Cara Masak Bunga Pepaya Agar Tidak Pahit

Cara Masak Bunga Pepaya Agar Tidak Pahit
Cara Masak Bunga Pepaya Agar Tidak Pahit, Source Image: Youtube Dapur Bu Yun

Bunga pepaya merupakan bahan makanan yang kaya nutrisi, hanya saja banyak orang tak menyukainya karena rasanya yang pahit. Karena itu, di sini kami akan berbagi cara masak bunga pepaya agar tidak pahit yang bisa dipraktekkan.

Dengan tutorial memasak bunga pepaya ini, rasa pahitnya akan tersamarkan dan bahkan hilang sehingga masakan bunga pepaya lebih enak dinikmati. Cara memasaknya seperti apa?

Cara Masak Bunga Pepaya Agar Tidak Pahit

Cara Memasak Bunga Pepaya Agar Tidak Pahit
Source Image: Youtube Dapur Bu Yun
Nama resepResep bunga pepaya agar tidak pahit
KategoriLauk
Waktu penyajian10 – 15 menit
Jumlah penyajian1 porsi, tergantung berapa banyak bunga pepaya yang disiapkan

Ada beberapa trik yang bisa dicoba untuk mengolah bunga pepaya supaya kalau disajikan setelah dimasak, cita rasanya tidak lagi pahit.

Beberapa trik cara masak bunga pepaya agar tidak pahit yang dapat dicoba sebagai berikut

1. Siangi Bunga Pepaya dengan Cara yang Tepat

Biasanya bunga pepaya dijual dalam bentuk yang masih menempel pada batangnya. Jadi pastikan siangi bunga dari batangnya terlebih dahulu karena batang bunga pepaya ini sebenarnya memiliki rasa yang lebih pahit dari bunganya sendiri.

Sementara kalau mengambil bunga pepaya di pohonnya langsung, bisa diperkirakan sendiri mau mengambil bunganya saja atau diambil langsung dengan batangnya.

Untuk bunda dapurawit yang doyan pahit, batang bunga pepaya yang mudah bisa diolah juga bersamaan dengan bunganya. Ciri batang pepaya yang masih muda dan bisa dimasak bersama bunga pepaya adalah warnanya hijau muda, teksturnya lunak, dan mudah dipetik.

2. Remas Bunga Pepaya Bersama Garam

Rasa pahit pada bunga pepaya bisa dihilangkan dengan membersihkan bunga pepaya menggunakan garam jumlah banyak. Jadi siapkan wadah kemudian masukkan bunga pepaya ke dalam wadah.

Ambil garam, lalu remas bunga pepaya secara perlahan supaya bunga tidak sampai hancur. Kalau sudah, diamkan sebentar baru nanti bisa dicuci dengan air mengalir.

3. Memanfaatkan Larutan Asam Jawa

Rasa pahit dan getah dari bunga pepaya juga bisa dihilangkan menggunakan larutan asam Jawa. Caranya dengan merebus air dan asam Jawa sampai mendidih.

Jika sudah mendidih, masukkan bunga pepaya ke dalam rebusan dan aduk sebentar. Rebus sampai bunga pepayanya melunak.

Kalau bunga pepaya sudah melunak, buang air rebusan, tiriskan dan bilas menggunakan air dingin.

4. Gunakan Daun Singkong dan Daun Luntas

Rebus bunga pepaya, kemudian masukkan daun singkong dan daun luntas ke dalam air rebusan bunga pepaya tersebut.

Rebus sampai bunga pepaya layu dan tiriskan. Jika sudah, pisahkan bunga pepaya dari daun singkong dan daun luntasnya. Atau kalau mau daun singkong dan daun luntasnya ditumis dan dimakan juga bisa, tapi pastikan cari daun singkong dan daun luntas yang masih muda.

5. Memanfaatkan Daun Jaranan

Didihkan air dengan daun jaranan, lalu remas – remas bunga pepaya dengan garam sampai agak layu. Setelah itu bilas.

Setelah air yang dididihkan bersama daun jaranan mendidih, masukkan bunga pepaya ke dalam rebusan. Tunggu sebentar dan tiriskan.

Pisahkan bunga pepaya dengan daun jaranan, lalu bumbui sesuai selera atau bisa dilanjutkan dengan menumis.

6. Menggunakan Daun Jambu Biji dan Garam

Supaya getah dan rasa pahit dari bunga pepaya hilang, perebusan bisa dilakukan dalam dua kali proses.

Pertama pakai daun jambu biji dulu. Perebusan pertama dilakukan selama 20 menit menggunakan daun jambu biji, kemudian buang air rebusannya dan pisahkan bunga pepaya dari daun jambu bijinya.

Selanjutnya rebus untuk kedua kalinya dengan 3 – 5 sendok teh garam. Buang air rebusan, dan bumbui sesuai selera.

7. Remas bunga pepaya, rebus dan cuci berulang kali

Menghilangkan rasa pahit pada bunga pepaya bisa menggunakan teknik meremas dan mencuci berulang kali.

Cara masak bunga pepaya agar tidak pahit dengan cara ini sangat mudah. Tak perlu menyiapkan bahan apapun dalam melakukannya.

Cukup rebus bunga pepaya di dalam air mendidih sampai layu, kemudian remas sampai kandungan air pada bunga pepaya berkurang.

Kalau sudah, cuci dengan air mengalir sembari tetap diremas – remas namun pastikan jangan terlalu keras agar bunga tidak hancur.

9. Rebus Bunga Pepaya dengan Air yang Sudah Dicampur Tanah Lempung

Cara masak bunga pepaya agar tidak pahit lainnya yang bisa dicoba adalah memanfaatkan tanah lempung. Rebus air yang telah dicampur dengan tanah lempung, masukkan bunga pepaya ke dalam rebusan tersebut.

Kalau sudah matang, pisahkan bunga pepaya dari rebusan air lempung kemudian cuci kembali bunga pepaya sampai benar – benar bersih.

Kesimpulan

Menghilangkan rasa pahit pada bunga pepaya bisa dilakukan dengan cukup banyak cara. Perhatikan karakteristik bunga pepaya yang dipilih, cara membersihkannya, cara mengolahnya dan bahan yang ditambahkan sebagai bumbu pengolahannya karena semua itu akan berpengaruh pada cita rasa bunga pepaya yang dimasak.

Itulah bagaimana cara masak bunga pepaya agar tidak pahit yang tepat dilakukan. Dengan tutorial di atas, bunga pepaya yang disajikan akan lebih enak dan lezat.

Bagikan:

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar