2 Cara Mengetahui Password Wifi Restoran Paling Mudah

Dian Larasati

Cara Mengetahui Password Wifi Restoran Paling Mudah
Cara Mengetahui Password Wifi Restoran Paling Mudah, Source Image: Sharkwifi

Saat pergi ke restoran, biasanya tersedia wifi tapi tidak tahu passwordnya, lalu bagaimana cara mengetahui password wifi restoran? Ada dua cara mudah yang bisa Bunda lakukan.

Dua cara mudah ini juga bisa Bunda terapkan ketika menemukan wifi di tempat publik lainnya. Dengan begitu, Bunda bisa mendapatkan akses wifi secara gratis dimanapun.

Cara Mengetahui Password Wifi Restoran

Memang ada beberapa restoran yang menyediakan akses wifi secara free dan tidak berpassword. Tapi jika menemui restoran yang wifinya di password, ini yang bisa Bunda lakukan.

1. Cara Mengetahui Password Wifi Restoran Pakai Aplikasi

1. Cara Mengetahui Password Wifi Restoran Pakai Aplikasi
Source Image: Eraspace

Cara mudah pertama yang bisa Bunda lakukan adalah menggunakan bantuan aplikasi yang bisa dipasang pada gadget atau ponsel. Berikut ini adalah rekomendasi beberapa aplikasi untuk membobol password wifi di restoran.

Aplikasi Wifi Map

Wifi Map menjadi aplikasi yang cukup populer dan efektif untuk mengetahui password wifi. Wifi Map juga tersedia di Google Play Store dan bisa Bunda unduh dengan gratis.

Aplikasi ini menggunakan database crowdsourcing atau pencarian database dari suatu jaringan wifi. Aplikasi ini menggunakan akses lokasi pada smartphone Bunda untuk menyadap wifi di restoran yang Bunda kunjungi.

Nantinya di aplikasi ini akan terlihat daftar jaringan wifi di sekitar Bunda, termasuk wifi restoran lengkap dengan passwordnya. Setelah itu Bunda tinggal copy paste saja password wifinya dan coba hubungkan dengan wifi di restoran tersebut.

Aplikasi WPS Connect

Aplikasi lain yang bisa Bunda gunakan untuk mendapatkan password wifi restoran adalah WPS Connect. Aplikasi ini cukup mudah dipasang dan digunakan pada smartphone Android Bunda.

Hanya saja, aplikasi ini memerlukan akses root terlebih dahulu untuk bisa mengetahui jaringan wifi dan passwordnya. Jika root sudah aktif, maka secara otomatis akan mendeteksi jaringan wifi di restoran tersebut.

Namun sesuai namanya, aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk tipe jaringan wifi yang WPS (Wi-Fi Protected Setup) saja. Sedangkan untuk yang (Wi-Fi Protected Access) atau WPA belum bisa dijangkau pakai aplikasi ini.

Aplikasi Csploit

Pada awalnya, aplikasi ini hanya digunakan untuk mengecek level keamanan password wifi. Namun kini bisa Bunda gunakan juga untuk membobol password wifi di restoran dengan praktis dan efektif.

Cara kerja dari aplikasi Csploit ini mirip dengan WPS Connect, namun informasi yang dihadirkan lebih detail. Bunda bisa melihat informasi level keamanan jaringan wifi dengan mudah.

Bunda juga bisa melihat sandi atau password wifi di restoran maupun di tempat publik lainnya dengan mudah. Tampilan antarmuka dari aplikasi Csploit ini juga mudah diakses oleh pengguna.

Aplikasi Wifi Warden

Bunda juga bisa menggunakan Wifi Warden untuk meretas password wifi tanpa perlu akses root. Cara kerjanya dengan memanfaatkan celah WPS yang digunakan pada jaringan wifi.

Aplikasi ini memang belum tersedia di Google Play Store, tetapi Bunda bisa menemukannya di Google. Bunda bisa menginstallnya dengan mudah di smartphone Bunda.

Setelah memasang aplikasi ini, maka akan muncul beberapa jaringan wifi terdekat yang terjangkau oleh aplikasi ini, termasuk wifi di restoran. Setelah itu, Bunda bisa langsung mengkoneksikannya dengan memasukkan password.

Jika tidak muncul jaringan wifi yang tersedia, Bunda bisa me-refresh aplikasinya terlebih dahulu, kemudian mencobanya kembali. Jika di restoran tersebut terdapat beberapa jaringan wifi, maka Bunda bisa mencoba satu persatu.

