13 Contoh Menu Acara Syukuran, Nasi Box dan Lauk Pauk

Cindy Pramistasari

Contoh Menu Acara Syukuran, Nasi Box dan Lauk Pauk
Contoh Menu Acara Syukuran, Nasi Box dan Lauk Pauk, Source Image: Dapurawit.com

Contoh Menu Acara Syukuran – Sebagian orang biasanya lebih suka membeli dan memesan nasi kotak untuk acara syukurannya, tanpa mencari tahu contoh menu acara syukuran yang paling sering dipilih di Indonesia. Sebenarnya ada beberapa contoh menu untuk acara syukuran yang dapat menjadi ide bagi orang-orang yang hendak mengadakan acara ini.

Umumnya, nasi kotak dibanderol harga sekitar Rp20.000,- sampai Rp25.000,- per kotak dengan pilihan lauk pauk yang cukup beragam. Namun, ada beberapa tempat katering yang tidak memberikan kesempatan kepada pelanggannya untuk memilih lauk pauknya sendiri.

Ini menjadi salah satu alasan kenapa akhirnya orang-orang lebih suka memasaknya sendiri atau membeli menu acara syukuran yang lauk pauknya bisa dipilih sendiri oleh pelanggan. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan contoh-contoh menu untuk acara syukuran yang bisa dimasak dalam porsi besar.

Kenapa menu acara syukuran harus dibuat dalam porsi yang besar? Karena biasanya acara seperti ini akan mengundang banyak tamu sekaligus, sehingga Bunda harus mengenal contoh-contoh menunya dengan baik!

Contoh Menu Acara Syukuran Lengkap dan Hemat

Sejak sebelum acara syukuran ditetapkan tanggalnya, orang-orang disarankan untuk mencari tahu contoh-contoh menu yang bisa disajikan terlebih dahulu. Sebab, tidak semua hidangan Indonesia cocok untuk dijadikan sebagai suguhan pada saat acara syukuran di rumah maupun di sebuah gedung tertentu.

Hal ini terjadi karena umumnya menu acara syukuran membutuhkan porsi yang lebih besar dibanding jenis-jenis hidangan di acara penting lainnya. Lantas, apa saja contoh menu hidangan untuk acara syukuran yang patut dicoba?

1. Bihun Goreng Khas Jawa

1. Bihun Goreng Khas Jawa

Sebagian besar masyarakat Indonesia memang lebih suka memakan nasi dibanding jenis karbohidrat lainnya. Namun, hal ini bukan berarti semua orang di Indonesia tidak suka saat diberi suguhan makanan berat yang bukan nasi.

Bihun goreng khas Jawa adalah salah satu jenis makanan berat yang tidak terbuat dari nasi, tapi disukai oleh banyak orang di Indonesia. Hal ini terjadi karena masakan bihun umumnya dilengkapi dengan berbagai lauk lezat seperti irisan bakso, sosis, telur, sawi putih, sawi hijau, dan aneka sayur segar lainnya.

Berbagai ide menu untuk acara yang enak:

Menu Arisan RT Sore Hari IniMenu Kue Untuk Arisan
Menu Arisan Murah MeriahMenu Arisan Malam Hari Ini
Menu Prasmanan SundaMenu Prasmanan Jawa
Menu Catering PernikahanDaftar Menu Nasi Kotak Harga 25000

Untuk memasak bihun goreng khas Jawa yang kenyal dan lezat, Bunda harus merendam bihun mentahnya terlebih dahulu di dalam air hangat maupun air dingin. Dengan merendam bihun mentah di dalam air hangat atau air dingin seperti ini, tekstur bihun saat matang nanti dapat lebih kenyal dan lezat.

Setelah bihun direndam selama beberapa saat, Bunda dapat memasaknya dengan menambahkan beberapa aneka lauk yang lezat. Tidak hanya bakso dan sosis, tapi bihun goreng juga bisa dimasak dengan menambahkan ayam iris, daging sapi, bakso ikan, dan lain sebagainya.

2. Tumpeng Nasi Kuning dengan Aneka Lauk yang Lezat

2. Tumpeng Nasi Kuning dengan Aneka Lauk yang Lezat

Saat membahas tentang hidangan yang paling identik dengan acara syukuran di Indonesia, maka orang-orang pasti akan langsung mengingat hidangan tumpeng nasi kuning. Tidak hanya memiliki bentuk yang unik dan menarik, tapi rasa gurih dari nasi kuning ini juga membuatnya disukai oleh banyak orang.

Biasanya, tumpeng nasi kuning disajikan bersama dengan aneka jenis lauk seperti ayam goreng, ayam suwir pedas, orek tempe kering, orek tempe basah, telur dadar iris, dan lauk-lauk seperti ini lainnya. Namun, ada beberapa tempat katering juga yang memperbolehkan pelanggannya untuk memilih jenis lauknya sendiri.

