Cara Merebus Iga Sapi Agar Cepat Empuk Tanpa Presto

Damara

Cara Merebus Iga Sapi Supaya Cepat Empuk Tanpa Presto
Cara Merebus Iga Sapi Agar Cepat Empuk Tanpa Presto, Source Image: Bola

Daging iga sapi yang empuk bisa didapatkan dengan cara masak yang tepat. Tidak harus menggunakan alat presto, asal tahu cara merebus iga sapi agar cepat empuk tanpa presto maka iga sapi empuk niscaya didapatkan.

Mengenai seperti apa cara merebus iga sapi agar cepat empuk tanpa perlu menggunakan alat presto, bisa bunda dapurawit simak dalam informasi berikut!

Cara Merebus Iga Sapi Agar Cepat Empuk Tanpa Presto

Cara Merebus Iga Sapi Agar Cepat Empuk Tanpa Presto
Source Image: YouTube Devina Hermawan

Iga sapi yang alot dapat mengurangi cita rasa masakan. Seenak apapun bumbu yang disiapkan, kalau iga sapinya alot tentu cita rasanya akan berkurang.

Oleh sebab itu, agar kenikmatan iga sapi yang diolah tidak berkurang, maka cara masak yang tepat diperlukan. Cara masak iga sapi yang tepat supaya empuk dimulai dari cara merebusnya.

Nama resepMerebus iga sapi tanpa presto
KategoriMasakan daging
Waktu penyajian25 – 30 menit
Jumlah penyajianTergantung berat daging

1. Gunakan Metode Blanching

Bagaimana metode blanching diterapkan?

Metode blanching diterapkan dengan cara merebus iga secara singkat dalam air mendidih. Jadi pertama didihkan air lebih dulu.

Pada air yang sudah mendidih, masukkan iga yang akan diolah. Kalau sudah matang, buang air rebusannya.

Air rebusan dibuang dengan tujuan menghilangkan aroma tak sedap dan kotoran pada daging. Cara ini bisa diterapkan jika iga akan diolah kembali menjadi semur, atau sup.

2. Rebus Bersama Api Kecil

Merebus air menggunakan api kecil bisa dilakukan dengan cara mendidihkan air, kemudian masukkan iga sapi yang sudah direbus singkat atau sudah melalui tahap blanching.

Masak daging dengan api kecil sebagai metode rebusan kedua sampai terasa empuk sembari buang kotoran yang terangkat atau menggumpal.

3. Merebus Dua Kali

Siapkan panci, rebus iga pertama kali dengan air selama lima menit. Buang airnya, kemudian cuci iga dengan air dingin yang mengalir.

Siapkan proses perebusan kedua. Didihkan sekitar 1,5 liter air.

Masukkan iga yang sudah dicuci ke rebusan 1,5 liter air dan diamkan 1,5 jam dengan kondisi panci tertutup. Jika sudah, iga bisa diolah kembali menjadi aneka masakan atau kalau buat sup bisa langsung ditambah aneka rempah dan bumbu pada perebusan kedua ini.

4. Direbus Pakai Jeda

Menggunakan api besar, rebus air pada panci sampai benar – benar mendidih. Setelah itu, masukkan iga sapi kemudian tutup dan masak selama lima menit.

Baca Juga:   Resep Batagor

Matikan kompor dan diamkan iga di dalam panci tertutup selama kurang lebih 30 menit. Kalau sudah, nyalakan kembali kompornya.

Setelah kompor menyala, rebus kembali daging menggunakan api besar selama 7 menit. Buang kotoran dari dalam panci dan iga siap diolah.

Selain cara masak yang harus tepat, iga sapi yang dipilih juga kualitasnya harus bagus supaya hasil masakannya pun sempurna. Tidak bau, tidak alot, dan empuk.

Seperti apa tips yang tepat dalam memilih daging iga sapi untuk diolah?

Tips Memilih Iga Sapi yang Empuk dan Bagus

Tips Memilih Iga Sapi yang Empuk dan Bagus
Source Image: Idntimes

Cek Aroma

Kualitas perlu diperhatikan dalam memilih daging yang akan diolah. Pastikan aroma daging iga sapi yang akan dipilih masih segar dan tidak ada bau busuk.

Aroma darah yang segar dan tidak anyir dapat menjadi salah satu tanda bahwa  aroma daging tersebut masih fresh.

Cek Warna

Perhatikan baik – baik warnanya. Jika iga terlihat warnanya memudar atau pucat, maka artinya daging tersebut tidak bagus.

Tapi jika daging iga berwarna merah segar, maka hal itu berarti bahwa daging dalam kondisi bagus dan fresh.

Pastikan Daging Iga Sapi Masih Muda

Iga sapi yang masih muda merupakan jenis daging yang lebih mudah empuk ketika direbus atau diolah dengan cara lainnya.

Ciri daging iga yang masih muda bisa dilihat dari lapisan lemaknya. Jika lapisan lemak daging tersebut berwarna putih dan tipis, artinya daging masih muda.

Hindari memilih iga yang memiliki lapisan lemak tebal atau bahkan terlalu tebal dan berurat, karena tandanya daging sudah agak tua dan butuh waktu lama mengolahnya agar empuk.

Kesimpulan

Pastikan cara merebus iga sapi agar cepat empuk tanpa presto diperhatikan. Selain merebus dengan cara yang tepat, pastikan pemilihan dagingnya juga bagus untuk menunjang kualitas hasil masakan. Demikian informasi yang kami dapat bagikan kali ini untuk bunda dapurawit, selamat mencoba tips di atas ya!.

Bagikan:

Tags

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar