Cara Merebus Nangka Muda Agar Tidak Pahit

Cara Merebus Nangka Muda Agar Tidak Pahit
Cara Merebus Nangka Muda Agar Tidak Pahit, Source Image: YouTube Channel Helni Kitchen

Cara memasak yang salah dapat menjadikan cita rasa dan hasil masakan juga berbeda. Karena itu, di sini kami akan membahas cara merebus nangka muda agar tidak pahit yang bisa bunda dapurawit coba.

Kalau selama ini bunda seringkali merasa gagal memasak nangka muda karena rasanya pahit, dengan tips ini masalah tersebut tidak akan terjadi lagi. Seperti apa tipsnya? Yuk simak informasinya bunda!

Cara Merebus Nangka Muda Agar Tidak Pahit

proses merebus nangka tidak pahit
Source Image: YouTube Channel Hilsa Maspupah

Nangka muda terkenal sebagai bahan makanan yang memiliki getah. Cita rasa pahit dalam masakan sayur nangka, seringkali terjadi ketika getah tersebut termakan karena tidak dibersihkan secara sempurna.

Untuk itu sebelum nangka muda direbus, getahnya harus dipastikan sudah dibersihkan. Selain itu, cara merebus nangka muda agar tidak pahit juga perlu dipahami bunda dapurawit yang akan memasak atau mengolah sayur nangka.

Nama resepSayur nangka muda
KategoriSayur, lauk
Waktu penyajian50 – 60 menit, tergantung akan dimasak apa
Jumlah penyajian4 – 6 porsi

Berikut cara membersihkan dan merebus nangka muda agar empuk dan pastinya tidak pahit :

  • Dibersihkan Bersamaan dengan Perebusan

Nangka memang terkenal dengan getah yang menempel dan sulit dihilangkan. Untuk membersihkan getah nangka, bunda dapurawit tidak perlu mencucinya.

Lalu bagaimana cara membersihkannya?

  • Ambil plastik
  • Gunakan plastik sebagai sarung tangan
  • Buang pulut atau getah nangka dengan menggunakan plastik tersebut sampai pulutnya tinggal sedikit atau bahkan bersih seluruhnya.
  • Rebus untuk menghilangkan pulut lebih baik, menghilangkan kuman, menghilangkan kotoran dan membuat nangka muda jadi lebih empuk.

Pastikan merebus nangka muda menggunakan air baru supaya rasa yang dihasilkan tepat. Sebagai informasi, pencucian tidak diperlukan untuk nangka muda.

Nangka muda yang tidak dicuci dan langsung direbus untuk dibersihkan dapat membuat cita rasa olahan jadi lebih gurih, dan aromatik.

  • Masak Nangka Sesuai Resep Masakan yang Diinginkan

Jika nangka sudah melalui proses perebusan, masak nangka sesuai resep yang diinginkan. Gunakan api sedang dalam proses perebusan nangka kembali.

Hindari merebus nangka untuk kedua kalinya terlalu lama karena dapat menjadikan nangka muda ‘nyunyut’ atau hancur. Lebih baik masukkan terakhir ke dalam resep masakan ketika semua bahan sudah dimasukkan.

Tips Memilih Nangka Muda yang Enak dan Tidak Pahit

Tips Memilih Nangka Muda yang Enak dan Tidak Pahit
Source Image: Resepkoki

Selain cara merebus nangka muda yang perlu diperhatikan, pemilihan nangka muda yang akan dimasak juga harus tepat.

Perhatikan beberapa hal berikut dalam pemilihan nangka muda yang akan dimasak :

  • Perhatikan Jenis Masakan

Beda jenis nangka ternyata beda juga hasil olahannya. Terdapat dua jenis nangka muda yang kita dapat temukan yakni nangka muda dengan daging berwarna putih, dan nangka muda dengan daging berwarna merah.

Nangka muda yang dagingnya berwarna putih cocok dijadikan sayur lodeh. Nangka muda yang dagingnya berwarna merah, cocok untuk dimasak dijadikan gudeg.

Nangka muda merah memiliki tekstur yang lebih keras dibandingkan nangka muda putih, sehingga tidak akan mudah hancur ketika dimasak lama dalam proses pembuatan gudeg.

  • Perhatikan Kesegaran dan Warnanya

Menemukan nangka muda yang tidak memiliki getah? Jangan senang dulu!.

Bisa jadi nangka tersebut sudah tak lagi segar. Nangka segar justru memiliki ciri bergetah dan lengket kalau dipegang.

Warna buah nangka juga perlu diperhatikan. Jika warnanya putih susu, itu artinya bahwa nangka masih segar.

Namun jika warnanya kecoklatan dan agak kusam, itu artinya bahwa nangka sudah sisa kemarin atau merupakan nangka yang tidak laku terjual. Cita rasanya juga akan lebih tidak gurih atau lebih pahit.

  • Perhatikan Biji Nangka

Coba perhatikan biji nangka muda yang dibeli. Pilih nangka muda dengan biji yang ukurannya masih kecil karena tekstur nangkanya lebih pulen dan rasanya lebih gurih.

  • Perhatikan Tekstur Nangka Muda

Meski masih belum matang, tekstur nangka muda yang berkualitas adalah lembut. Untuk memastikan nangka muda tersebut lembut atau tidak, bunda dapurawit bisa menekan buah dengan jempol.

Kalau teksturnya tidak keras ketika ditekan dengan jempol, maka artinya nangka muda tersebut baik dan tekstunya juga lembut.

Kesimpulan

Rasa pahit getah nangka muda tidak perlu dicuci untuk menghilangkannya melainkan perlu dihilangkan dengan cara direbus. Selain itu, pemilihan jenis nangka diperlukan disesuaikan dengan jenis masakannya. Itulah tips cara merebus nangka muda agar tidak pahit yang kami dapat berikan untuk bunda dapurawit yang ingin memasak olahan nangka muda. Selamat mencoba tips di atas dan jadikan masakan lebih spesial.

Bagikan:

Tags

Ari Prasetyo

Blogger dan pecinta kuliner yang suka berkunjung ke berbagai restoran serta cafe yang nantinya akan di review serta di publikasikan di website dapurawit.

Tinggalkan komentar