Resep nasi tumpeng yang mudah dibuat:

Resep Nasi Tumpeng Harga 200 RibuResep Nasi Tumpeng Merah Putih

Semakin bagus tampilan tumpeng yang dibuat, maka para tamu akan semakin tertarik untuk mencobanya. Jadi, bisa dibilang daya tarik dari hidangan ini tidak hanya terletak pada cita rasanya saja, tapi pada penampilan atau visualnya juga.

Sementara untuk ukuran tumpeng yang akan dipesan oleh setiap pelanggan sendiri dapat disesuaikan menurut kebutuhannya masing-masing. Sebagai contoh, acara syukuran hanya akan dihadiri oleh 10 tamu undangan, maka ukuran tumpeng yang harus disediakan tidak perlu terlalu tinggi dan besar.

3. Nasi Liwet Khas Sunda

3. Nasi Liwet Khas Sunda

Rasanya mungkin cukup mirip dengan nasi kuning, tapi sebenarnya nasi liwet berbeda dengan nasi kuning seperti sebelumnya. Jika nasi kuning memiliki warna kuning yang berasal dari kunyit, untuk nasi liwet sendiri memiliki warna putih seperti warna nasi pada umumnya.

Beberapa tahun yang lalu nasi liwet hanya bisa kita nikmati pada saat berkunjung ke salah satu daerah Sunda. Namun, seiring berjalannya waktu makanan ini semakin mudah kita temukan di daerah Indonesia lainnya, bahkan sering disajikan sebagai menu acara syukuran juga.

Salah satu kelebihan dari hidangan ini adalah aromanya tergolong sangat kuat dan harum, sehingga orang-orang di dekatnya akan langsung tertarik untuk mencobanya. Umumnya, nasi liwet khas Sunda akan disajikan dengan menu pendukung lain yang di antaranya adalah ayam goreng, lalapan segar, tahu goreng, tempe goreng, dan lain sebagainya.

Keberadaan menu pendukung ini akan membuat kelezatan hidangan semakin terasa, sehingga tamu undangan tidak akan kecewa setelah mencobanya. Namun, tidak semua orang bisa memasak nasi liwet dengan lezat, jadi biasanya orang-orang lebih suka memesannya di tempat katering.

4. Nasi Kotak Selamatan dengan 4 Macam Lauk

4. Nasi Kotak Selamatan dengan 4 Macam Lauk

Di bagian awal artikel ini kami sudah menyebutkan bahwa nasi kotak dapat menjadi pilihan terbaik bagi orang-orang yang hendak menyelenggarakan acara syukuran. Hal ini terjadi karena proses pembuatannya jauh lebih praktis dan lauknya pun cukup bervariasi.

Sebagian orang mungkin mengira nasi kotak hanya cocok untuk acara syukuran di rumah saja, tapi sebenarnya nasi kotak juga cocok disajikan di gedung, balai desa, dan tempat-tempat seperti ini lainnya. Kelebihan dari hidangan ini tidak berhenti sampai di situ saja, karena nasi box atau nasi kotak bisa dibawa pulang dengan mudah.

Jika dibandingkan dengan menu prasmanan, sebagian orang menganggap nasi kotak jauh lebih praktis. Alasannya adalah karena pihak penyelenggara jadi tidak perlu mencuci piring setelah acara selesai.

Tidak hanya itu, pihak penyelenggara acara juga hanya perlu membagikan nasi kotak yang sudah siap tersebut kepada para tamu undangan. Jadi, tidak ada antrean yang dapat membuat para tamu undangan merasa risih dan malas menunggu.

5. Tumpeng Nasi Merah Putih untuk Merayakan Kemerdekaan

5. Tumpeng Nasi Merah Putih untuk Merayakan Kemerdekaan

Orang-orang mungkin lebih sering melihat dan mendengar tumpeng nasi kuning dibanding tumpeng nasi merah putih. Pasalnya, tumpeng nasi merah putih hanya bisa disajikan pada saat acara syukuran hari kemerdekaan Indonesia, yaitu pada tanggal 17 Agustus.

Kendati demikian, hal ini tidak membuat tumpeng nasi merah putih tidak bisa dipilih untuk melengkapi acara syukuran lainnya, seperti acara kumpul keluarga, lamaran, dan acara penting lainnya. Semua dapat disesuaikan dengan keinginan Bunda, apakah mau mencoba menu hidangan yang satu ini atau tidak mau mencobanya.

Meski tumpeng nasi yang berwarna merah putih ini memiliki tampilan yang berbeda dengan tumpeng pada umumnya, tapi hal ini tidak membuat menu pelengkap yang ada di sekelilingnya tidak sama. Sebab, aneka macam lauk untuk tumpeng nasi kuning juga bisa dipakai pada hidangan ini.

