan yang telah ditentukan, namun alasan utamanya adalah agar mudah saat melayani pembeli.

Nah, untuk tinggi minimal cowok agar bisa diterima bekerja di Chatime adalah 165 centimeter, sedangkan untuk perempuan 158. Bagi pelamar yang memenuhi tinggi badan minimal dan memiliki berat badan yang ideal bisa memiliki kesempatan tinggi untuk diterima.

Selain itu untuk calon karyawan yang memiliki tinggi kurang 1 atau 2 centimeter dari tinggi badan minimal juga masih mungkin untuk diterima. Untuk itulah bagi Bunda yang tinggi badanya hanya kurang sedikit dari tinggi badan minimal tidak ada salahnya untuk tetap mencoba melamar kerja di Chatime.

5. Berpenampilan menarik

Beberapa orang mungkin beranggapan penampilan menarik haruslah cantik dan tampan. Padahal sebenarnya maksud dari kriteria ini adalah memiliki penampilan yang rapi, bersih, dan juga wangi sehingga menyenangkan untuk di pandang.

Sebab meskipun tidak terlalu tampan dan cantik, jika memiliki penampilan yang bersih, rapi, serta wangi akan membuat orang nyaman saat di dekat mereka. Nah, persyaratan ini harus dipenuhi karyawan Chatime terutama yang sering akan berinteraksi langsung dengan pelanggan misalnya barista agar para pelanggan merasa senang dan nyaman.

Dengan begitu kemungkinan pelanggan untuk datang kembali untuk membeli produk Chatime menjadi lebih tinggi. Hal ini tentunya akan sangat baik untuk kelangsungan bisnis dari Chatime karena bisa meningkatkan keuntungan yang didapatkan.

6. Sedia Kerja Di Hari Libur

Persyaratan berikutnya yang mungkin berat bagi banyak orang adalah harus bersedia kerja di hari libur, baik itu akhir pekan ataupun hari libur nasional. Alasan mengapa pekerja Chatime harus mau bekerja di hari libur adalah karena penjualan paling banyak terjadi pada saat seperti itu.

Inilah mengapa jika memutuskan untuk melamar kerja di Chatime artinya siap bekerja di hari libur. Jadi, setelah diterima tidak ada lagi mengeluh karena harus bekerja ketika orang lain sedang berlibur dan berkumpul dengan keluarga atau temannya.

7. Siap Ditempatkan Dimana Saja

Perlu Bunda ketahui, Chatime memiliki banyak sekali cabang yang tersebar di hampir seluruh kota yang ada di Indonesia. Karena itu, bukan tidak mungkin Bunda akan ditempatkan di cabang Chatime yang berbeda dari yang diinginkan.

Sebab, penempatan Chatime ini seringkali berdasarkan cabang yang sedang kekurangan dan membutuhkan pegawai baru. Jadi, pelamar tidak bebas untuk menentukan canang Chatime mana mereka ingin bekerja.

8. Siap Bekerja Dalam Tekanan

Bekerja di Chatime terutama yang langsung berhadapan dengan para pelanggan mengharuskan karyawan menghadapi situasi tak terduga dan penuh tekanan seperti misalnya menghadapi komplain dari pelanggan. Hal ini bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan, jika tidak memiliki mental dan kesabaran yang baik.

Sebab, apapun yang terjadi karyawan harus tetap mampu menjaga profesionalitasnya meskipun perasaannya sedang sangat buruk. Jadi, orang yang memiliki mental yang lemah alias mudah marah dan terbawa suasana besar kemungkinan tidak akan cocok bekerja di sini.

9. Mampu Berkomunikasi Dengan Baik

Syarat terakhir yang harus dipenuhi oleh karyawan Chatime adalah mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. Hal ini sangatlah penting dan diperlukan untuk posisi yang mengharuskan karyawan berhadapan dengan pelanggan.

Sebab, tanpa adanya kemampuan komunikasi yang baik akan rentan terjadi kesalahpahaman antara pelanggan dan karyawan. Hal ini tentunya bisa berdampak buruk, karena itu untuk menghindari hal tersebut karyawan harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Fasilitas dan Tunjangan Chatime

Fasilitas dan Tunjangan Chatime
Source Image: Fbindonesia

Seperti kebanyakan bisnis yang sudah memiliki nama yang besar, selain memberikan gaji pokok kepada karyawan Chatime juga memberikan berbagai fasilitas dan juga tunjangan. Hal ini dimaksudkan agar karyawan merasa betah dan senang bekerja di tempat tersebut sehingga performa kerja mereka akan tetap bagus.