Aplikasi iWep Pro

Bunda juga bisa menggunakan aplikasi iWep Pro khusus untuk iPhone untuk meretas wifi di restoran. Aplikasi ini bisa diinstall di perangkat iPhone Bunda dengan mudah dan langsung berfungsi.

Bunda hanya perlu mengaktifkan wifi dan fitur lokasi pada smartphone Bunda. Setelah itu, aplikasi ini akan memindai jaringan wifi yang tersedia di sekitar Bunda.

Saat Bunda di restoran, maka jaringan wifi di restoran akan terdeteksi pada aplikasi ini. Setelah itu, Bunda bisa memilih jaringan wifi terdekat yang paling kuat sinyalnya.

Jika sudah memilih jaringan, maka aplikasi ini akan memulai proses hack password dan password wifi bisa diretas dengan mudah.  Jika berhasil, maka smartphone Bunda akan langsung terkoneksi dengan wifi tersebut.

Aplikasi Audit Pro

Aplikasi Audit Pro memang khusus digunakan untuk perangkat iOS 7 dan cukup efektif digunakan. Aplikasi ini sangat berfungsi terutama jika password wifi masih menggunakan default.

Bunda bisa langsung menginstall aplikasi Audit Pro di iOS 7 Bunda, kemudian aktifkan wifi di perangkat tersebut. Setelah itu, buka aplikasinya lalu klik menu Scan.

Setelah itu, aplikasi akan otomatis melacak wifi yang aktif di sekitarnya, termasuk wifi di restoran. Aplikasi ini akan menampilkan detail informasi jaringan wifi yang ada di sekitar Bunda.

Baik itu MAC, IP Address, dan lokasi dari wifi tersebut, lalu bisa memunculkan passwordnya juga. Setelah itu, Bunda klik menu Keygen dan pilih wifi yang Bunda inginkan.

Tunggu beberapa saat dan jika password wifi tersebut berhasil diretas, akan langsung terkoneksi dengan smartphone Bunda. Bunda bisa menggunakan cara ini untuk mendapatkan akses wifi di restoran.  

Aplikasi Reaver-wps

Reaver-wps juga bisa jadi aplikasi andalan Bunda untuk meretas wifi di restoran dengan mudah. Pasalnya, aplikasi ini juga terbukti cukup efektif untuk menembus keamanan yang tinggi.

Aplikasi ini juga sudah teruji bisa menjangkau jaringan wifi yang titik aksesnya jauh dan sinyalnya rentan. Sehingga, ketika Bunda berada di restoran, Bunda bisa dengan mudah mengkoneksikannya.

Bunda bisa langsung mencari aplikasinya di pencarian Google, kemudian mengunduhnya. Setelah diinstall, Bunda bisa langsung menyambungkan dengan jaringan wifi.

Setelah terhubung, aplikasi ini akan langsung memproses peretasan password wifi secara otomatis. Jika berhasil, maka perangkat Bunda akan langsung terhubung dengan wifi di restoran tersebut.

2. Cara Mengetahui Password Wifi Restoran Tanpa Aplikasi

2. Cara Mengetahui Password Wifi Restoran Tanpa Aplikasi
Source Image: Kompas

Menggunakan IP Address

Bunda bisa menggunakan IP Address dari wifi di restoran tersebut untuk mendapatkan passwordnya. Cara ini bisa dilakukan dengan mudah dan praktis, terutama untuk router modern.

Langkah pertama yang harus Bunda lakukan adalah dengan mengkoneksikan perangkat dengan wifi di restoran. Namun cara ini memang seharusnya dilakukan menggunakan laptop. 

Setelah terhubung, maka Bunda bisa klik pada menu Modify Network Configuration untuk melihat peraturan wifi restoran tersebut. Setelah itu, Bunda bisa mengganti IP Address dengan 192.168.12 kemudian buka browser.

Setelah itu, Bunda ketik di kolom pencarian 192.168.1.254 dan Bunda akan masuk ke laman konfigurasi dan dengan mudah bisa mengetahui password wifi restoran tersebut.

Cara ini sebenarnya tidak harus dilakukan di laptop, karena saat ini juga banyak smartphone yang memungkinkan konfigurasi IP Address. Jika ponsel yang Bunda gunakan sudah cukup update, biasanya bisa dengan mudah terkoneksi.