Ayam bakar, orek tempe kering, orek tahu kering, ayam goreng, dan telur dadar iris dapat menjadi menu pelengkap hidangan ini. Ketika menu acara syukuran ini disajikan bersama dengan aneka jenis lauk lezat yang bervariasi, maka para tamu undangan akan lebih merasa senang.

6. Aneka Jajanan Tradisional dan Rebusan

6. Aneka Jajanan Tradisional dan Rebusan

Ada sebagian orang yang lebih suka menyuguhkan jajanan tradisional dan masakan rebusan kepada para tamu undangannya. Hal ini terjadi karena harganya jauh lebih murah dan variasinya pun lebih beragam.

Beberapa jenis jajanan tradisional yang dapat disajikan sebagai menu acara syukuran adalah klepon, bugis mandi, kue lupis, risol sayur, sosis solo, panada, dan lain-lainnya. Jika acara syukuran akan dihadiri oleh tamu anak-anak, maka Bunda harus menyediakan jajanan tradisional yang tidak pedas.

Namun, jika acara tersebut hanya akan dihadiri oleh tamu dewasa saja, maka tidak masalah untuk menyediakan jajanan yang pedas sekalipun. Sementara untuk beberapa jenis masakan rebusan yang dapat disajikan selama acara syukuran adalah ubi ungu, jagung rebus, pisang rebus, dan masih ada banyak lagi lainnya.

7. Ayam Goreng Ungkep + Lalapan + Sambal Tomat

7. Ayam Goreng Ungkep Lalapan Sambal Tomat

Ayam goreng sering dianggap sebagai menu wajib untuk acara syukuran. Tidak hanya sering disajikan dalam acara syukuran yang sederhana saja, tapi ada banyak orang juga yang menyediakan menu ini di acara yang sedikit mewah.

Ayam goreng akan selalu disajikan bersama dengan nasi hangat, agar kelezatan dagingnya bisa lebih terasa. Menu ini tidak hanya cocok dengan nasi putih biasa, tapi juga nasi kuning, nasi goreng, dan aneka hidangan nasi lainnya.

Kumpulan resep ayam yang enak:

Resep Ayam Goreng Bawang PutihResep Ayam Goreng Lengkuas Ala Restoran
Resep Ayam Goreng Ungkep EmpukResep Ayam Enak Untuk Buka Puasa
Resep Sup Kimlo Ayam BaksoResep Ayam Khas Imlek Sederhana
Resep Soto Ayam XanderskitchenResep Dimsum Ayam Udang Ny Liem

Perpaduan rasa asin dari ayam goreng dan gurih dari rasa nasinya akan membuat tamu undangan lebih merasa kenyang. Apalagi jika Bunda menyediakan lalapan segar dan sambal tomat juga.

Tak perlu bingung untuk membuatnya, karena resepnya sekarang sudah ada banyak di internet, sehingga Bunda bisa memasaknya sendiri di rumah bersama keluarga. Namun, jika Bunda tidak mau ribet dengan memasaknya sendiri, maka lebih disarankan untuk memesannya dari tempat lain.

8. Sate Daging Sapi dan Kambing

8. Sate Daging Sapi dan Kambing

Hidangan daging sapi dan kambing tidak termasuk jenis hidangan yang bisa kita nikmati dalam kehidupan sehari-hari, dan biasanya jenis hidangan ini lebih sering dinikmati pada acara penting tertentu. Biasanya, daging sapi dan kambing lebih sering diolah menjadi hidangan sate yang jauh lebih praktis dan cita rasanya pun enak.

Untuk membuat daging dari hidangan ini tidak bau, Bunda memang harus mengetahui trik memasaknya dengan baik. Namun, setelah mengetahui cara menghilangkan bau amis tersebut, sate bisa dimasak dengan mudah.

Sate daging sapi serta daging kambing ini bisa disajikan dengan bumbu kacang selayaknya hidangan sate yang terjual di luar sana, tapi bisa juga disajikan dengan sambal kecap untuk membuatnya terasa lebih unik. Yang terpenting, Bunda harus menyesuaikan menu acara syukuran dengan tamu undangan yang akan hadir di acara tersebut.

9. Ceker dan Otak-Otak Kuah Pedas

9. Ceker dan Otak Otak Kuah Pedas

Untuk menu yang satu ini lebih cocok disajikan pada acara syukuran yang lebih santai bersama dengan teman-teman maupun kerabat dekat. Kendati demikian, Bunda juga bisa menyajikan menu pedas yang satu ini bersama dengan menu acara syukuran yang telah kami sebutkan sebelumnya.