Setidaknya ada beberapa tunjangan dan fasilitas yang bisa Bunda dapatkan jika menjadi karyawan dari Chatime. Nah, adapun fasilitas dan juga tunjangan yang akan didapatkan ketika menjadi karyawan Chatime adalah sebagai berikut:

1. BPJS

Fasilitas pertama yang akan didapatkan oleh karyawan Chatime adalah BPJS Ketenagakerjaan. Dengan mendapatkan BPJS ini tentunya akan memudahkan karyawan mengakses fasilitas kesehatan ketika membutuhkan pertolongan medis.

Jadi ketika karyawan Chatime sakit atau mengalami kecelakaan ketika bekerja yang menyebabkan mereka masuk rumah sakit, karyawan tidak akan terbebani dengan biayanya. Hal ini tentunya sangat menguntungkan sebab jika harus membayar biaya rumah sakit secara mandiri tentunya jumlahnya akan lebih banyak.

2. THR

Tunjangan hari raya merupakan sesuatu yang akan diperoleh oleh semua karyawan Chatime tanpa terkecuali. Diharapkan dengan tunjangan yang diberikan akan membuat karyawan yang merayakan hari raya tersebut akan bahagia.

Selain itu, pemberian tunjangan hari raya ini juga merupakan bentuk apresiasi kepada karyawan Chatime. Jadi tidak mengherankan jika hari raya adalah salah satu hari yang paling ditunggu oleh karyawan Chatime.

3. Seragam

Chatime akan memberikan seragam kepada semua karyawannya sehingga akan membuat mereka terlihat profesional. Pemberian seragam ini sebenarnya tidak hanya untuk menunjukkan kekompakan antar karyawan namun juga merupakan pembeda dengan pekerja dari usaha lainnya.

Meskipun pemberian seragam ini gratis, para karyawan tetap harus menjahitkan sendiri seragam tersebut jika ukurannya kurang pas. Namun hal tersebut bukanlah masalah besar sebab jika tidak bisa menjahit sendiri bisa menyewa jasa jahit yang harganya terjangkau.

4. Premi Lembur

Jika bekerja di Chatime, Bunda tidak perlu khawatir akan dimanfaatkan untuk bekerja melebihi kesepakatan tanpa mendapatkan apapun. Sebab, semua pegawai Chatime yang diminta lembur alias bekerja melebihi jam kerja akan mendapatkan premi lembur.

Sehingga setiap jam yang dilalui karena kerja lembur tidak akan sia-sia mendapatkan sejumlah uang kompensasi dari Chatime. Tentunya pemberian premi lembur ini akan membuat karyawan yang lembur tidak akan mengeluh.

Tidak hanya itu saja, pemberian premi lembur ini juga bisa membuat karyawan tetap semangat dan produktif. Sehingga baik karyawan dan juga perusahaan sama-sama diuntungkan dan tidak akan ada yang merasa dirugikan.

5. Gaji UMR

Ketika bekerja di Chatime, karyawan tidak perlu khawatir akan dibayar terlalu kecil. Sebab, pihak Chatime akan membayar karyawannya sesuai dengan jumlah UMR dari daerah Chatime tersebut didirikan.

Karena itu, jangan heran jika gaji Chatime bisa tidak sama karena gaji tersebut menyesuaikan UMR daerah dari Chatime didirikan. Jadi jika ingin mendapatkan gaji yang cukup besar Bunda harus bekerja di Chatime yang daerah didirikannya memiliki UMR yang besar juga.

Kesimpulan

Nah, itulah informasi mengenai gaji karyawan Chatime, syarat, dan juga tunjangan yang bisa didapatkan jika bekerja Chatime. Semoga informasi singkat yang kami sampaikan di atas bisa berguna utamanya bagi Bunda yang ingin melamar kerja di Chatime.

Bagikan:

Eka Septi Abriyanti

Alumni Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang sangat suka dengan traveling serta kini aktif menulis di website dapurawit.com untuk konten profesi dan pekerjaan yang berkaitan dengan dunia kuliner. Memiliki pengalaman kerja sebagai karyawan di salah satu restoran ternama di Bandung.

Tinggalkan komentar