Network and Internet

Untuk cara kedua ini memang harus dilakukan menggunakan laptop, jadi bisa dicoba di restoran maupun tempat publik lainnya. Bunda bisa masuk ke menu Network dan Internet di laptop untuk mengetahui password wifi.

Langkah pertama adalah dengan masuk ke menu Control Panel, menu ini bisa Bunda temukan melalui kolom pencarian Windows. Setelah itu, Bunda bisa masuk ke menu Network dan Internet.

Jika sudah, Bunda bisa pilih menu Network and Sharing Center untuk melihat pengaturan jaringan. Setelah itu akan tampak jaringan mana saja yang pernah terhubung dengan perangkat Bunda, jika belum maka tidak akan tampak.

Setelah itu, Bunda bisa masuk ke menu Manage Wireless Network untuk mengetahui password wifi di restoran atau tempat lainnya. Jika ada beberapa wifi di restoran tersebut, Bunda bisa memilih yang sinyalnya paling kuat.

Selanjutnya, akan muncul tab yang berisikan informasi status dari koneksi wifi tersebut. Jika sudah melihat informasinya, Bunda bisa pilih menu Wireless Properties dan Tab Security.

Pada tab tersebut akan muncul detail mengenai wifi, lalu centang Show Character dan semua informasi akan terlihat. Dengan cara ini, Bunda bisa mengetahui password suatu wifi dengan mudah.

Mencoba Konfigurasi Command Prompt (CMD)

Cara ini memang terbilang tidak mudah karena ada kode-kode khusus yang harus Bunda pahami. Namun bisa diikuti dengan melihat langkah-langkahnya secara bertahap.

Sama seperti cara sebelumnya, cara ini juga hanya bisa dilakukan menggunakan laptop, meskipun ada beberapa tipe HP yang memungkinkan CMD ini di pengaturannya, namun tidak semua bisa.

Untuk masuk ke Command Prompt di laptop, Bunda bisa klik Windows+R, lalu masukkan kata CMD. Setelah itu akan muncul tab warna hitam dan bisa Bunda gunakan untuk mengetik kode.

Setelah itu, Bunda bisa memasukkan perintah netsh wlan show profiles lalu klik enter. Setelah itu, akan muncul berbagai jaringan wifi yang terkoneksi dan laptop atau perangkat yang Bunda gunakan.

Biasanya, jaringan wifi yang muncul adalah yang pernah terhubung dengan perangkat Bunda sebelumnya. Jadi untuk bisa mendapatkan akses password wifi, hubungkan dulu dengan jaringan wifi di restoran tersebut.

Setelah itu, masukkan perintah key=clear untuk melihat password yang ada pada wifi tersebut. Jika sudah terlihat password wifinya, Bunda simpan dan lakukan koneksi internet pada jaringan wifi tersebut.

Mengetahui Password Wifi Pakai Komputer Mac

Jika Bunda menggunakan laptop Mac atau produk Apple, maka untuk mengetahui password wifi restoran, Bunda bisa menggunakan terminal akses. Cara ini memang berbeda dengan cara mengetahui password wifi di Windows.

Langkah pertama adalah buka Terminal dari Finder, lalu Applications, kemudian Utilities, lalu Terminal. Bunda juga bisa menggunakan fitur cepat atau Spotlight yaitu kombinasi tombol cmd+spasi.

Setelah itu, gunakan perintah security find-generic-password-ga NAMA_SSID grep-i password, untuk perintah pertama. Setelah itu, masuk ke bagian NAMA_SSID dan isi nama jaringan wifi yang akan Bunda ketahui passwordnya.

Setelah itu, tekan enter dan Bunda harus memasukkan Username dan Password dari perangkat Mac Bunda. Lalu tekan Allow dan ketika kembali ke Terminal, Password wifinya sudah muncul.

Kesimpulan

Apakah Bunda pernah mencoba untuk mengetahui password wifi suatu tempat publik sebelumnya? Jika Bunda berada di tempat publik dan menemukan koneksi wifi namun tidak tahu passwordnya, gunakanlah tips dari artikel ini. Bunda bisa mencoba 2 utama di atas sebagai cara mengetahui password wifi restoran. Cara paling mudah adalah menggunakan aplikasi, karena bisa diakses dengan cepat menggunakan smartphone saja.

Bagikan:

Dian Larasati

Penulis dan kontributor di website dapurawit.com, lulusan S1 jurusan Bisnis di salah satu Universitas ternama di Indonesia. Sudah berpengalaman menulis artikel seputar dunia usaha dan bisnis kuliner.

Tinggalkan komentar