Ceker dan otak-otak kuah pedas tidak hanya cocok untuk dimakan langsung, tapi juga cocok untuk dijadikan sebagai lauk nasi putih. Salah satu alasannya adalah karena sebagian besar masyarakat Indonesia suka dengan hidangan pedas.

Bahkan, sampai sekarang hidangan pedas menjadi jenis hidangan yang selalu habis dan masih sering dicari oleh para tamu undangan di awal acara. Jadi, tidak ada salahnya untuk menyediakan menu ini pada acara selamatan atau syukuran yang hendak diselenggarakan di beberapa hari tertentu.

10. Kentang Mustofa Pedas dan Renyah

10. Kentang Mustofa Pedas dan Renyah

Salah satu alasan kenapa kentang mustofa semakin disukai oleh banyak orang adalah karena rasanya yang pedas dan teksturnya yang renyah. Karena bahan dasar untuk membuat hidangan ini hanyalah kentang dan beberapa bumbu sederhana saja, jadi biaya masaknya tergolong murah.

Tidak hanya kentang, ada beberapa bahan lainnya yang harus disiapkan juga untuk membuat kentang mustofa yang enak yakni cabai rawit (jumlah bisa disesuaikan selera), bawang putih, bawang merah, dan cabai merah keriting. Namun, waktu membuat menu pelengkap ini cenderung lebih lama dibanding kentang balado.

Sebab, kentang harus dimasak hingga kering untuk membuatnya renyah. Kendati demikian, waktu luang selama memasak kentang hingga kering ini bisa digunakan untuk memasak aneka lauk pauk lainnya untuk acara syukuran yang sama.

11. Ikan Bawal Bumbu Kuning

11. Ikan Bawal Bumbu Kuning

Untuk melengkapi aneka menu yang telah disediakan sebelum acara syukuran tiba, Bunda bisa memasak ikan bawal bumbu kuning yang segar dan lezat. Lalu, bagaimana jika tidak tahu cara memasak hidangan ini dengan benar?

Maka Bunda bisa memesannya di tempat katering yang terpercaya mengenai cita rasanya. Ikan bawal bumbu kuning memiliki cita rasa yang gurih dan kaya rempah, sehingga hidangan ini sangat disukai oleh orang-orang dewasa.

Biasanya, ikan bawal bumbu kuning akan disajikan bersama dengan nasi putih hangat yang dapat membuat rasanya lebih lezat dibanding menu-menu lainnya. Selain ikan bawal, sebenarnya ikan kakap juga bisa dimasak bumbu kuning dan rasanya pun tidak jauh berbeda.

12. Bubur Merah Putih Hangat

12. Bubur Merah Putih Hangat

Ada sebagian orang di Indonesia yang menjadikan bubur merah putih hangat ini sebagai makanan penutup saat menghadiri acara syukuran tertentu. Tidak hanya sering disajikan pada acara syukuran 17 Agustus saja, tapi bubur merah putih juga sering disajikan pada acara Tahun Baru Islam.

Bubur merah putih termasuk hidangan khas Indonesia yang memiliki makna tersendiri, yaitu untuk menghindarkan manusia dari berbagai keburukan yang ada di dunia ini. Jadi, bubur merah putih cocok untuk disajikan dalam acara syukuran.

13. Urap Sayuran dengan Parutan Kelapa Segar

13. Urap Sayuran dengan Parutan Kelapa Segar

Beberapa jenis sayuran yang cocok untuk dijadikan sebagai hidangan urap adalah kangkung, bayam, kacang panjang, buncis, dan lain sebagainya. Nantinya, aneka jenis sayuran ini dapat disajikan bersama dengan parutan kelapa segar yang pedas maupun tidak pedas.

Kumpulan resep sayur yang cocok untuk dimasak di rumah:

Resep Masak Sayur Untuk SahurResep Sayur Sop Ceker
Resep Sayur Bayam Bening Tanpa Temu KunciCara Masak Sayur Nangka Santan
Resep Sayur Lodeh JawaCara Masak Sayur Nangka Santan Pedas
Resep Sayur Daun SingkongResep Sayur Labu Siam Santan

Untuk memasak urap sayuran tidak dibutuhkan waktu yang lama dan tenaga yang besar. Sebab, aneka jenis sayuran yang telah disiapkan tersebut hanya perlu direbus hingga matang, lalu dicampur dengan parutan kelapa yang telah dibumbui.

Kesimpulan

Ada banyak contoh menu acara syukuran yang dapat Bunda jadikan referensi saat merencanakan acara tersebut. Hal terpenting dalam hal ini adalah pilih menu yang sesuai dengan selera tamu Bunda, agar para tamu bisa pulang dengan senang setelah menghadiri acara tersebut.

Bagikan:

Tags

Cindy Pramistasari

Seorang wanita yang selalu ingin mandiri dan tidak ingin merepotkan orang lain.

Tinggalkan komentar