Cara Memasak Kangkung Agar Tetap Hijau

Cara Memasak Kangkung Agar Tetap Hijau
Cara Memasak Kangkung Agar Tetap Hijau, Source Image: Youtube Tri Pujis

Kangkung pada dasarnya merupakan sebuah bahan makanan kaya nutrisi yang biasanya diolah dengan cara direbus atau ditumis. Hanya saja seringkali ketika kangkung dimasak warnanya akan berubah, karena itu cara memasak kangkung agar tetap hijau perlu dipahami.

Berkaitan dengan hal tersebut, kali ini kami akan bagikan kepada bunda dapurawit tips dan trik dalam memasak sayur kangkung supaya warnanya bisa tetap hijau. Simak informasinya yuk!

Cara Memasak Kangkung Agar Tetap Hijau

Cara Masak Kangkung Agar Tetap Hijau
Source Image: Kompas

Kangkung seringkali diolah dengan cara direbus atau ditumis. Agar warnanya tetap hijau setelah dimasak, ada teknik tersendiri dalam menumis atau merebus sayur kangkung.

Seperti apa teknik yang dimaksud?

Nama resepCara memasak kangkung agar tetap hijau
KategoriSayur, lauk
Waktu penyajian10 – 15 menit
Jumlah penyajianTergantung kapasitas sayur yang dimasak

Cara Merebus Kangkung Agar Tetap Hijau

Cara Merebus Kangkung Agar Tetap Hijau
Source Image: IDN Times

Jika sayur dimasak dengan cara direbus untuk dijadikan sayur kangkung kuah, atau masakan rebus lainnya, cara memasak kangkung agar tetap hijau sebagai berikut :

  • Gunakan Panci yang Cukup Besar

Jika panci yang digunakan merebus terlalu kecil, daun – daun kangkungnya akan rentan menempel pada area dinding panci. Akibatnya daun – daun tersebut dapat berubah warna menjadi menghitam.

Karena itu, pastikan menggunakan panci yang ruangannya lega agar seluruh bagian kangkung utamanya daun dapat masuk sempurna serta tidak ada yang menempel pada dinding panci.

  • Rebus Kangkung dengan Air Mendidih

Dalam merebus kangkung, utamakan merebusnya tidak terlalu lama jika ingin warnanya tetap hijau. Masukkan kangkung ke dalam panci rebusan ketika air di dalam panci sudah mendidih.

Hindari kangkung mengapung terlalu lama di atas air karena hal tersebut yang mengakibatkan daun kangkung rentan berubah warna menjadi menghitam. Sesekali aduk kangkung di dalam panci rebusan guna memastikan seluruh bagiannya terendam.

  • Masak dengan Suhu Tinggi

Perhatikan air untuk merebus kangkung. Ketika air sudah mendidih dan kangkung dimasukkan ke dalamnya, gunakan suhu api tinggi atau besar dalam merebus.

Hindari merebus menggunakan api kecil karena akan butuh waktu lama untuk membuat kangkung melunak dan akhirnya daunnya pun berubah warna menjadi hitam.

  • Setelah Matang, Rendam dengan Air Dingin

Jika kangkung sudah direbus dan empuk, tiriskan kangkung dari air rebusan. Untuk mempertahankan warnanya agar tetap hijau, pastikan siram kangkung yang sudah ditiriskan dengan air dingin.

Atau bisa juga siapkan ember berisi air dingin (air es) kemudian masukkan kangkung ke dalam ember tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghentikan proses pemasakannya dan menjaga kangkung tetap segar.

Cara Menumis Kangkung Agar Tetap Hijau

Cara Menumis Kangkung Agar Tetap Hijau
Source Image: Youtube Dapurnya NenyS

Sementara jika kangkung ingin dimasak dengan cara ditumis, supaya warnanya tetap hijau bisa ikuti langkah berikut :

1. Olah Bumbu Tumis Kangkung Terlebih Dahulu

Cara memasak kangkung agar tetap hijau dengan teknik menumis bisa dilakukan dengan menumis bumbu kangkung terlebih dahulu. Kalau sudah ditumis harum, baru masukkan kangkung terakhir.

Sebelum kangkung ditumis, pastikan sayur tersebut sudah dicuci bersih terlebih dahulu. Selain itu, pastikan daun kangkung sudah dipotong kecil – kecil supaya tidak menjulur ke luar atau mengenai dinding panci atau penggorengan.

2. Rebus Setengah Matang Sebelum Dimasukkan ke Dalam Tumisan

Sebelum ditumis, rebus dulu kangkung sebentar saja dengan air mendidih. Cara merebusnya sama dengan cara memasak kangkung agar tetap hijau dengan cara direbus yang sebelumnya sudah kami jelaskan.

Tapi kalau bisa direbusnya sebentar saja karena nantinya sayur berwarna hijau cerah ini masih akan dimasukkan ke dalam bumbu tumisan.

3. Masukkan ke Dalam Tumisan Ketika Bumbu Tumis Sudah Ditambah Air

Setiap orang memiliki cara memasak yang berbeda – beda. Ada yang suka memasukkan bahan tumisan langsung ketika bumbu halus baru saja dimasukkan.

Cara tersebut boleh saja dilakukan. Namun untuk bunda dapurawit yang ingin warna kangkungnya tetap hijau meski ditumis, pastikan masukkan kangkung dalam bumbu tumis setelah bumbu tumis ditambahi air.

Kesimpulan

Ada teknik tersendiri dalam memasak kangkung supaya warnanya tetap hijau. Teknik memasak kangkung agar tetap hijau ketika kangkung diolah dengan cara direbus, cukup berbeda dengan teknik memasak ketika kangkung diolah dengan cara ditumis. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, bunda dapurawit perlu memperhatikan teknik tersebut. Semoga informasi yang kami bagikan di atas bermanfaat dan menginspirasi bunda.

Bagikan:

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar